Mengenal Pulau Laut, Surga Kecil Tersembunyi

Memberikan pesona memandangan alam yang indah nan cantik.

Pulau Laut,Natuna
photo by disparbud_natuna

Rasanya sangat menyenangkan ketika traveler mengeksplor keindahan alam yang ada di Indonesia, apalagi ke tempat-tempat yang jarang diketahui. Kali ini tim indonesiatraveler.id akan mengajak traveler berkenalan dengan Pulau Laut. Pulau Laut merupakan salah satu kecamatan dan sekaligus pulau kecil terluar yang masuk ke dalam Kabupaten Natuna atau Pulau Natuna. Letaknya berada di paling utara Kabupaten Natuna, sehingga Pulau Laut berbatasan dengan negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Vietnam.

Pulau Laut
Photo by disparbud_natuna

Pulau Laut ini dikelilingi bentang laut Natuna, sehingga memiliki potensi kekayaan alam khususnya laut yang luar biasa. Karena potensinya itu pulau ini menjadi tantangan bagi kita dan pemerintah dalam pembangunan serta ancaman dari dalam maupun luar.

Untuk mencapai ke lokasi, traveler harus rela menempuh waktu selama 6 jam perjalanan dari Ranai, ibukota Kabupaten Natuna menggunakan Kapal KM Bukit Raya. Perjalanan yang lama itu sepertinya tidak akan terasa karena pemandangan yang indah nan cantik akan menemani traveler dan tentunya ketika sampai di lokasi, panorama Pulau Laut ini mampu membayar lunas perjalanan traveler.

Pulau Laut,Natuna
photo by dedexsyafaz

Walaupun ukurannya kecil, pulau yang konon katanya terbuat dari bebatuan melapuk, berupa karang yang terlihat seperti orang yang sedang tidur tengkurap ini mempunyai panorama menawan. Pulau Laut mempunyai air yang sangat jernih berwarna hijau, dan akan sangat indah ketika berpadu dengan birunya langit. Karena kejernihannya tersebut, traveler bisa melihat keindahan bawah lautnya.

Di sini traveler bisa berenang dan menyelam melihat cantiknya terumbu karang serta biota-biota bawah lautnya yang lalu lalang dari karang satu ke karang yang lainnya. Selain keindahan alam bawah lautnya, Pulau Laut memiliki keunikan lainnya yaitu tumbuhnya pohon kelapa yang bercabang tiga. Iya, pohon kelapa ini mempunyai 3 cabang dan hanya bisa ditemukan di Pulau Laut. Selain pohon kelapa bercabang tiga, Pulau Laut juga memiliki keanekaragaman flora lainnya, serta kaya dengan beragam faunanya juga.

Pulau Laut,Natuna
photo by hafiz_musfar

Ada keseruan lainnya di Pulau Laut ini, yaitu ketika Traveler memilih untuk menginap disini, saat malam hari akan melihat gerombolan penyu petelur dari pasir putih yang terbentang sepanjang pesisir pantai Pulau Laut. Sungguh pemandangan yang menakjubkan. Masih ada lagi keseruan lainnya yang bisa didapat disini. Pulau Laut juga menyimpan spot-spot yang mempunyai nilai histori tinggi.  Semua keindahan itu tentunya akan sia-sia jika kita tidak memperhatikannya. Pulau ini masih sangat berpotensi untuk dikembangkan dan dijaga karena mengingat letaknya berbatasan dengan negara-negara tetangga.(AS/IPG)