Mengarungi ‘Fantasi’ Vietnam

Selain menyimpan banyak destinasi wisata yang menakjubkan, semakin populer karena biaya berlibur ke Vietnam tidak terlalu mahal.

Berwisata ke Vietnam sudah mulai banyak digemari masyarakat Indonesia. Selain menyimpan banyak destinasi wisata yang menakjubkan, semakin populer karena biaya berlibur ke Vietnam tidak terlalu mahal. Berikut ini beberapa destinasi wisata Vietnam yang siap diburu, begitu badai corona berlalu!

Ba Na Hills

Merupakan sebuah gunung yang tingginya 1.487 meter di atas permukaan laut menjulang tinggi di sisi barat Kota Da Nang, kota terbesar ketiga di Vietnam. Uniknya, di puncak gunung tersebut terdapat sebuah pemukiman yang cukup ramai.

Banyak hal menarik di Ba Na Hills, seperti jembatan emas dimana disini para pengunjung bisa melepaskan pandangan ke seluruh Kota Da Nang nan indah yang tertata modern dan dinamis. Di tempat wisata di Vietnam ini juga ada Desa Perancis. Pengelola membangun desa dengan bangunan-bangunan ala Prancis kuno lengkap dengan gereja, tiang lampu, dan mobil antik. Jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan karnaval. Juga ada taman yang terkenal yaitu Le Jardin D’Amour yang berarti taman cinta.

Hue

Hue memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dieksplorasi. Selain memiliki banyak situs bersejarah, alamnya pun sangat indah. Salah satu situs yang wajib dikunjungi di tempat itu adalah Citadel. Citadel atau kota benteng yang dikelilingi dengan tembok ini adalah pusat pemerintahan dan tempat tinggal para anggota keluarga kerajaan. Bangunannya luas dan bergaya arsitektur Tiongkok. Berada di citadel serasa berada di kota terlarang Beijing versi mini.

Selain Citadel, juga ada situs bersejarah lainnya yaitu makam para kaisar. Ada beberapa makam kaisar yang terletak di beberapa lokasi berbeda mulai dari tepi sungai, di bawah bukit hingga hutan pinus.

Ha Long Bay

Ha Long Bay merupakan kumpulan pulau-pulau kecil yang sangat legendaris. Merupakan rumah untuk 14 species flora endemik dan 60 species fauna endemik. Hal ini membuat UNESCO kemudian mengategorikan kawasan teluk ini ke salah satu tempat World Heritage Site.

Untuk menikmati keindahan kepulauan tempat wisata di Vietnam ini, pengunjung bisa mengambil paket berlayar menggunakan kapal. Pengunjung akan diajak mengikuti perjalanan singkat, menikmati pemandangan luas Ha Long Bay dengan menggunakan kapal tradisional yang unik.

Traveler dapat mengunjungi Goa Me Cung atau yang lebih dikenal dengan nama Inggris Bewithching Grotto. Di tempat ini, Traveler juga akan menemui monyet liar di Monkey Island yang ada di Ha Long Bay.

Pulau Phu Quoc

Phu Quoc Island adalah sebuah pulau terbesar di Vietnam dengan pemandangan yang sangat indah. Di sebut juga Emerald Island karena memiliki gugusan pulau yang cantik dengan panorama yang indah. Lokasi Phu Quoc Island di tengah laut memberi daya tarik tersendiri terhadap pulau ini.

Banyak pantai-pantai indah dengan daya tarik masing-masing, seperti Pantai Starfish yang terkenal dengan ratusan bintang laut merah yang indah, ada Ong Lang Beach, pantai dengan perairan paling jernih. Juga Sunset Sanato Beach Club dengan pemandangan yang memesona. Juga keindahan Pantai Sao dengan pasir putih dan air yang biru kehijauan sangat jernih.

Selain keindahan pantai-pantainya, disini juga kaya dengan situs sejarahnya. Ada penjara yang dibangun pada tahun 1967 oleh Perancis, juga bangunan Gieng Ngu yang menjadi tempat persembunyian Pangeran Nguyen Anh dan pasukannya dari pemberontak.

Dengan mengunjungi Pulau Phu Quoc merupakan salah satu cara untuk merasakan budaya Vietnam yang sesungguhnya. Banyak kuil dengan arsitektur unik yang bisa dikunjungi. Setiap kuil memiliki daya tarik tersendiri seperti ada yang mempunyai mercusuar, pagoda, dan lainnya dengan bentuk khas kuil Budha.(Nil/berbagai sumber)