Mengintip Keindahan Krayan, Paru-Paru Dunia di Nunukan Kalimantan Utara

Letaknya di Balik Gunung Tersembunyi

Krayan
Keindahannya Bak Negeri di Awan, Photo by @_endygamin9

Kecamatan Krayan merupakan bagian dari Kabupaten Nunukan di Kalimantan Utara. Krayan memiliki potensi destinasi wisata yang menonjolkan kawasan alam Nunukan. Kecamatan Krayan menyimpan potensi destinasi wisata yang begitu indah. Di antaranya lokasi tambang garam di gunung, wilayah perbatasan Krayan, dan banyak potensi alam lainnya.

Wilayah perbatasan tersebut terletak di sepanjang pegunungan yang membelah bagian tengah Pulau Kalimantan. Mulai dari dataran rendah, hingga jantung Kalimantan yang melintasi tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Krayan
Dimanjakan dengan Panorama Alamnya, Photo by @sapa_negeriku

Kecamatan Krayan terletak di daerah perbukitan pada ketinggian sekitar 1.000 sampai 1.600 mdpl. Akibatnya daerah tersebut sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat khususnya jalan darat atau sungai.   Sedangkan jalan penghubung antar kecamatan atau daerah lain belum dibangun dan tersambung, kawasan kecamatan Krayan hanya bisa ditempuh melalui jalur udara dengan menggunakan jam penerbangan udara Tarakan yang tidak menentu.

Namun, wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia itu mulai tersentuh pembangunan akses jalan saat kedatangan Presiden Joko Widodo pada 19 Desember 2019 lalu. Saat itu dengan menggunakan sepeda motor, Jokowi meninjau pembangunan jalan di perbatasan Indonesia-Malaysia.

Sejak kedatangan Jokowi, nama Krayan-pun diperbincankan sebagai salah satu destinasi di Kalimantan Utara. Krayan menjadi surga bagi pecinta alam dan petualangan.  Selain motoran di perbatasan seperti Presiden Jokowi lakukan, Traveler juga bisa menjelajah hutan hingga mendaki gunung di Krayan.

Salah satu objek wisata yang cukup terkenal akan keindahannya yaitu Long Bawan. Sebuah desa berlokasi di daerah perbukitan yang mencapai 700-1200 meter di atas permukaan laut.  Wilayah Long Bawan berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia. Walaupun mempertimbangkan objek wisata alam dan wisata lainnya, tetapi menjadi destinasi wisata terhits karena memiliki faslitas objek wisata terlengkap. Tentunya memanjakan wisatawan sehingga wisatawan pun menjadi betah berlama-lama berlibur di desa tersebut.

Krayan
Wisata Alam Yang Menakjubkan, Photo by @jornad204

Meskipun letaknya di balik gunung yang tersembunyi dan sulit dipahami, tetapi Long Bawan tetap menjadi primadona di Nunukan yang wajib dikunjungi. Long Bawan yang memiliki udara sejuk dan dingin dijamin akan membuat siapa pun yang mampir kesini menjadi kerasan berada di sini.

Selain Long Bawan, ada juga destinasi wisata lain seperti Air Bunga di Dataran Tinggi Krayan. Menurut masyakarat setempat, Air Bunga dipercaya dapat menjadi obat berbagai macam penyakit.  Selain memiliki keindahan alam yang memukau, Krayan juga merupakan tempat tinggal masyarakat adat Dayak Lundayeh yang masih menjaga tradisi mereka.

Krayan juga dikenal akan kelezatan beras mereka, yang disebut dengan nama beras Adan. Beras Adan ini memiliki aroma khas dan tekstur halus karena dihasilkan tanpa bahan kimia. (Ipg/Niel)