Mengintip 4 Objek Wisata di Bulgaria yang Mengasyikkan

Bukti sejarah masa lalu masih tersimpan, menjadi daya tarik bagi Traveler penggemar zaman kuno

Mengintip 4 Objek Wisata di Bulgaria yang Mengasyikkan
Pelesir menyusuri keindahan Belogradchik Rocks, Photo by @wanderanyway

Bulgaria merupakan salah satu negara tertua di Eropa yang berdiri dengan nama Republik Bulgaria pada abad ke-7.  Terletak di Semenanjung Balkan, Bulgaria memiliki iklam yang ramah serta alam pantainya yang fantastis.  Belum lagi ornamen-ornamen yang melambangkan sejarah masa lalunya  pun juga masih tersimpan, membuat para penggemar zaman kuno ingin merasakan napak tilas masa lalu.  Begitu banyak objek-objek wisata di Bulgaria yang sangat menarik dan sayang dilewatkan, jika Traveler singgah ke negara ini.

Berikut ini, 4 objek wisata di Bulgaria yang mengasyikkan yang wajib di eksplore keseruannya, jika sedang berkunjung ke Bulgaria!

Kota Sozopol

Sozopol merupakan sebuah kota yang terletak di pesisir Laut Hitam, kota yang dipenuhi rumah-rumah bergaya arsitektur Renaissance.  Sangat unik dan klasik.  Berada dekat pantai, kota ini memiliki pemandangan deretan perahu-perahu aneka warna yang terlihat sangat cantik dan menarik.

Mengintip 4 Objek Wisata di Bulgaria yang Mengasyikkan
Kota Tua Sozopol, kota yang terletak di pesisir laut hitam

Kota yang berada di pesisir laut ini sangat cocok untuk liburan musim panas.  Suasananya begitu nyaman dan terkesan romantis.  Menjelajahi tepi laut, menikmati seni yang dipamerkan disini, hanyut dengan keindahan pantainya sungguh menjadi liburan yang mengasyikkan.

Traveler juga dapat menyaksikan Apollonia Art and Film Festival yang selalu diselenggarakan setiap bulan September.  Festival ini menyajikan konser, film, serta pertunjukan seni lainnya yang sangat seru untuk disaksikan.

Kota Veliko Tarvono

Kota Veliko Tarvono sangat unik dan penuh bangunan-banguan bersejarah.  Kota ini terletak di pegunungan bagian utara Bulgaria dan terkenal dengan julukan City of The Tsar.  Traveler dapat menemukan banyak bangunan bersejarah disini seperti Benteng Tsarevets, Saint Forty Martys Chruch, Boris Denev Art Gallery, dan lainnya.  Traveler juga dapat melihat monumen Assens dari berbagai sudut di kota Veliko Tarnovo.

Dahulu,  Veliko Tarnovo merupakan ibu kota Kekaisaran Bulgaria Kedua dan memiliki tradisi penting dalam budaya Bulgaria.  Tak heran di kota ini banyak ditemui museum dan situs sejarah Salah satu objek wisata yang paling populer di kota ini adalah Tsavaret.  Traveler dapat menyaksikan keindahan dan kekokohan bangunan yang telah dibangun pada abad pertengahan ini. Benteng dan kompleks kerajaan serta istana yang ada disini dibangun diatas lahan yang luasnya mencapai 4872m².  Yah, Tsarevets adalah benteng abad pertengahan di kota tua Veliko Turnovo, merupakan salah satu objek sejarah yang paling penting di Bulgaria dengan pemandangan yang sangat menarik bagi para wisatawan.

Mengintip 4 Objek Wisata di Bulgaria yang Mengasyikkan
Objek wisata Tsarevets yang ada di Kota Veliko Tarnovo

Terdapat lukisan dinding gereja yang menggambarkan kemuliaan dan momen tragis Kekaisaran Bulgaria II. Untuk menarik pengunjung di malam hari, Tsarevets diterangi dengan tiga laser, lampu beraneka ragam, musik dramatis dan lonceng gereja untuk menceritakan kisah jatuhnya Tarnovo kepada Ottoman, serta saat-saat penting lain dari sejarah Bulgaria.

Belogradchik Rocks

Pemandangan bebatuan Belogradchik Rocks sangat unik.  Objek wisata satu ini cukup populer di Bulgaria.  Belogradchick Rock terletak di barat laut Bulgaria. Disini Traveler dapat melihat tebing batu yang panjangnya mencapai 30 kilometer dan lebar 200 meter.

Empat kilometer dari pusat kota Bulgaria terdapat kelompok batu terbesar yang disebut The Dinosaur di dekat Borovitsa.  Pemandangan disini benar-benar menghanyutkan.  Perpaduan pemandangan alamnya begitu sempurna dan menakjubkan.  Keindahan batu, tebing, padang rumput yang subur, sungai dan gunung.  Semua menyatu menciptakan kolaborasi keindahan alam nan sempurna.

Mengintip 4 Objek Wisata di Bulgaria yang Mengasyikkan
Objek Wisata Belogradchik Rocks

Nama setiap formasi batuan diberikan bedasarkan cerita rakyat.  Setiap batu di sini masing-masing memiliki sejarah dan legenda yang penuh dengan cerita penderitaan dan kepahlawanan.  Selain itu, flora di sekitar batuan Belogradchik juga mencakup banyak spesies langka di daerah Balkan.  Selain itu, kawasan ini pun juga merupakan habitat beberapa hewan seperti elang, burung hantu, burung hering kecil, bangau hitam, serigala, babi hutan, rusa, dan lain-lain.

Nessebar

Nessebar adalah kota menawan yang terletak di pantai Laut Hitam selatan dan merupakan salah satu resort yang paling populer di Bulgaria.   Pusat kota kuno ini penuh dengan gereja abad pertengahan yang menampilkan arsitektur cukup mengesankan.  Gereja-gereja ini juga terdaftar dalam situs Warisan Dunia UNESCO.  Beberapa diantaranya adalah Gereja Baptis St Ivan, yang merupakan objek wisata religi yang cukup populer yang dibangun di abad ke-11. Gereja ini adalah gereja lintas-kubah yang khas dengan tiga lengkungan dan empat kolom pendukung kubah. Traveler juga dapat melihat fragmen lukisan dinding legendaris yang dibuat pada abad ke-13.

Juga ada Gereja St Stefan yang terletak di sekitar pelabuhan, yang  juga mempunyai tampilan dekorasi menawan. Gereja yang  dibangun pada abad ke-10 ini menandai awal dari gaya arsitektur lokal yang khas di Bulgaria. Juga ada Gereja Christ Pantocrator, yang diciptakan pada abad ke-13. Yang terakhir menjadi contoh arsitektur abad pertengahan yang bagus, karena sangat terpelihara dengan baik.

Mengintip 4 Objek Wisata di Bulgaria yang Mengasyikkan
Kota Tua Nessebar nan eksotis

Nesebar dikenal karena reruntuhan-reruntuhannya yang indah, serta pantainya yang luar biasa mempesona. Bagian kuno kota ini terletak di sebuah pulau yang terhubung ke daratan oleh jalan lintas buatan.   Yah, selain sejarah, para wisatawan sering mengunjungi daerah ini untuk menikmati pantainya di sepanjang Pantai Laut Hitam, yang sering disebut dengan “Mutiara Laut Hitam”.   Tak heran, sepanjang pantai ini banyak resor-resor mewah yang menakjubkan.(Niel)