Mengenal Candi Gedong Songo yang Banyak Sejarah

Memiliki hubungan yang sangat mendalam bagi masyarakat karena candi adalah tempat suci yang dipergunakan untuk ibadah.

foto by jadipergidotcom

Indonesia sangat terkenal karena memiliki warisan budaya yang sangat banyak, warisan itu berasal dari perjalanan panjang berdirinya bangsa ini. Salah satu contoh warisan yang masih kokoh hingga saat ini adalah candi. Tidak hanya sebuah peninggalan sejarah, candi memiliki hubungan yang sangat mendalam bagi masyarakat karena candi adalah tempat suci yang dipergunakan untuk ibadah.

foto by wisataiddotcom

Traveler yang tinggal di Jawa Tengah, pasti sudah akrab dengan Candi Gedong Songo. Kawasan wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar daerah karena memiliki peningalan sejarah yang memukau. Dibangun di perbukitan Lereng Gunung Ungaran, pada ketinggian antara 1200 – 1400 m di atas permukaan laut. Dilihat dari ciri-ciri yang ada, Candi Gedong Songo dibangun semasa dengan Candi Dieng, yaitu sekitar abad 7 sampai 9 Masehi. Berdasarkan arca-arca yang ditemukan, Candi Gedong Songo ini berlatar belakang agama Hindu.

Nama Gedong Songo diberikan dari warga setempat. “Gedong” yang artinya rumah atau bangunan dan “Songo” berarti Sembilan. Jadi arti kata Gedong Songo adalah sembilan bangunan candi. walaupun namanya adalah sembilan kelompok candi, namun saat ini hanya terdapat lima kelompok candi yang masih utuh dan terpisah-pisah. Candi Gedong I yang terletak paling bawah hingga Candi Gedong V yang terletak paling atas.

foto by wikipedia

Candi ini sangat unik karena bangunannya yang berada di lereng gunung, sehingga memiliki pemandangan yang mempesona yang tidak kalah dari tempat wisata lainnya. Traveler akan menikmati suasana yang berbeda ketika berwisata sejarah ke sini. Untuk dapat melihat semua candi yang ada, Traveler perlu mendaki naik. Dalam perjalanan, Traveler akan menikmati kesegaran alam, melihat tanaman pertanian warga, serta pemandangan yang mempesona lainnya.

Bagi Traveler yang ingin melihat seluruh candi tetapi tidak tahan berjalan kaki, bisa menggunakan jasa kuda yang ada di tempat ini. Saat perjalanan, Traveler juga bisa menikmati pemandian air panas serta fasilitas lainnya seperti tempat parkir kendaraan, mushola, serta toilet.

Bangunan candi yang memiliki nilai sejarah, budaya yang tinggi dan berpadu dengan pemandangan khas gunung, menjadikan suasa yang dimilikinya sangatlah keren untuk dijadikan background foto. Traveler bisa mencari tempat terbaik untuk berfoto, tapi ingat selalu berhati-hati dan tidak merusak fasilitas serta bangunan candi.(DT)