Mengintip Curug-Curug di Pemalang yang Mempesona

Terlena Menikmati Keindahannya

Curug Dhuwur Pemalang
Serunya di Curug Dhuwur, Photo by @pemalang_explore

Jika Traveler termasuk pecinta wisata alam dan berniat berkunjung ke Kota Pemalang, maka tak lengkap rasanya jika tak menjelajahi curug dengan pemandangan super indah di kota yang berada di tengah antara kota Tegal dan Pekalongan ini.

Penasaran curug apa saja yang ada di kota ini, simak berikaut ini!

Curug Dhuwur

Meskipun dinamakan Curug Dhuwur, tetapi ketinggian dari curug ini masih masuk dalam kategori aman untuk diloncati, loh! Curug ini berlokasi di desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang. Untuk menuju curug ini bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun naik bus lalu disambung menggunakan ojek.  Traveler akan melewati hamparan sawah dan pohon pinus. Hanya dengan Rp. 5000, Traveler sudah bisa masuk kawasan curug dengan fasilitas toilet, mushola, dan warung makan.

Curug Sidok

Terletak di wilayah desa Mandirejo, Kecamatan Moga, Curug Sidok ini belum banyak terjamah, loh! Untuk menuju ke sini, Traveler harus menempuh sekitar 50 Km ke arah selatan dari jalan Pantura, lalu melewati jalan setapak dengan pemandangan rumpun bambu.

Curug Sidok di Pemalang
Menikmati Santai di Curug Sidok, Photo by @pemalang_explore

Karena belum terjamah belum ada penunjuk arah di sepanjang trek, tapi semuanya akan terbayar ketika sampai di Curug Sidok ini. Dengan bentuk memanjang pada tebing dan pepohonan di sekitar curug, sungguh sangat memanjakan mata. Asiknya lagi, di curug ini Traveler juga bisa berenang untuk menghilangkan lelah, dan yang pasti sangat menyegarkan!

Curug Barong

Curug barong berlokasi di Desa Simpur, Kecamatan Belik. Nama Barong merupakan kependekan dari kata ‘Amba Gerong’ yang artinya luas dan curam dalam bahasa Jawa. Sesuai namanya, Curug Barong ini luas dan cukup curam karena dikelilingi tebing dan perbukitan.

Curug Barong di Pemalang
Penuh Sensasi di Curug Barong, Photo by @pemalang_explore

Curug Barong merupakan salah satu curug tertinggi di Kota Pemalang dengan ketinggian sekitar 25 meter, dengan nuansa bebatuan di sekitar sungai. Di dalam area curug tersedia fasilitas seperti tempat parkir, warung makan serta dibangun fasilitas penunjang lain seperti mushola dan toilet. (IPG)