Ketika Ubud Memanggil….

Pusat Tarian dan Kerajinan Tradisional

Pesona Ubud, Bali
Pesona Ubud Begitu Menakjubkan, Photo by @ebikesbali

Bali memang selalu indah, selalu mempesona, selalu ingin kembali merajut keasyikan dan keseruan, sambil menikmati pesona alamnya.  Bali tak pernah bosan, menyajikan beragam keseruan yang tak pernah ada endingnya. Bali sangat luas,….luas sekali untuk menikmati satu persatu daya tarik yang disajikannya sehingga tak ada kata ‘tidak’, untuk selalu kembali kesana. Seperti ke Ubud, salah satu kawasan wisata di Bali yang menyajikan banyak objek wisatanya.

Daya tarik wisata Ubud sangat banyak dan beragam.  Seperti liburan ke objek wisata pura Hindu Bali, air terjun alami, sawah terasering, wisata seni dan budaya Bali, serta aktivitas arung jeram dan spot wisata seru lainnya.  Daya tarik kawasan wisata Ubud Bali memang agak berbeda dengan daya tarik tempat wisata Kuta Bali. Kuta Bali terkenal akan objek wisata pantai pasir putih yang cantik dan memikat, sementara di Ubud Bali, udara pegunungan dan hijaunya alam serta keseruan lainnya selain pantai, surganya disini.

Pesona Ubud, Bali
Spot-Spot Unik yang Kekinian, Photo by @yuniiswandewi

Dilihat dari lokasinya, Kota Ubud terletak di bagian tengah pulau Bali.  Disini juga dikenal sebagai pusat tarian dan kerajinan tradisional. Keindahan alamnya berupa hutan hujan serta persawahan ala terasering padi mengelilingi kawasan Ubud.  Objek wisata khas Bali seperti pura dan tempat pemujaan, merupakan bagian erat dari salah satu lanskap Bali yang paling terkenal.  Di Ubud juga terdapat situs suci kuno, yaitu Goa Gajah yang memiliki ukiran serba mendetail dan Gunung Kawi, yaitu tempat pemujaan yang diukir dari batu.

Bali Swings

Bali Swings merupakan salah satu aktifitas seru yang dilakukan di Ubud.  Kegiatan menikmati ayunan yang letaknya cukup tinggi dan dari tempat duduk ayunan ini, Traveler akan melihat pemandangan alam Ubud yang begitu mempesona.  Aktivitas liburan Bali Swing ini cukup populer, saat sebelum Covit, kegiatan ini begitu ramai dan muncul foto-fotonya di berbagai media sosial.  Saking ramainya, Bali Swing sempat diberitakan menjadi salah satu aktifitas liburan terbaik dan terasyik di Ubud Bali.

Lokasi kegiatan ayunan di Bali ini menyebar di beberapa tempat di Bali, salah satunya yang cukup terkenal yaitu di Bali Swing Bongkasa.  Disini, terdapat beberapa ayunan dengan tingkat ketinggian yang berbeda-beda.  Sekitar 15 ayunan tersedia disini dengan ketinggian berkisar 10 meter sampai 78 meter dan ada 3 ayunan tendem.  Dari ketinggian ini, Traveler dapat melihat pemandangan lembah dan sungai serta area hutan yang banyak ditumbuhi pohon kelapa.

Pesona Ubud, Bali
Bali Swing yang mengasyikkan, Photo by @tropicalislandidea

Lokasi Bali Swing Bongkasa terletak di Jalan Dewi Saraswati No.7, Bongkasa Pertiwi, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Tempat ini biasanya buka dari pukul 08:00 – 17:00. Selain ayunan tunggal dan tendem, banyak spot-spot seru yang bisa dieksplore seperti naik sarang burung besar, pengambilan foto dengan background helikopter, perahu huta, tempat tidur romantis, batu jantung di hutan dan batu besar di atas lembah.

Bukit Campuhan Ubud

Bukit Campuhan Ubud merupakan salah satu destinasi wisata di Ubud yang juga cukup digemari.  Bukit Campuhan atau terkenal juga dengan sebutan Campuhan Ridge Walk, berada di tengah Kota Ubud, memudahkan Traveler untuk mencapai lokasinya. Trekking di Bukit Campuhan Ubud membawa Traveler dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Kawasan ini berada di Kelusa, Payangan, Jalan Raya Campuan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.  Dari pusat Ubud berjarak sekitar 1 kilometer.

