Berlibur dan Melihat Sejarah di Benteng Somba Opu

Berusia Sekitar 350 Tahun

Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu Yang Luas, Photo by @dewikw

Benteng Somba Opu merupakan salah satu tempat bersejarah yang berada di Kota Makassar.  Benteng Somba Opu berusia kurang lebih 350 tahun, dibangun oleh Raja Gowa ke-9 pada tahun 1669. Konon menurut cerita warga setempat, pertahanan benteng ini sangat tangguh sehingga penjajah kesusahan untuk meruntuhkannya. Benteng ini menjadi bukti kejayaan Kerajaan Gowa-Tallo pada masanya.

Benteng Somba Opu
Salah Satu Sudut di Benteng Somba, Photo by @dewikw

Benteng Sombu Opu dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 18.00 waktu setempat.  Di sini terdapat benda-benda bersejarah yang dijaga baik oleh pengelola, yang merupakan saksi bisu perlawanan masyarakat Makassar dan sekitarnya terhadap penjajah.  Traveler dapat menikmati penjelasan sejarah tersebu di dalam Benteng Somba Ompu.

Lokasi destinasi wisata ini tidak jauh dari Pantai Losari. Jika berangkat dari pusat Kota Makassar menuju objek wisata ini, hanya memakan waktu sekitar 20 menit saja. Traveler pergi menuju jalan Dg Tata sejauh 5 kilometer, setelah itu ikuti papan petunjuk jalan. Letaknya sangat strategis memudahkan Traveler untuk segera menemui lokasinya.   Fasilitas di obek wisata ini cukup lengkap.  Ada warung makan, tempat istirahat, tempat parkir luas dan toilet umum.   Untuk masuk ke benteng ini, Traveler dikenai biaya sebesar Rp 10.000,-

Benteng Somba Opu
Seragam Benteng SOpa Opu, Photo by @dewikw

Tidak jauh dari Benteng Somba Opu, ada tempat wisata lainnya yang cukup menarik perhatian juga, yaitu Gowa Discovery Park. Di sini terdapat sebuah kolam ukuran raksasa.  Disini banyak permainan air yang membuat Traveler kerasan.  Sungguh merupakan perpaduan tempat wisata yang epik.

Benteng Somba Opu berada di Jalan Dg Tata, Desa Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi ketika menuju ke tempat ini.  Jangan khawatir akan kondisi jalanannya, karena Dinas Pariwisata Pemda Gowa sudah memperbaikinya untuk memudahkan perjalanan.(Nay/Niel)