Menyusuri Restoran Halal di Vietnam

Beberapa resto berikut ini, bisa menjadi rujukan Traveler dalam mencari tempat makan yang menyajikan makanan halal di Vietnam terutama di sekitar Ho Chi Minh.

Vietnam, Pho Muslim

Siap-siap berwisata ke Vietnam setelah ‘badai Corona’ berlalu. Segala persiapan memang harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Termasuk cari info ketersediaan tempat makanan halal. Beberapa resto berikut ini, bisa menjadi rujukan Traveler dalam mencari tempat makan yang menyajikan makanan halal di Vietnam terutama di sekitar Ho Chi Minh.

Halal Saigon

Vietnam, Halal Saigon

Halal Saigon juga merupakan restoran halal yang menyajikan aneka menu masakan yang menggugah selera. Sajian masakan khas Vietnam, Malaysia, Thailand dan Timur Tengah ini berlokasi di Jalan Dong Du, HCMC. Berada di seberang Mesjid Musulman, harga rata-rata sajian makanan di Halal saigon memang cukup mahal, namun demikian karena kelezatannya yang terkenal, harga mahal pun tidak diperdulikan lagi bagi Traveler yang menyukai racikan masakan disini. Halal Saigon tergolong restoran yang paling laris dan paling mudah dicari terutama letaknya yang berada di tengah kota. Beberapa menu andalannya seperti nasi lemak, nasi goreng, spring roll, sup pho yang disajikan bersama mie beras dan irisan daging sapi dengan kuah kaldu ayam atau kaldu sapi yang lezat. Semua sajiannya bener-benar lezat. Harga menu makanan utama di sini mulai dari 68.000 VND.

Jangan ragu untuk dengan kehalalan hidangan yang disajikan di Halal Saigon ini. Karena Halal Saigon sudah mendapatkan sertifikasi halal dari Commission Board of Islam in Ho Chi Minh City, sehingga semua menunya dijamin halal. Halal Saigon pernah mendapatkan Certificate of Exellence dari majalah Vietnam Economic Times selama 3 tahun berturut-turut.

Restaurant D’Nyonya

Restaurant D’Nyonya yang menyajikan menu utama masakan khas Malasyia ini juga menyajikan masakan khas Vietnam yang rasanya juga lezat dan dijamin kehalalannya. Resto ini merupakan restoran halal di mana Traveler akan merasa menemukan suatu kenyamanan di Vietnam ini. Meskipun restoran ini cukup kecil, suasananya luar biasa asyik, dengan dekorasi yang mencerminkan Vietnam style seperti dindingnya yang dihiasi gambar sudut Saigon dengan interior warna merah. Unik sekali! Pemiliknya adalah orang Malaysia yang sangat ramah, keramahannya ini menular kepada seluruh pelayan di resto ini.

Lokasi Restaurant D’Nyonya berada di 56 Dong Du, Bangsal Ben Nghe, Distrik 1, Kota Ho Chi Minh, tidak jauh dari lokasi resto Halal Saigon. Untuk semangkok menu Pho Bo dengan porsi besar dihargai 100.000 VND, namun demikian untuk menyantap di resto ini harga dimulai dari 80.000 VND.

The Daun Restaurant

Vietnam, The Daun Restaurant

Bun Bo merupakan salah satu menu khas Vietnam yang kelezatannya tak dipungkiri lagi. Namun, untuk menikmati Bun Bo yang tidak menggunakan daging babi, tidak semua resto di Vietnam bisa menyajikannya. Tapi di The Daun Restaurant, semua menu khas vietnam dijamin halal. Termasuk menu Bun Bo dengan campuran daging sapi yang rasa kelezatannya tetap terjaga.

Selain Bun Bo, tersedia juga Goi Cuon atau spring rolls, dan menu masakan Vietnam lainnya, yang sayang kalau tidak dicoba. Menu andalan lainnya lagi yaitu Pho yang terbuat dari campuran daging sapi dengan rasa khas, spicy beef noodle, nasi goreng serta minuman lemon tea. Juga ada menu makanan Singapura, Malaysia dan makanan western. Harga menu yang ditawarkan dari restoran ini mulai dari 70.000 VND.

The Daun Restaurant yang terletak di 194 Le Thanh Ton Street, Nguyen Thai Binh Ward, District 1, Kota Ho Chi Minh, merupakan restoran yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan Muslim. Dari Pasar Ben Thanh, Traveler cukup berjalan kaki untuk ke resto ini. Asyiknya lagi, disini Traveler bisa menikmati layanan WiFi gratis.

Pho Muslim

Selain rasanya yang terkenal lezat, Pro Muslim, salah satu resto halal di Vietnam ini terkenal juga dengan harganya yang murah. Restoran yang terletak di Alley 505, 25/18 Tran Hung Dao Street yang letaknya tak jauh dari Masjid Jamiul Islamiyah atau Masjid Nancy ini, menyajikan makanan asli Vietnam yang halal seperti mie, olahan daging dan juga aneka sup. Resto ini dimiliki oleh muslim Vietnam sehingga dari segi rasa lebih otentik, khas Vietnam dan dijamin halal.

Pho Muslim memiliki dua jam operasional yaitu dari pagi hingga siang dan sore hingga malam. Ketika ke resto ini, jangan lupa mencicipi Pho-nya yang terkenal lezat. Semangkuk Pho dengan kuah kaldu daging yang kental dan segar dipadu dengan irisan daging yang gurih yang cukup mengenyangkan, dikenai harga 60.000 VND. Selain Pho, disini juga menjual Bhan Mi isi, sandwich-nya Vietnam. Harganyapun lebih murah jika dibandingkan dengan rumah makan halal lainnya di Ho Chi Minh, seperti seporsi pho dihargai VND 40.000 dan untuk minuman termahalnya hanya 15.000 VND.

Pro Muslim resto letaknya cukup jauh dari Ben Thanh market dan bukan di jalan utama Ho Chi Minh. Jika kesulitan untuk menemukan resto ini, Traveler bisa mengandalkan google maps. Tempatnya agak masuk ke gang, tepat belakang Nancy Mosque, namun cukup ramai dikunjungi banyak wisatawan karena kelezatan, halal dan murah.

Banana Leaf @ Saigon

Banana Leaf @ Saigon adalah restoran khas India namun juga menyajikan aneka menu masakan dari Vietnam dan Malaysia. Semua sajian masakan disini dijamin kehalalannya. Seperti sajian aneka karinya yang sangat khas India. Dengan rempah-rempah pilihan, resto ini menyajikan masakan daging sapi, seafood, dan ayam. Resto yang terletak tepat di pusat kota Ho Chi Minh, tepatnya di 57 Vo Tan Ward 6 District 3 ini juga menyajikan masakan untuk para vegetarian. Kelezatannya pun juga tak terkalahkan dengan menu lainnya.

Suasana di resto ini sangat nyaman. Pelayanan restoran ini juga sangat ramah, tak heran membuat para Traveler betah dan menyukai tempat ini. Banana Leaf @Saigon mempunyai komitmen untuk selalu memuaskan pelanggannya dengan menyajikan makanan berkualitas dan layanan terbaik dalam ruangan yang segar dan menyenangkan. Nah, jika Traveler mencari santapan yang nyaman dan hangat di kota yang sibuk ini, restoran bersertifikat halal Banana Leaf @Saigon adalah pilihan cerdas.(Nil/Berbagai sumber)