Menikmati Buka Puasa ala Menu Nusantara

Kembali Indonesiatraveler.id menyajikan aneka menu buka puasa ala menu nusantara. Yah, Indonesia dengan banyaknya kepulauan dan luasnya wilayah, menciptakan beragam masakan, dengan cita rasa masing-masing yang kelezatannya tak diragukan lagi.

Pakat

Selama bulan Ramadhan, Traveler mudah menemui menu masakan Pakat di kota Medan. Pakat merupakan hidangan buka puasa andalan warga yang tinggal di Sumatera Utara. Makanan ini berasal dari pucuk muda tanaman rotan dan dibumbui dengan santan. Disajikan sebagai menu takjil sebelum menyantap makanan berat, namun terkadang juga dimakan sebagai lalapan yang dicocol dengan bumbu halus dan seporsi nasi hangat.

Gulai Kakuwah

Ramadhan telah tiba, masyarakat Bengkulu pun memiliki khas dalam menyambut bulan puasa ini. Sajian masakan khasnya yaitu Gulai Kakuwah, menjadi menu terlaris selama bulan suci ini. Yah, masyarakat Kabupaten Mukomuko, Bengkulu menghidangkan gulai kakuwah untuk santapan berbuka maupun sahur. Masakan yang dibuat dengan santan dan bumbu kuning ini terasa sangat lezat dan semakin nikmat dengan daging ikan yang lembut. Uniknya, Gulai kakuwah disajikan tidak dengan banyak kuah seperti hidangan gulai pada umumnya, melainkan hanya sedikit kuah saja.

Mie glosor
Mie glosor

Mie Glosor

Mie glosor asal dari Bogor ini sangat populer terutama disajikan sebagai menu berbuka puasa. Dengan tekstur licin, sedikit kenyal, serta berwarna kuning terang, mie glosor memiliki tekstur berbeda dari mie lainnya, karena terbuat dari adonan tepung kanji atau aci yang dicampur kunyit. Saat disantap, Mie Glosor ini disajikan dengan kuah sambal kacang yang rasanya pedas. Mie glosor ini biasanya dimakan bersama gorengan seperti bakwan atau tempe dan kerupuk.

Menu Buka Puasa,
Gulai Siput

Gulai Siput

Gulai siput yang menjadi hidangan berbuka khas dari Tanjungpinang, Kepulauan Riau ini patut dicoba! Gulai berbahan utama siput sawah dengan sajian kuah kuning ini dibuat bersama campuran daun ubi. Disajikan dengan seporsi nasi hangat akan menambah selera berbuka puasa. Gulai siput menjadi makanan favorit karena rasanya yang lezat, unik, serta cepat mengembalikan stamina tubuh yang hilang setelah berpuasa.

Menu Buka Puasa, Asida
Asida

Asida

Makanan satu ini merupakan panganan khas Maluku yang hanya ada di Bulan Ramadhan. Terbuat dari terigu dan gula merah, mentega yang dicairkan serta tambahan kapulaga, daun pandan, dan kayu manis. Panganan yang berasal dari Arab dengan cita rasa manis dan kenyal ini mirip seperti dodol. Rasa manis gurihnya ini memang cocok jadi menu buka puasa.(Nil/Berbagai Sumber)

Subscribe

Related articles

Tradisi Unik Saat Ramadhan di Pontianak

Bulan Ramadhan merupakan satu dari dua belas bulan hijriah yang paling...

Pengalaman Denny Sumargo Hampir Dijemput Maut Saat Traveling

Aktor Denny Sumargo (35) memiliki hobi melakukan jalan-jalan (traveling),...

Kue Khas Aceh Cocok Disajikan untuk Takjil Buka Puasa

Masih bingung mau buka puasa pakai apa? Nah, kue...

Dubai sambut Ramadhan di bawah Sengatan Matahari

Kehidupan di Dubai bisa dikatakan berhenti selama siang hari...

Wisata Religi di Masjid Al Jabbar Bandung

Anda mungkin sudah tidak asing dengan nama masjid yang satu ini...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here