Menengok 5 Wisata Alam Majalengka

Pegunungan mistis Parahyangan Timur di selatan ini, menyimpan keindahan panorama yang selama ini tersembunyi.

photo by thomyaf
photo by thomyaf

Kabupaten Majalengka yang merupakan dataran datar di wilayah pesisir utara Jawa, hingga pegunungan mistis Parahyangan Timur di selatan ini, menyimpan keindahan panorama yang selama ini tersembunyi. Wilayah ini kaya akan objek wisata alam yang sangat mempesona. Di sisi timurnya, ada Taman Nasional Gunung Ciremai yang menawarkan puncak tertinggi di Jawa Barat.

Perkebunan Teh Cipasung

photo by vickrihadi
photo by vickrihadi

Perkebunan Teh Cipasung memiliki panorama keindahan yang menakjubkan. Dengan lembah hijau suburnya yang membentang luas sejauh mata memandang, sungguh sangat menakjubkan. Ditambah lagi dengan udaranya yang sejuk menyegarkan dan suasana santai membuat hati nyaman.

Tak heran tempat ini langsung menjadi favorit begitu foto keindahannya menyebar di media sosial. Apalagi bagi yang suka berburu foto, Perkebunan Teh Cipasung jadi salah satu tempat instagrammable terbaik yang bisa ditemukan.

Perkebunan Teh Cipasung terletak di Desa CIpasung, Kecamatan Lemah Sugih, Majalengka, tepat di perbatasan dengan Kabupaten Ciamis.

Paralayang dan Hanggliding dari Gunung Panten

Traveler penyuka paralayang, Majalengka memiliki Gunung Paten untuk menyalurkan hasrat paralayangnya. Yah, meluncur bebas di langit, menikmati sensasi terbang di atas perkebunan hijau dan sawah. Selain itu traveler juga bisa melihat pemandangan menakjubkan yang dilihat dari 300 meter di atas permukaan laut. Paragliding bukan satu-satunya olahraga untuk dinikmati di sini, karena ini juga merupakan tempat untuk meluncur.

Pengelola wisata disini menawarkan berbagai paket untuk paralayang dan luncuran layang termasuk tandem dengan profesional. Sehingga traveler yang bahkan tidak pernah berani melayang di udara, akhirnya ada keberanaian dan dapat menikmati olahraga yang menarik ini.

Curug Cipeutuey

photo by curug_cipeuteuy
photo by curug_cipeuteuy

Air Terjun atau Curug Cipeutuey merupakan tempat peristirahatan yang populer bagi penduduk setempat. Terletak sekitar 24 kilometer sebelah timur dari jantung Majalengka, lokasinya tepat di dalam hutan konservasi. Di sini traveler tidak hanya akan dimanjakan dengan percikan air segar dan angin sejuk yang menenangkan, tetapi juga dapat mengamati varietas anggrek berwarna yang indah.

Curug Cipeuteuy juga menjadi rumah bagi elang jawa, yang pernah dijadikan untuk logo Asian Para Games 2018. Selain itu, terdapat juga berbagai bunga dan hewan unik lainnya. Bagi traveler yang suka dengan alam, ini jelas merupakan tujuan yang tidak boleh dilewatkan.

Cadas Gantung

photo by cadas_gantung
photo by cadas_gantung

Jika Bandung memiliki Tebing Keraton yang dibanggakannya, Majalengka memiliki daya tarik serupa yang disebut Cadas Gantung. Selain sebagai tempat untuk menikmati keindahan alam yang mempesona, di sini traveler juga dapat pergi hiking, trekking, berkemah, dan memiliki pengalaman penuh dikelilingi oleh keindahan alam.

Tetapi, jika traveler berencana untuk mendaki hingga menaklukkan puncak Cadas Gantung, harus siap sepenuhnya baik secara fisik maupun dalam hal peralatan dan perlengkapan.

Panyaweuyan Argapura

photo by indotravellers.co
photo by indotravellers.co

Lukisan alam yang menampilkan sawah yang bertingkat-tingkat menghiasi bukit-bukit yang membentang luas sejauh mata memandang, menjadi Panorama yang sangat memukau. Semua ini dapat Traveler nikmati di Panyaweuyan Argapura.

Merupakan surga bagi para fotografer alam dan pemandangan bagi mata yang terlalu jenuh dengan pemandangan kota yang sibuk, ini adalah tempat di mana alam melukis salah satu karya seni terbaiknya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Argapura adalah pagi-pagi sekali karena traveler akan disuguhi matahari terbit yang spektakuler melalui kabut di cakrawala. (IPG)