Menikmati Dinginnya Air di Air Terjun Takapala

Salah satu wisata alam yang cukup asyik dan sayang dilewatkan di daerah Kabupaten Gowa ini adalah, menikmati kemegahan dan keseruan Air Terjun Takapala.  Air terjun yang berada dalam kawasan Kabupaten Gowa ini, terkenal dengan air terjun seribu tangga.  Kawasan ini dibalut dengan kesejukkan udara yang begitu menyegarkan serta panorama alamnya yang menakjubkan.

Air Terjun Takapala memiliki ketinggian air jatuh sekitar 109 meter dan dibawahnya terdapat sebuah kolam yang cukup luas yaitu 30 meter dengan kedalaman mencapai 10 meter.  Air terjun ini memiliki debit air yang sangat besar, terutama ketika musim penghujan tiba. Curahan air dengan volume besar tersebut, secara alami membentuk sebuah kolam yang dapat digunakan pengunjung untuk berenang dan bermain air.

Menikmati Dinginnya Air di Air Terjun Takapala
Sensasi kenikmatannya luar biasa, Photo by @nnahrisna

Kolam alami yang ada di bawah Air Terjun Takapala ini, merupakan tempat berenang yang sangat menyegarkan. Air di laguna ini cukup dingin, namun tak menghalangi para pengunjung untuk terjun dan berenang.  Namun perlu diperhatikan, bahwa kolam alami ini memiliki kontur yang tidak merata. Ada bagian yang dangkal tapi ada juga yang cukup dalam.  Sebaran bebatuan yang ada di sisi air terjun tertata begitu mengagumkan. Traveler dapat turun ke bawah untuk mandi namun tidak disarankan berenang hingga ke bagian tengah, karena terkadang batu-batu ini bisa jatuh kapan saja. Larangan lainnya yaitu Traveler tidak boleh masuk ke kolam terlalu jauh, hal ini untuk menghindari tekanan air.

Yah, tekanan air oleh air terjun yang memiliki ketinggian setinggi 100 meter lebih ini sangat besar. Jika salah mengambil posisi di bawah air dan tertekan di bawah guyuran, bisa kesulitan untuk naik ke permukaan. Biasanya peringatan ini diumumkan pada saat musim hujan, dimana debit air jatuh sangat besar.

Menikmati Dinginnya Air di Air Terjun Takapala
Debit airnya sangat deras, menimbulkan percikan embun disekitarnya

Nah, untuk mencapai lokasi air terjun ini, Traveler terlebih dahulu harus menapaki tangga sejumlah kira-kira 1000 tangga.  Itulah makanya air terjun ini dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Seribu Tangga.  Tangga tersebut tak terlalu curam, tetapi jumlahnya yang banyak ini cukup melelahkan juga. Namun, meski agak menguras keringat, dengan menyusuri jalan setapak ini akan memberikan pengalaman berbeda. Sensasinya lebih asyik, karena di sepanjang lintasan jalan kaki ini, hamparan pohon rindang di kanan kiri tangga menyejukkan pandangan mata.  Irama alam suara-suara burung menambah keteduhan suasana.

Kawasan sekitar Air Terjun Takapala sangat khas dengan suasana pedesaan yang asri serta dikelilingi pepohonan yang menyelimuti perbukitan. Dikelilingi perbukitan khas dataran tinggi serta hutan-hutan lebat, menciptakan suasana di sekitar air terjun ini semakin sejuk dan asri.

Menikmati Dinginnya Air di Air Terjun Takapala
Dari kejauhan panorama air terjun sudah terlihat, Photo by @wldjrny

Air Terjun Takapala masih berada dalam kawasan Malino, satu kawasan dengan Malino Highlands. Tepatnya berada di Desa Bontolerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Lokasi ini hanya berjarak 6 km saja dari Kota Malino.  Kawasan Kota Malino terkenal dengan kesejukannya karena kota ini selalu disinggahi kabut yang selalu menghiasi pepohonan pinus, bahkan kota ini mampu mencapai suhu 10 derajat celsius.

Kota Malino berjarak 80 kilometer dari kota Makassar. Jika menuju lokasi ini, Traveler harus melalui jalan berliku dan menanjak, hal ini menambah adrenalin meningkat.  Sebelum tiba di lokasi air terjun, Traveler terlebih dahulu melawati gerbang dan membayar karcis masuk objek wisata air terjun ini.

Menikmati Dinginnya Air di Air Terjun Takapala
Suasana sekitar sangat asri dan sejuk, Photo by takapalawaterfallofficial

Rute untuk mencapai lokasi Air Terjun Takapala ini, Traveler dapat memilih untuk menaiki angkutan umum atau pribadi.  Untuk pengguna kendaraan pribadi dapat mengandalkan aplikasi Maps agar mempermudah akses perjalanan yang ditempuh. Bagi yang ingin menggunakan kendaraan umum, bisa mulai berangkat dari terminal Mallengkeri, Makassar. Pilih jurusan ke Terminal Sungguminasa, lalu lanjutkan perjalanan dengan angkot menuju Malino.

Fasilitas di kawasan wisata Air terjun Takapala ini cukup lengkap. Selain area parkir yang memadai, Traveler juga tidak akan bingung untuk mencari tempat makan di sekitar objek wisata ini, karena beragam pilihan warung makan tersedia disana.  Bahkan, bagi yang ingin menginap, tersedia penginapan dengan harga lumayan terjangkau.(Adhit)

Subscribe

Related articles

Tradisi Unik Saat Ramadhan di Pontianak

Bulan Ramadhan merupakan satu dari dua belas bulan hijriah yang paling...

Pengalaman Denny Sumargo Hampir Dijemput Maut Saat Traveling

Aktor Denny Sumargo (35) memiliki hobi melakukan jalan-jalan (traveling),...

Kue Khas Aceh Cocok Disajikan untuk Takjil Buka Puasa

Masih bingung mau buka puasa pakai apa? Nah, kue...

Dubai sambut Ramadhan di bawah Sengatan Matahari

Kehidupan di Dubai bisa dikatakan berhenti selama siang hari...

Wisata Religi di Masjid Al Jabbar Bandung

Anda mungkin sudah tidak asing dengan nama masjid yang satu ini...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here