Melihat Panorama Alam Punthuk Mongkrong Magelang

satu tempat di Magelang yang bisa dikunjungi untuk menikmati panorama Kota Magelang dari ketinggian, tempat itu adalah Punthuk Mongkrong.

photo by anggarawepe
photo by anggarawepe

Keindahan nuansa kota-kota di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Namun pernahkah traveler melihat keindahan kota-kota tersebut dari ketinggian? Ada satu tempat di Magelang yang bisa dikunjungi untuk menikmati panorama Kota Magelang dari ketinggian, tempat itu adalah Punthuk Mongkrong.

Punthuk Mongkrong terletak di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Tidak jauh dari Candi Borobudur, hanya berjarak sekitar 8 kilometer dan memakan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam. Untuk mencapai tujuan, dari Candi Borobudur traveler harus menuju ke Desa Tuksongo terlebih dahulu, kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Giritengah. Jalanannya menanjak dan ada beberapa tikungan tajam, jadi harus berhati-hati ketika berkendara.

photo by renaayucandra
photo by renaayucandra

Biaya tiket masuk ke Punthuk Mongkrong cukup murah, yaitu hanya Rp 10 ribu, traveler bisa menikmati panorama yang ada di Punthuk Mongkrong Magelang. Tiket masuk tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan roda 2.

Ketika sudah sampai di tempat tujuan atau tempat parkir, traveler masih harus mendaki terlebih dahulu, menuju puncak Punthuk Mongkrong. Pendakian ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit. Pendakian ini pun juga akan terasa nikmat dan mengasyikkan karena selama mendaki, traveler akan terpesona dengan suasana alam yang asri serta pepohonan yang tumbuh subur di sekitar perjalanan ini.

photo by pergipedia
photo by pergipedia

Sesampainya di puncak, hal yang spektakuler pun akan segera menjadi santapan terindah. Yah, melihat gemerlapnya lampu-lampu kota sekitar, sambil menghirup udara yang sejuk nan segar, serta mengagumi kemegahan gunung-gunung yang ada di sekitar Kota Magelang. Keindahan tersebut akan terasa lebih menakjubkan ketika matahari terbenam atau matahari akan terbit. Jika cuaca cerah, Traveler dapat melihat betapa cantiknya matahari terbit di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tersedia spot-spot foto yang bisa dimanfaatkan untuk selfie dan mengunggahnya ke berbagai platform media sosial.

photo by malvino.sumargo
photo by malvino.sumargo

Fasilitas di Punthuk Mongkrong ini cukup minim. Tidak ada warung makanan dan minuman, tetapi terdapat gazebo tempat untuk beristirahat dan menikmati pemandangan, serta spot-spot foto. Traveler sangat disarankan untuk membawa bekal dari rumah, entah itu makanan atau cemilan dan tentunya minuman. Tempat wisata ini sangat berpotensi untuk dikembangkan. Walaupun fasilitasnya minim, panorama alam dari Punthuk Mongkrong tetaplah mempesona. (AS/IPG)