Kegiatan ini merupakan aktifitas jalan-jalan, menikmati udara serta dimanjakan dengan pemandangan sekitar yang begitu cantik dan memukau.  Menampilkan keindahan bukit dengan hamparan rumput yang hijau dan luas. Ditambah lagi dengan adanya jalan setapak yang sudah tertata rapi, membuat siapa pun yang singgah kesini akan betah menghabiskan waktu di sini.  Sejauh mata memandang, Traveler disuguhkan pemandangan rumput ilalang kecil yang luas. Hanya ada beberapa pohon diantara ilalang ini, beberapa pohon kelapa yang berjarak beberapa meter. Sementara di luar area sabana, pepohonan yang rimbun tampak bergerombol membentuk warna hijau yang pekat.  Sungguh sangat cantik.

Pesona Ubud, Bali
Bukit Campuhan Ubud, Photo by @bukit_campuhan_ubud

Bukit Campuhan buka setiap hari selama 24 jam, namun untuk mendapatkan pemandangan yang indah dan cantik, sebaiknya Traveler datang pada pagi hari atau sore hari.  Karena berada di atas bukit, tidak ada penghalang untuk menyaksikan keindahan alam tersebut saat matahari terbit maupun ketika matahari akan tenggelam.  Sinar yang tersiratpun begitu indah mewarnai cakrawala di Bukit Campuhan Ubud ini.

Sawah Terasering Tegalalang Ubud

Dimana lagi bisa menikmati keindahan perpaduan antara alam dan seni kalau bukan melihat Tegallalang Rice Terrace alias Sawah Terasering Tegallalang yang begitu mankjubkan ini.  Sawah Terasering Tegalalang Ubud ini sangat terawat dan banyak spot-spot keren untuk pengambilan foto.  Undakan-undakan sawah yang sangat tertata apik ini, merupakan opsi wisata menarik pedesaan.  Seni undakan sawah yang tertata cantik ini seolah sebuah tangga hijau menuju perbukitan di atas langit.

Pesona Ubud, Bali
Terasering Tegalalang nan Menyejukkan, Photo by @iis_madna_captures

Bentuk sawah berundak-undak ini merupakan sistem pengairan sawah di Bali. Ini bukan sembarang sistem pengairan sawah, sistem ini dapat mengatur pengairan untuk bercocok tanam seperti tanaman padi ini. Karena sistem inilah, bentuk sawah di Tegalalang berundak-undak, berbeda dengan sawah-sawah yang berada di dataran rendah yang menghampar luas tanpa berundak.

Pura Taman Saraswati Ubud

Pura Taman Saraswati merupakan sebuah pura Hindu yang pura yang didirikan untuk pemujaan Dewi ilmu Pengetahuan, Dewi Saraswati yang lokasinya berada di pusat Ubud.  Saat ini pura Taman Saraswati banyak diminati wisatawan lokal karena menawarkan tempat foto dengan latar belakang arsitektur pura, dengan tata taman indah serta terdapat kolam bunga teratai berwarna merah muda.  Teratai-teratai yang mekar di kolam yang mengelilinginya ini, membuat objek wisata ini begitu megah dan cantik.   Serunya lagi, pura ini memiliki panggung pementasan tari Bali yang rutin mementaskan Tari Kecak.

Pesona Ubud, Bali
Pura Taman Satraswati dengan kolam Teratainya

Pura Taman Saraswati berada di Jalan Kajeng, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00.  Masuk ke lokasi ini tidak dikenai biaya, namun jika pertunjukkan tari Kecak berlangsung, Traveler yang ingin menikmati tarian ini dikenai biaya yang dapat dibeli di gerbang masuk Pura Taman Saraswati Ubud ini.  Pertunjukan tari Kecak Bali biasanya diadakan setiap hari selasa dan kamis yang mulai dipentaskan pada pukul 19:30.

Air Terjun Tegenungan

Lokasi Air Terjun Tegenungan sebenarnya tidak pas di Ubud, tapi berada di kawasan Kemunuh Kabupaten Gianyar – Bali. Namun seringnya wisatawan menyebutnya Air Terjun Tegenungan Ubud. Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter. Meski tidak begitu tinggi namun debit airnya sangat deras serta airnya juga bersih dan bening.

Air Terjun Tegenungan merupakan sebuah air terjun yang letaknya tersembunyi di balik rimbunnya pepohonan. Air terjun ini merupakan aliran dari Tukad Petanu, yang mengalir langsung melewati batuan.  Lokasinya pun cukup berdekatan denngan pasar seni Sukawati dan juga berdekatan dengan lokasi Kemenuh Butterfly Park.

Pesona Ubud, Bali
Air Terjun Tegenungan, Photo by @air_terjun_tegenungan

Kawasan air terjun ini sangatlah sejuk karena dilingkupi dengan pepohonan hijau yang rindang. Juga spot-spot unik penunjang untuk berswaphoto, mulai dari semak-semak, pohon bercabang dan pohon kelapa yang menjadi daya tarik utama suasana di sini.  Perpaduan warna hijau dengan jernihnya air terjun menjadi pemandangan yang begitu sempurna dan sayang dilewatkan begitu saja!(Niel)