Menikmati Keindahan Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Bentang Alamnya Sangat Luas

Taman Wisata Alam Gunung Tunak
Perpaduan Bukit Berbatu dengan Laut nan Jernih, Photo by @gunungtunak

Salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, yaitu Taman Wisata Alam Gunung Tunak, sangat menarik untuk dikunjungi.  Taman wisata alam ini terbentuk dari banyaknya deretan bukit-bukit, yaitu Bukit Bungkulan, Bukit Kelor, Bukit Takar-akar, Bukit Pejanggik dan Bukit Batujangak, pada bagian utara dibatasi oleh Teluk Bumbang  serta Teluk Awang di bagian timur. Daratannya pun terbentang luas padang rumput dan hutan dataran rendah, sementara di beberapa sudut pesisir Gunung Tunak terbentang hamparan terumbu karang.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak NTB
Sunset nan Indah di kawasan Wisata Taman Alam Gunung Tunak, Photo by @just_bowo

Gunung Tunak sendiri merupakan salah satu pulau yang tampak tebingnya berupa batuan kapur yang terdapat di Indonesia tepatnya di Lombok.  Gunung Tunak merupakan pulau kapur yang dikelilingi lautan Lombok sehingga menciptakan panorama menjadi indah mempesona.  Ternyata kondisi keindahan alam Gunung Tunak ini konon disamakan dengan pulau batuan kapur yang sejumlah 12 yang berada di Victoria Asutralia, yaitu 12 Apostles.

Taman wisata alam Gunung Tunak ini memiliki bentang alam yang sangat indah, dimana beberapa spot terlihat datar, gelombang berbukit hingga bergunung, sehingga kawasan ini merupakan deretan bergunung dan berbukit dengan lembah dan hutan yang luas dan lebat disekitarnya. Menyuguhkan keindahan alam nan sempurna, dimana perbukitan hijau berpadu dengan padang rumput yang luas yang menyatu dengan indahnya pantai dan birunya laut, sungguh menjadi pemandangan nan eksotis.  Banyak pantai-pantai indah dan mempesona yang dapat dipilih untuk memaksimalkan liburan di kawasan ini. Suasana pantainya sangat nyaman karena relatif alami dan belum banyak dikunjungi, serasa pantai pribadi, diantaranya adalah Pantai Teluk Ujung, Pantai Terasak, Pantai Bilasayak, Pantai Batu Jangak serta Pantai Goang Sari.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak NTB
Gunung Tunak dikelilingi lautan Lombok, Photo by @twagunungtunak

Banyak spot-spot di Gunung Tunak yang memiliki sejumlah daya tarik yang jarang bisa ditemukan di lokasi wisata sejenis lainnya. Dengan mencapai luas wilayah kurang lebih 1.200 hektar, sebagian besar kawasan wisata Gunung Tunak berupa perbukitan dengan begitu lebatnya hutan-hutan alami.  Dan di dalam hutan-hutan ini, banyak hidup beberapa satwa langka seperti gosong kaki merah, rusa, musang, elang, bondol, srigunting, ayam hutan merah dan hijau, punglor merah, tekukur dan juga walet. Yah, sangat beragam fauna langka yang hidup di wilayah ini.

Taman Wisata Gunung Tunak NTB
Salah satu Plang Penunjuk Lokasi

Di kawasan wisata alam ini, Traveler juga dapat menikmati puas trekking dengan pemandangan yang maha dahsyat keindahannya.  Traveler siap mengeksplore bukit-bukit nan asri yang begitu cantik seperti bukit Bungkulan, Kelor, Takar Akar, Pejanggik dan Batujanggak.  Begitu sampai puncak bukit, dijamin Traveler akan merasa puas dan terkagum-kagum mendapatkan pemandangan indah yang begitu menakjubkan.  Melihat dari atas indahnya perbukitan yang terbentang luas, rimbunnya hutan dan laut yang kebiru-biruan yang sangat jernih dan bersih, juga sangat leluasa memandang pantai yang melengkung dengan pasir putihnya yang indah.  Bahkan di ujung barat dan utara, Traveler dapat menyaksikan keindahan Teluk Bumbang, dan begitu berpaling ke arah bagian timur, Teluk Awang nan eksotis akan menyihir pandangan mata.  Biasanya, pada saat akhir musim penghujan, Traveler akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan rumput hijau bak karpet yang menyelimut Gunung Tunak. Sangat cantik dan mempesona.

Selain sajian kecantikan bukit-bukit yang bertebing langsung menghadap ke laut serta pantainya yang sangat indah, taman wisata alam Gunung Tunak juga menawarkan berbagai destinasi wisata dalam satu lokasi, seperti penangkaran kupu-kupu dan penangkaran rusa.  Dari depan pintu gerbang, jalan beraspal halus sudah terhampar sampai ke penangkaran kupu-kupu dan rusa ini. Jadi Traveler dapat dengan mudah ke taman wisata alam Gunung Tunak ini.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak NTB
Gunung Tunak merupakan Pulau yang tampak tebingnya kapur

Wisata alam yang menawarkan keindahan alam yang begitu beragam ini, terletak di desa Mertak, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.   Traveler dapat menempuhnya dengan melalui transportasi berupa mobil atau pun motor. Waktu tempuh yang dibutuhkan jika Traveler berangkat melalui Bandara Internasional Lombok, memakan waktu sekitar 1,5 jam.  Akses jalannya juga sudah sangat bagus, beraspal mulus dan banyak rambu-rambu atau plang penunjuk lokasi Taman Wisata Alam Gunung Tuwak ini.(Adhit)