Menikmati Gemericik Air Terjun Suhom

Panorama hijaunya pegunungan berpadu dengan keindahan pantai, menjadi satu bingkai keindahan lukisan alam yang menakjubkan.

Air Terjun Suhom
photo by geopark_aceh

Berdiri di bawah air terjun dan membiarkan airnya mengguyur badan, menikmati jatuhnya air kesekujur tubuh, salah satu cara untuk bisa menghilangkan kejenuhan. Salah satu lokasi air terjun yang mengasyikkan ini yaitu Air Terjun Suhom, Aceh. Terletak di Desa Kreung Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Air Terjun Suhom
photo by mhdzakaria27

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Suhom, Traveler harus menempuh jarak sekitar 75 kilometer atau memakan waktu selama 2 jam perjalanan dari pusat Kota Aceh. Perjalanannya memang melelahkan, tetapi kondisi jalan rayanya bagus dan sudah beraspal. Namun demikian, Traveler tetap harus berhati-hati, karena ada beberapa tanjakan-turunan ekstrim serta tikungan-tikungan tajam. Selama perjalanan, traveler akan dimanjakan oleh pemandangan di sekitarnya. Panorama hijaunya pegunungan berpadu dengan keindahan pantai, menjadi satu bingkai keindahan lukisan alam yang menakjubkan.

Air Terjun Suhom
photo by ayodolan

Lokasinya memang tersembunya di balik pegunungan, tetapi dari jarak 100 m Air Terjun Suhom sudah terdengar gemericik-gemericik air yang jatuh ke bebatuan. Ketika sampai di lokasi, rasa lelah perjalanan itu akan dibayar lunas oleh panorama air terjun yang menawarkan suasana asri dan alami. Air Terjun Suhom mempunyai tinggi sekitar 50 m, dikelilingi oleh tebing-tebing dan pepohanan rindang yang menambah suasana semakin nyaman. Udara di sini sangat segar, tidak tercemar polusi karena jauh dari hiruk pikuk kota. Di sekitar air terjun ini terdapat bebatuan besar yang bisa traveler gunakan untuk duduk santai menikmati panoramanya. Selain itu ada juga kolam sedalam 2 m, traveler bisa berenang menikmati kesegaran airnya disana.

Air Terjun Suhom
photo by tentangliburan

Jika traveler berkunjung bersama keluarga, sangat disarankan anak-anak untuk tidak berenang di kolam tersebut. Anak-anak bisa berenang di sungai yang menjadi terusan air terjun, sungainya dangkal sehingga aman untuk anak-anak. Selepas berenang atau bagi traveler yang enggan berbasah-basahan, bisa menyewa tikar, duduk sangtai menikmati debur suara gemuruh air terjun sambil mencicipi makanan dan minuman, khususnya kopi aceh di warung yang ada di sekitar air terjun.

Selain itu, pada musim tertentu lebih tepatnya pada bulan Desember-Januari, di sini banyak penjual durian yang bisa traveler coba sembari menikmati gemericik air terjun. Fasilitas yang ada di sini cukup memadai, diantaranya adalah tempat parkir luas, ruang bersih-bersih, ruang ganti, toilet, dan masjid yang lokasinya tidak jauh dari Air Terjun Suhom.

Air Terjun Suhom menjadi tempat wisata alternatif karena tiket masuknya hanya Rp5 ribu per orang dan sudah termasuk biaya parkir. Biaya yang murah untuk menikmati sejuta keindahan alamnya. (AS/IPG)