Melihat Pesona Tersembunyi Air Terjun Blang Kolam

Keeksotisan tempat wisata yang sudah sering terdengar atau yang masih tersembunyi di balik hutan atau pegunungan.

photo by boyalfiansaputra

Aceh tidak hanya menawarkan keindahan pantai-pantainya, tetapi juga menawarkan keeksotisan tempat wisata yang sudah sering terdengar atau yang masih tersembunyi di balik hutan atau pegunungan. Salah satunya yaitu Air Terjun Blang Kolam.

Air Terjun Blang Kolam terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Berjarak sekitar 20 km dari Kota Lhokseumawe dan menempuh waktu 45 menit perjalanan. Namun jika traveler berangkat dari ibukota Aceh Utara, Lhoksukon menempuh waktu sekitar 1 jam 20 menit.

photo by alkautsar

Traveler bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk ke lokasi. Meskipun lokasinya ada di belantara hutan, tidak perlu takut tersesat, karena terdapat banyak petunjuk selama perjalanan. Ketika sampai di tempat parkirnya, traveler harus menuruni anak tangga yang berjumlah lebih dari 600 anak tangga. Harus berhati-hati karena ada beberapa anak tangga yang licin.

Setelah menuruni anak tangga tersebut, Traveler akan melihat keindahan air terjun yang menawan. Pemandangan air yang jatuh dari ketinggian 75 m ini, yang ditampung kolam berpadu dengan hutan lebat menciptakan suasana asri nan alami. Air terjun ini mempunyai 2 aliran air yang berdampingan. Tebing-tebing tinggi dan pepohonan mengelilingnya, ditambah hutan lebat, nyanyian burung-burung semakin melengkapi keeksotisan Air Terjun Blang Kolam.

photo by adigunajayaabadi

Tak lengkap rasanya jika berkunjung di sini jika tidak mandi di kolam atau berenang menikmati kesegaran airnya. Kolam alami tersebut tidak terlalu dalam dan mempunyai air yang jernih berwarna kehijauan. Bagi Traveler yang ingin bermalam di sini juga diperbolehkan, akan tetapi harus membawa tenda sendiri. Pengalaman berkemah di air terjun dan memancing ikan di sungai bersama teman-teman akan terasa menyenangkan. Traveler bisa berfoto-foto tanpa takut kehabisan baterai handphone atau kamera, karena tersedia listrik yang bisa dimanfaatkan.

Terdapat warung-warunt di sekitar air terjun yang siap memanjakan perut. Terdapat juga fasilitas lainnya seperti toilet, kamar ganti, tempat parkir, dan musolah. Selain itu, di Air Terjun Blang Kolam juga dijaga oleh petugas yang bertugas mengawasi tempat ini. Sehingga traveler bisa berlibur dan menikmati alamnya dengan perasaan tenang.

photo by memelsitorus

Untuk menikmati itu semua, traveler hanya merogoh kocek Rp5 ribu untuk biaya masuk, ditambah Rp5 ribu biaya parkir motor dan Rp10 ribu untuk biaya parkir mobil. (AS/IPG)