Spot Foto Seru di Air Terjun Tukad Unda, Bali

Tiap Tingkat Menghasilkan Siluet Tirai nan Cantik

Spot Foto Seru di Air Terjun Tukad Unda, Bali
Banyak Spot Foto Seru yang dihasilkan, Photo by @pesonaid_travel

Satu lagi destinasi wisata yang seru dan asyik banget di Bali, yaitu bermain dan menciptakan spot foto sebanyak-banyaknya di Air Terjun Tukad Unda.  Objek wisata Tukad Unda terletak dalam kawasan Semarapura Kelod Kangin, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Klungkung, Bali.  Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat memikat hati, dengan komposisi air terjun bertingkat dua.  Jatuhnya air pada tiap tingkatan menghasilkan siluet tirai yang cantik.

Spot Foto Seru di Air Terjun Tukad Unda, Bali
Menciptakan momen-momen istimewa di objek wisata ini

Pastikan, jika Traveler singgah ke Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk dapat mengeksplore keindahan air terjun ini.  Objek wisata yang terkesan memiliki tirai panjang yang tertata rapi ini, menghasilkan banyak titik keindahan dan spot favorit untuk berfoto.  Dikelilingi oleh keindahan alam yang sangat menakjubkan,  seperti banyaknya pohon-pohon rindang di sekitar air terjun ini yang menciptakan udara sekitar sangat asri dan menyejukkan, serta indahnya pemandangan Gunung Agung yang menjulang tinggi pada posisi bagian utara air terjun, serta spot-spot keindahannya lainnya.  Kehadiran Air Terjun Tukad Unda menjadi satu oase tersendiri bagi wisatawan untuk menikmati objek wisata di Bali selain pantai dan gunung.  Tempat ini pun sering menjadi pilihan lokasi foto pre-wedding bagi pasangan calon pengantin, serta para kolektor penyuka swaphoto.

Spot Foto Seru di Air Terjun Tukad Unda, Bali
Siluet Tirai dua Tingkat yang Cantik

Air Terjun Tukad Unda sebenarnya adalah bendungan yang merupakan warisan dari zaman penjajahan Belanda, yang memiliki debit air yang sangat banyak dan deras, dimana air ini digunakan untuk mengaliri lahan pertanian warga sekitar. Tukad Unda Bali dibangun di salah satu sungai terbesar di pulau favorit wisatawan ini, yaitu Tukad Yeh Unda, Sungai Yeh Unda.  Tukad artinya sungai. Tukad Unda yang terletak dalam Kabupaten Klungkung Bali ini memiliki arti sungai yang airnya berlapis-lapis.  Air yang tergabung pada Tukad Yeh Unda merupakan gabungan dari beberapa air sungai seperti Tukad Didup, Tukad Telaga Waja, Tukad Palangan, dan lainnya yang terus mengalir sepanjang masa dengan debit yang cukup besar.

Objek wisata bendungan Tukad Yeh Unda Klungkung ini merupakan  tempat wisata yang paling mudah diakses, karena posisinya dekat dengan jalan raya, bahkan air terjun ini dapat dilihat dari atas jembatan yang menghubungkan antara Kota Klungkung dengan Kecamatan Dawan.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, Traveler hanya melakukan perjalanan dari Kota Denpasar selama sekitar 1,5 jam perjalanan, dengan menempuh jarak kurang lebih 62 kilometer.  Jika dari bandara Ngurah Rai, perjalanan memakan waktu kurang lebih satu jam dengan kendaraan bermotor, dengan jarak tempuh sekitar 44 kilometer.

Spot Foto Seru di Air Terjun Tukad Unda, Bali
Keseruan yang tak Ternilai Harganya, Photo by @davidlazarphoto

Jika tidak sedang turun hujan, air di sungainya kelihatan sangat indah dan jernih. Air terjun yang dibentuk oleh bendungan ini seperti sebuah tirai yang panjang disertai dengan deburan airnya, hal ini akan membuat Traveler betah berlama-lama berada di kawasan ini.  Yah, pesona Tukad Unda tak kalah menariknya dengan destinasi wisata di Bali yang terkenal akan keindahan, eksotis serta keromantisannya.  Menjadi meoment istimewa yang sangat imengesankan, saat Traveler menikmati semua spot keindahan di Air Terjun Tukad Unda.  Jangan lupa selalu mengambil foto  di tiap sudut keindahan objek wisata ini!(Puteri)