Sensasi Menikmati Air Terjun Tumimperas

Menghasilkan Suara yang Sangat Indah

Air Terjun Tumimperas
Dikelilingi Tebing dan Hijaunya Pepohonan

Keberadaan Air Terjun Tumimperas merupakan  keindahan yang nyata di Tomohon, salah satu objek wisata yang disukai di Bumi Sulawesi Utara ini. Terletak di Kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon selatan, Kota Tomohon dan untuk menuju ke pusat kotanya, Travelerdapat masuk terlebih dahulu ke Bandara Manado.

Air Terjun Tumimperas sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda, sekitar tahun 1880.  Saat itu air terjun ini dikenal dengan merdunya suara air yang jatuh menimpa bebatuan yang berada dibawahnya, merdunya suara jatuhnya air ini dalam bahasa daerah Tombulu yaitu Tumimperas.  Jadi, nama Tumimperas ini berasal dari istilah air yang jatuh ke bawah dan memunculkan suara-suara yang merdu.

Air Terjun Tumimperas
Debit AIrnya Deras, Photo by @amazingsulut

Jatuhnya air kebawah memiliki rentang jarak yang cukup tinggi.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 52 meter dengan memiliki debit air jatuhnya cukup deras.  Sementara kolam dibawahnya yang menampung air jatuh, memiliki kedalaman sekitar 2 meter.  Sehingga membuat air yang jatuh menghasilkan suara yang sangat indah di telinga.  Asyiknya lagi, kelestarian tempat ini benar-benar masih terjaga alami.  Curahan air terjun ini sangat jernih yang dikelilingi dengan tebing menjulang tinggi serta hijaunya pepohonan yang masih rindang.

Untuk mencapai dan menikmati keindahan Air Terjun Tumimperas ini, Traveler harus ekstra menyiapkan tenaga dan stamina yang cukup. Yah, menuju ke tempat ini memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Sebanyak kurang lebih 800 anak tangga siap dilalui.  Jangan khawatir, karena anak tangga – anak tangga ini sudah dibuat nyaman, sudah diaspal serta disediakan pegangan.  Sehingga dalam nenuruni anak tangga ini Traveler dapat berjalan santai sambil memegang pegangan yang sudah disiapkan.  Biar pun merasa lelah karena menuruni ratusan anak tangga, udara disekitar yang sangat sejuk serta cantiknya pemandangan yang dilewati, menjadi oase dan penyemangat dalam perjalanan ini.

Air Terjun Tumimperas
Gerbang Siap Masuk ke Lokasi Air Terjun

Untuk mencapai objek wisata ini, ada dua pilihan transportasi yang dapat Traveler pilih. Mau naik kendaraan umum atau langsung menyewa kendaraan pribadi dan berkendara menuju lokasi.   Dengan jarak tempuh sekitar 44 kilometer dengan menyita waktu kurang lebih 1 setengah jam, Traveler dapat melalui Jalan Raya Manado Tomohon.  Jalanan ini tidak terlalu sulit dan nyaman dilaluinya.  Hanya saja ketika perjalanan hampir mencapai objek wisata yang dituju, Traveler akan berhadapan dengan jalan tanjakan dan turunan.  Tetap waspada dan hati-hati dalam mengemudikan kendaraannya.

Air Terjun Tumimperas
800 Anak tangga yang harus dilalui

Jika memilih transportasi umum, dari bandara pilih naik ojek atau taksi menuju ke Terminal Manado. Kemudian pilih bus jurusan Tomohon. Setelah itu turun di terminal dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mikrolet berwarna biru.(Puteri)