Menikmati Indahnya Gunung Gede

Gunung Gede merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian mencapai 2.958 Mdpl.

Gunung Gede menawarkan pesona alam yang begitu indah. Kawasan wisata ini menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Gunung Gede merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian mencapai 2.958 Mdpl. Gunung yang terakhir meletus di tahun 1957 ini terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi Jawa Barat.

Banyak spot-spot asyik yang bisa dinikmati di area Gunung Gede ini. Akan tetapi Gunung Gede saat ini tidak boleh dikunjungi karena Kegiatan wisata pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ditutup selama tiga bulan sejak 31 Desember 2019 hingga 31 Maret 2020. Penutupan ini dalam rangka pemulihan ekosistem, kegiatan operasi bersih, dan mengantisipasi cuaca ekstrem.

Namun demikian, seru juga jika Traveler tahu terlebih dahulu info beberapa objek wisata di Gunung Gede yang layak untuk disinggahi.

Flora & Fauna

Begitu memasuki area Gunung Gede, tangga bebatuan tertata rapi menyambut para pendaki sejak persiapan pendakian. Rimbun pohon tropis mendominasi sepanjang perjalanan, baik yang rendah maupun yang tinggi-tinggi. Hijau, kuning dan coklat, sungguh kombinasi sempurna keindahan alam sejati. Lumut hijaupun sering dijumpai menempel pada bebatuan dan batang pohon yang tak tersinari matahari. Kawasan seluas 22.851,03 hektar ini, menyimpan keragaman hayati hutan hujan tropis pegunungan. Ia didominasi pohon raksasa, rasamala. Di hutan ini juga ada kantong semar, anggrek dan beragam tumbuhan lain. Gunung Gede juga memiliki fauna yang hampir punah, seperti Owa Jawa, Surili, Lutung dan Elang Jawa. Sungguh, apabila bertemu mereka akan menjadi sebuah keberuntungan.

Telaga Biru

Selain memiliki air yang jernih, warna dari telaga satu ini juga sangat biru hingga membuat banyak orang ingin berendam di sana. Karena warna airnya pula, Situ Cicerem lebih dikenal dengan nama Telaga Biru Cicerem.

Curug Cibereum

Tinggi Curug Cibeureum ini mencapai 60 meter, dan merupakan air terjun tertinggi yang dapat dikunjungi para wisatawan di dalam kawasan konservasi TNGGP. Lokasinya berada pada ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut (mdpl). Untuk masuk ke obyek wisata Curug Cibeureum yang berada di kawasan konservasi ini para pengunjung harus memiliki surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) dengan membayar tiket dan asuransi. Tiket libur dan Sabtu-Minggu Rp 18.500 untuk hari biasa Rp 16.000.

Air Panas

Gunung Gede memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Termasuk Pemandian Air Panas yang terletak di Cisolok, Sukabumi. Geyser Cisolok ini menawarkan air panas sebagai sajian utamanya dengan keindahan yang begitu mempesona. Selain itu, udara sejuk juga menambah kenyamanan tersendiri bagi Traveler yang tengah berkunjung ke sana.

Alun-alun Suryakencana

Area alun-alun Surya Kencana luasnya kurang lebih 50 hektar. Area ini biasanya menjadi lokasi nge-camp para pendaki, sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Gede. Dengan ketinggian 2750 MDPL yang berlokasi tepat di dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Alun-alun ini berada di tiga kabupaten sekaligus, yakni Bogor,
Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat.

Area luas ini tidak berupa tanah lapang kosong begitu saja. Keindahan panorama Surya Kencana dikelilingi barisan bukit-bukit hijau nan cantik. Area ini juga merupakan surganya tanaman edelweis yang bisa menjadi spot foto terbaik bagi traveler pencinta fotografi, apalagi bagi yang suka berselfi ria. Hmmm….kerreeen abis!!(Dian/Nil)