Menengok Ombak Kelas Dunia di Pantai Watu Karung Pacitan

Pantai di Kota Pacitan Jawa Timur yang memiliki ombak besar dan cukup menantang

photo by fajarhw
photo by fajarhw

Menaklukan ombak besar rasanya menjadi tantangan bagi para pecinta olahraga surfing. Biasanya mereka berbondong-bondong mencari pantai yang memiliki ombak yang menantang. Ada satu pantai di Kota Pacitan Jawa Timur yang memiliki ombak besar dan cukup menantang, yaitu Pantai Watu Karung. Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Pantai Watu Karung terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Berjarak 40 km dari pusat kota dan dengan Pantai Srau. Untuk mencapai ke lokasi traveler akan melewati Pantai Teleng Ria terlebuh dahulu, di mana panorama indahnya dapat memanjakan traveler.

photo by luis_csl28

Setelah melewati pantai, traveler akan menyusuri hutan lebat. Pepohonan tinggi menjulang menjadi pemandangan di perjalanan tersebut. Setelah menyusuri hutan, terdapat petunjuk-petunjuk arah menuju ke Pantai Watu Karung.

Keberadaan Pantai Watu Karung memang kurang terdengar, tetapi panorama, keasrian, dan kebersihan pantainya sangat mempesona. Bagi traveler yang hobi surfing, Pantai Watu Karung wajib dikunjungi. Jangan khawatir bagi traveler yang kurang suka atau belum lihai surfing. Karena pesona alam Pantai Watu Karung sangat indah, dengan hamparan pasir putih lembut, pohon-pohon di sekitar pantai, serta air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan sehingga biota lautanya bisa dipandang tanpa harus menyelam, menjadi santapan cantik yang sedap dipandang.

Selain itu terdapat bebatuan karang raksasa ditumbuhi pohon-pohon kecil yang terlihat seperti pulau. Di salah satu batu karang raksasa tersebut, bisa menikmati panorama sunset yang indah. Di sini traveler bisa bermain voli pantai, bermain pasir, berenang, menyelam dan pastinya menjajal garangnya ombak Pantai Watu Karung.

photo by jairopacwaves
photo by jairopacwaves

Ombak Pantai Watu Karung ini tingginya bisa mencapai 5 meter. Ombaknya bertipe reef break, dimana tipe itu merupakan tipe favorit bagi para pecinta surfer. Bahkan jawara surfer dunia asal Amerika, yaitu Bruce Irons pernah menjajal ombak Pantai Watu Karung.

Waktu yang tepat untuk menikmati ombak tersebut pada saat bulan April-Oktober. Bagi traveler yang tertarik bisa langsung mencobanya pada bulan-bulan tersebut. Namun tetap harus berhati-hati, karena selain ombaknya yang besar, di dasar pantai ini terdapat bebatuan karang berbagai macam ukuran, dari yang kecil hingga yang besar.

Ada satu spot yang menarik dan menjadi tempat favorit di pantai ini, yaitu Puteri Samudera. Putri Samudera merupakan tebing yang bentuknya seperti wajah perempuan yang sedang memandang laut. Namun jika dilihat dari sisi yang berbeda, tebing tersebut akan terlihat seperti kura-kura.

photo by pacitan.story
photo by pacitan.story

Untuk bisa menikmati panorama dan ombak besarnya, traveler hanya merogoh kocek Rp5 ribu saja. Beberapa asilitas Pantai Watu Karung diantaranya warung makanan dan minuman, tempat parkir luas, serta penginapan-penginapan yang dikelola oleh warga setempat. (AS/IPG)