Mengagumi Keindahan Ngarai Sianok

Keindahan alam Ngarai Sianok mempesona, sering dijadikan bahan imajinasi para pelukis.

photo by Lydia

Ngarai Sianok adalah lembah memanjang, yang merupakan dari pergerakan patahan bumi, dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai ke nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di kecamatan Palupuh. Ngarai ini merupakan sebuah lembah curam yang terletak di perbatasan Kota Bukittinggi, di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Patahan memanjang atau biasa disebut patahan Semangko ini membentuk dinding curam, tegak lurus dengan lembah dan aliran sungai.

Di dasar ngarai mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Keindahan alam Ngarai Sianok mempesona, sering dijadikan bahan imajinasi para pelukis dan diabadikan oleh para wisatawan untuk berswafoto.

Ngarai Sianok memiliki panjang 15 kilometer, kedalaman 100 meter dan lebar sekitar 200 meter. Perjalanan menjelajah dengan melalui jalan setapak di lembah Ngarai merupakan rekreasi yang menarik.

photo by tio_s.depari

Bila perjalanan terus ke seberang Ngarai dalam waktu 45 menit, traveler akan sampai di Ngarai Koto Gadang sebagai Ngarai asal beberapa orang pemimpin bangsa Indonesia antara lain H. Agus Salim dan Emil Salim.

Keindahan Ngarai Sianok sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara, tak jarang ada yang menyamakan keindahan Ngarai Sianok dengan Grand Canyon di Amerika.

Ngarai Sianok pun disebut-sebut sebagai surganya kehidupan flora dan fauna. Sejumlah tanaman eksotis pun tumbuh liar disini, yang paling istimewa adalah tumbuhan Raflesia. Bunga langka ini bakan tumbuh bebas disini.
Begitu juga dengan habitat faunanya. Seperti tapir rusia, siamang, rusa, macan tutul dan lainnya. Fauna dan flora ini berkembang biak di dasar Ngarai Sianok.

Ada dua lokasi utama dimana anda bisa menikmati keindahan Ngarai Sianok ini. Yang paling mudah adalah melalui lokasi Taman panorama tepat di tengah kota Bukittinggi. Yang kedua, pilihan yang cukup ekstrim dan membutuhkan sedikit perjuangan, yaitu perjalanan menuju lembah dengan melintasi jalanan yang menurun terjal.

Dua jalur ini, sama-sama berakhir kebahagiaan yang fantastis. Mengagumi bentang alam Ngarai Sianok dengan kesempurnaan keindahan yang luar biasa, yang anda nikmati. Sambil streaming video, bersama XL Axiata yang jaringannya terfiberisasi, jaringan internetnya stabil. Menjadi kebahagian yang sempurna dalam wisata anda ini. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi