Mengeksplore 4 Destinasi Wisata di Manado

Sensasi Keindahannya Menarik Hati

$ Destinasi Wisata di Manado
Pantai Patokan nan Cantik dan Menakjubkan

Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang cukup terkenal dengan keindahan wisata alamnya.  Begitu beragam objek wisata menarik yang bisa dikunjungi disini. Setiap objek wisata disini memiliki daya tarik tersendiri.  Seperti objek wisata  Pulau Lihaga, Taman laut Tumbak, Air Terjun Ratahan Telu dan Pantai Patokan. Seperti apa keindahan dan keseruan di 4 destinasi wisata di Manado ini?  Yuuk simak!

Pulau Lihaga

Surga kecil di Likupang, Sulawesi Utara ini merupakan bagian dari pulau-pulau tropis dengan aset keindahan panoramanya nan istimewa.  Pulau ini menyuguhkan air laut yang jernih, biru, dan pasir putihnya yang lembut.  Inilah keindahan dan keseruan di Pulau Lihaga yang juga menawarkan spot-spot diving dan snorkeling yang mengesankan.

Pulau Lihaga merupakan pulau yang tak berpenghuni yang masih perawan, keasriannya pun masih terjaga. Laksana serpihan surga, pulau ini memiliki luas 8 hektare dengan sajian hijaunya pepohonan, kejernihan perairannya yang berwarna hijau toska, pasir putih nan lembut yang membentang di garis pantai, menciptakan Pulau Lihaga sungguh cantik nan eksotis. Didukung dengan ombak yang cukup tenang, tumbuhnya beragam terumbu karang dengan keindahan yang mempesona, serta kaya akan biota laut menjadikan pulau ini sebagai salah satu spot snorkling dan diving terfavorit.

4 Destinasi Wisata di Manado
Pulau Luhaga yang penuh sensasi, Photo by @tatoyronaldo

Untuk menuju ke objek wisata ini, Traveler membutuhkan waktu selama 2 jam perjalanan menuju Pelabuhan Serai, Likupang Barat.  Dari pelabuhan, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speed boat, membutuhkan waktu sekitar 30 menit a bila ombak dan cuacanya mendukung.  Sebagai saran, sebaiknya berkunjung ke Pulau Lihaga dilakukan pada musim kemarau.  Selain ombak yang cukup tenang, musim kemarau adalah musim yang tepat untuk biota laut berkembang biak.

Taman Laut Tumbak

Manado memang terkenal dengan wisata Taman Laut Bunaken.  Namun, keindahan Taman Laut Tumbak juga tak kalah serunya dengan Bunaken ini.   Dari pusat Kota Manado, hanya menempuh sekitar tiga jam perjalanan.  Serunya lagi, Taman Laut Tumbak memiliki lebih dari 20 titik penyelaman yang keren dan asyik, seperti Napo Kipas, Bohaga Kecil, Pintu Samudra, Taman Karang, dan Bohaga Mangrove.

Ratusan spesies ikan yang hidup di perairan Pulau Tumbak mewarnai keindahan alam lautnya, beragam jenis ikan tersebut seperti common lionfish, banggai, nudibranch, cardinalfish, clownfish, napoleon, angelfish, surgeonfish, unicornfish, dan banyak lagi lainnya.  Juga beragam jenis bintang laut yang begitu indah dengan berbagai macam warnanya. Selain dimanjakan dengan beragam jenis ikan, keindahan hamparan karang yang begitu luas, hardcoral maupun softcoral dengan berbagai bentuk dan warna yang cantik, siap membuat Traveler betah menikmati snorkeling disini. Hamparan karang tersebut memiliki luas kurang lebih 100 hektar.

4 Destinasi Wisata di Manado
Taman laut Tumbak, menyelam menikmati alam bawah laut, Photo by PedomanWisata

Taman Laut Tumbak terletak di Desa Tumbak, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Desa yang dikaruniai keindahan alamnya yang sangat memukau serta keindahan bawah lautnya yang penuh takjub.  Kawasan wisata ini juga memiliki beberapa pulau kecil berpasir putih yang yang asyik untuk di eksplore, seperti Pulau Baling-Baling, Pulau Ponteng, Pulau Kukusan, dan lainnya.   Taman Laut Tumbak juga menyediakan pemandangan berupa hutan bakau yang bisa dinikmati keindahannya.  Hutan mangrove ini memiliki luas sekitar hanya setengah hektar, Traveler tidak membutuhhkan waktu lama untuk mengeksplorenya.  Traveler dapat mengelilingi hutan mangrove menggunakan sampan.

Bagi Traveler yang mahir dalam kegiatan snorkeling atau diving, dapat menikmati hutan kipas laut yang beragam jenis pada kedalaman sampai 6 meter dengan luas area 300 meter.  Selain itu, disini juga bisa melakukan snorkeling di malam hari.  Traveler akan merasakan sensasi snorkeling yang berbeda dari biasanya.

Air Terjun Ratahan Telu

Air Terjun Ratahan Telu terletak di dalam hutan dengan kondisi area yang masih cukup sepi.  Namun, air terjun ini memiliki daya tarik yang begitu menakjubkan.  Air terjun ini memiliki tiga air terjun dalam satu tempat dengan tinggi yang berbeda-beda, sehingga nama air terjun ini Air Terjun Ratahan Telu atau ‘Tiga Tahapan’. Air terjun yang pertama memiliki tinggi kurang lebih 20 meter, lalu air terjun yang kedua memiliki tinggi sekitar 30 meter, dan air terjun yang ketiga, yang paling tinggi yaitu 50 meter.

Dengan suasana yang begitu tenang dan nyaman serta udaranya segar dan asri, Traveler termanjakan menikmati keindahan alam ini. Tempat ini juga dapat menawarkan rileksasi maksimal, terutama bagi yang ingin menyegarkan pikirannya dari hiruk-pikuk perkotaan.

4 Destinasi Wisata di Manado
Air Terjun Ratahan Telu, sensasi 3 air terjun di tengah hutan

Air Terjun Ratahan Telu terletak di Kabupaten Minahasa, tepatnya di Jalan Pineleng-Kali, Kali, Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Kecamatan Pineleng merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Manado.  Air terjun ini berjarak kira-kira 20 kilometer dari pusat Kota Manado. Medannya cukup menantang sehingga disarankan didampingi tur guide agar Traveler tidak tersesat menemukan lokasi air terjun ini.

Ada salah satu sudut cantik yang sangat instagramable yaitu keberadaan jembatan klasik yang tertutupi oleh lumut, sehingga jembatan ini dikenal dengan nama Jembatan Lumut.  Kehadiran jembatan ini menjadi spot yang sangat menarik bagi Traveler pencinta swaphoto.

Pantai Patokan

Keindahan Pantai Patokan semakin viral dan disukai banyak wisatawan. Pantai yang digadang-gadangkan duplikatnya May Bay yang ada di Phuket Thailand, juga sangat mirip dengan Pantai Navagio di Pulau Zakynthos Yunani ini,terletak di Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.  Untuk mencapai lokasi ini, memerlukan waktu perjalanan sekitar empat jam dari pusat Kota Manado.

Pantai Patokan letaknya cukup tersembunyi, namun dengan memiliki keindahan yang sangat menakjubkan ini, membuat siapa pun yang datang kesini ingin kembali lagi ke pantai ini.  View pantai ini begitu eksotis dan sangat menarik.

4 Destinasi Wisata di Manado
Wisata ke Pantai Patokan yang seru abis!

Panorama Pantai Patokan sangat indah dan mempesona. Pantai ini diapit oleh tebing-tebing cantik dengan pasir putih nan lembut serta deburan ombaknya yang tak pernah putus, sehingga menciptakan water blow yang begitu fantastis.  Jika dilihat dari atas tebing, pemandangan pantai ini sangat mempesona dengan tambahan dekorasi ilalang yang tumbuh disekitar tebing.  Pantai yang juga memiliki keindahan alam bawah lautnya ini, dikenal juga dengan nama Pantai Patokan Jiko Tanjung Silar.   Traveler pencinta diving dapat mencoba menyelam disini dan melihat terumbu karang yang diramaikan dengan ikan – ikan cantik.(Rafa)