Mengenal Sejarah Candi Budha Terbesar di Dunia

Berbagai peninggalan pada masa kerajaan masih bertahan sampai sekarang.

jadiwisata.com

Indonesia memiliki sejarah panjang sebelum akhirnya bisa seperti saat ini. Salah satu masa penting yang pernah dialami Indonesia adalah masa berdirinya banyak kerajaan dengan corak berbeda. Berbagai peninggalan pada masa kerajaan masih bertahan sampai sekarang.

bpblogspot.com

Peninggalan yang besar itu adalah candi Borobudur, diperkirakan candi bercorak Budha ini dibangun antara tahun 780 sampai 840 masehi. Informasi ini diperoleh dari relief Karmawibhangga di bagian kaki candi yang jenis tulisannya sama dengan prasasti Karang Tengah dan Kahulunan.

Awal pembangunan candi ini, raja yang berkuasa saat itu adalah Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Tujuan utama pembuatan candi adalah sebagai tempat beribadah dan ziarah. Namun, seiring perkembangan zaman, Candi Borobudur akhirnya ditinggalkan sampai tertutup tanah.

bumn

Lama terkubur, Candi Borobudur ditemukan kembali pada tahun 1814 oleh pasukan Inggris yang dipimpin oleh Sir Thomas Stanford Raffles. Banyak rintangan yang terjadi contohnya adalah penjarahan puing-puing dan arca candi. Candi Borobudur baru selesai dibersihkan pada tahun 1835. Candi Borobudur terdiri dari beberapa bagian undakan. Tiap undakan ini menggambarkan fase yang berbeda. Lantai 1 merupakan zona Kamadhatu. Zona ini menggambarkan kondisi manusia di dunia.

Lantai 2 sampai 9 adalah zona Rupadhatu. Zona ini merupakan zona peralihan, manusia sudah tidak memiliki urusan dunia. Terakhir adalah lantai 10 merupakan zona Arupadhatu. Puncak tertinggi ini menunjukkan rumah Tuhan. Ada satu stupa berukuran sangat besar yang merupakan stupa pusat. Namun, stupa ini tidak memiliki arca di dalamnya.

alindtransport.com

Di salah satu lantai, anda bisa melihat satu stupa yang terbuka, sehingga Arca Budha di dalamnya bisa terlihat. Fakta menyedihkan adalah terdapat banyak arca yang ternyata tidak memiliki kepala. Tidak ada yang tahu pasti di mana kepala-kepala tersebut berada.

Walaupun termasuk candi terbesar di dunia, ternyata Candi Borobudur tidak termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Hal ini bisa terjadi karena pemilihan dilakukan secara voting. Bisa jadi Candi Borobudur kalah terkenal dari bangunan yang lain. Meskipun begitu, UNESCO telah menetapkan Candi Borobudur sebagai salah satu dari warisan dunia.

Candi Borobudur juga menjadi tempat yang bagus untuk menikmati matahari terbit, tapi anda harus menghubungi pihak pengelola jika ingin melihatnya!(DT)