Mengukir Memori Indah di Bukit Holbung Samosir

Sunset dan Sunrise yang Menakjubkan

Mengukir Memori Indah di Bukit Holbung Samosir
Menikmati Keindahan Danau Toba dari Bukit Holdung, Photo by RezkyRangkuti

Banyak cara untuk menikmati keindahan alam Danau Toba.  Salah satunya melalui Bukit Holbung, tempat wisata alam yang masuk dalam kawasan Huta Holbung, Samosir.  Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk dapat menikmati keindahan dan keseruan alam Toba secara maksimal.  Bahkan, untuk lebih lama merasakan keseruan ini, banyak wisatawan yang mendirikan tenda dan berkemah disini.

Objek wisata perbukitan hijau ini berada di Huta Holbung, Dolok Raja, Kecamatan Harian, Sumatera Utara, merupakan pedesaan yang berada di Kabupaten Samosir.  Desa Holbung terkenal dengan sajian suasana yang sangat tenang, nyaman serta udara yang menyejukkan.  Berbagai aktifitas dapat dilakukan disini.  Terutama menyaksikan fenomena alam seperti melihat keindahan Danau Toba dan sekitarnya dari Puncak Holbung.  Dari atas bukit, tampak suguhan birunya air Danau Toba yang berpadu dengan barisan pegunungan disekelilingnya, menciptakan pemandangan yang sangat cantik dan mengagumkan.  Bukit Holbung sendiri juga sangat indah, dihiasi hamparan rerumputan hijau yang terlihat menyegarkan, menyatu dengan udara sejuk serta suasana tenang jauh dari kebisingan, yang dapat memberikan kedamaian dan ketenangan jiwa.

Mengukir Memori Indah di Bukit Holbung Samosir
Panorama alam Menakjubkan, perpaduan langit dan bukit-bukit Hijau, Photo by DaveSaktia

Bukit Holdung dengan kontur berundak-undak ini, sering disebut Bukit Teletubbies, salah satu serial impor yang pernah fenomenal tayang di televisi Indonesia, yang menyajikan indahnya bukit-bukit dengan hamparan rumput hijau menyegarkan. Kawasan yang menawarkan pesona padang sabana yang luas ini, memiliki kemegahan panorama bentang alam yang menakjubkan.  Bukit ini merupakan kombinasi panorama alam perbukitan dan Danau Toba yang tenang, yang dapat menghasilkan frame photo yang sangat menarik. Tidak hanya memberikan panorama yang menakjubkan, bukit ini juga menawarkan suasana yang menyegarkan.  Apalagi ketika Traveler ingin menikmati romantisnya sunset di bukit ini.  Senja yang menciptakan banyak siluet indah, perlahan meninggalkan frame fantastis, tenggelamnya sang surya diantara bukit hijau.

Mengukir Memori Indah di Bukit Holbung Samosir
Sunset, Selalu Menciptakan Suasana Romantis, Photo by @irmasinurat

Tak kalah cantiknya dengan suasana pagi hari yang penuh dengan gumpalan-gumpalan kabut tebal, bak gradasi awan-awan yang menakjubkan, menambah nilai eksotis panorama bukit ini. Menyatunya fenomena alam ini dengan keberadaan bukit-bukit kecil yang terletak di pinggiran Danau Toba, menciptakan kesempurnaan yang sangat menakjubkan dalam menikmati pemandangan pagi di Bukit Holdung.

Bukit Holbung juga menjadi inceran wisatawan untuk berkemah, menikmati alam terbuka lebih maksimal. Lokasi yang paling sering digunakan untuk berkemah biasanya puncak-puncak terdekat dari pintu masuk. Meski ada wisatawan juga yang mendirikan tenda di puncak terakhir.  Kebanyakan mereka berkemah untuk mengincar view sunset dan sunrise yang memang dikenal sangat indah ini.  Dari atas bukit ini, Traveler juga dapat menyaksikan keindahan alam, serta suasana kehidupan masyarakat setempat ditemani sunset yang mempesona ini.

Mengukir Memori Indah di Bukit Holbung Samosir
Sunrise, Menjanjikan Ketenangan Bathin, Photo by @fadliakbar

Perjalanan pendakian menuju Puncak Bukti Holbung memang cukup menguras tenaga dan waktu.  Untuk mencapai puncaknya, Traveler membutuhkan waktu sekitar 20 menit, dengan jalur melewati jalan setapak, bertemankan pemandangan ilalang di sisi kiri dan kanan.

Usia Ratusan Tahun

Bukit Holdung yang memiliki daya tarik penuh pikat ini, ternyata sudah berusia ratusan tahun.  Suguhan keindahan alam nan asri ini sudah ada sejak 200 tahun yang lalu, dan sampai saat ini keberadaannya masih tetap terjaga. Siapapun yang datang mengunjungi kawasan ini, dapat menenangkan dirinya, sambil menghirup udara segar,  menatap panorama alam yang menakjubkan, apalagi saat berada di puncak bukit.  Sungguh sangat mempesona!

Konon, menurut kepercayaan masyarakat setempat, siapa pun yang berhasil menginjakkan kakinya sampai ke puncak di bukit penghujung atau bukit ke delapan, maka perjalanan cinta orang tersebut akan lancar dan mulus, seperti mulusnya orang tersebut menapaki kaki di setiap bukit yang ada di Bukit Holdung ini.

Mengukir Memori Indah di Bukit Holbung Samosir
Mengukir Kenangan Indah di Bukit Holdung Samosir, Photo by RezkyRangkuti

Fasilitas disini cukup lengkap, seperti tersedianya tempat parkir kendaraan, keberadaan toilet yang letaknya berdekatan dengan pintu masuk, serta banyak warung-warung makanan yang menyajikan makan dan minum.  Sementara itu, tempat ibadah berada sekitar 15 menit dari lokasi wisata ini.

Nah Traveler, jangan lupa segera masukkan ke dalam list perjalanan wisata yang akan datang, menikmati keseruan dan mengukir memori indah di Bukit Holdung Samosir!(Niel / Thank’s to Rezky & Sakti)