Menikmati Kelezatan Kacimuih, Makanan Tradisional Minangkabau

Teksturnya Lunak dan Rasanya Gurih

Kacimuih, Minangkabau
Kacimuih dengan selera taburan gula merah diatasnya

Masakan Padang memang selalu jadi kesukaan banyak orang.  Ragamnya banyak, rasanya pun lezat dan sellau mengundang selera. Mulai dari gule, rendang, balado dan lainnya.  Selain menu masakan berat, jajanan pasarnya pun juga mengundang selera untuk dicoba. Seperti jajanan satu ini, Kacimuih.  Kacimuih merupakan jajanan tradisional orang Minangkabau yang dibuat dari singkong yang dicampur dengan kelapa parut serta taburan gula diatasnya, untuk menambah rasa. Gula yang dipakai bisa gula pasir maupun gula merah.

Kacimuih, Minangkabau
Kacimuih dengan selera taburan gula pasir di atasnya

Kacimuih memiliki tekstur yang lunak dengan rasa yang gurih.  Ada dua pilihan rasa, yaitu taburan gula putih atau gula pasir dan satu lagi taburan gula merah.  Sesuai selera rasa yang mana yang ingin dimakan.  Sungguh, paduan rasa singkong dan kelapa parut ini sangat lezat dan baik di lambung.

Kelezatan kacimuih tak diragukan lagi.  Paduan rasa gurih singkongnya dengan kelapa parut yang menyatu dengan campuran gula pasir atau gula merah diatasnya ini, benar-benar menggugah selera.  Sensasi kenikmatan tak terkira dari tekstur tiap kunyahan yang dirasa, dengan krenyes-krenyes saat berada dalam mulut, membuat siapa pun yang menikmati sajian kudapan ini merasa begitu asyik dan menyenangkan.

Kacimuih, Minangkabau
Rasanya gurih dan sangat lezat

Kacimuih yang terbuat dari bahan dasar singkong dan diberi campuran parutan kelapa sangat mudah dimasaknya. Cukup sediakan singkong, lalu dikupas kemudian dibersihkan lalu  singkong diparut kasar dan dikukus hingga singkong betul-betul matang. Setelah matang, satukan singkong dengan parutan kelapa dan gula pasir, lalu aduk, setelah itu baru dibentuk dengan cetakan.  Khusus untuk menikmati Kacimuih dengan gula aren memang sedikit menyita waktu. Karena parutan kelapanya harus dimasak terlebih dahulu bersama gula aren yang telah dicairkan, kemudian baru diletakkan di atas singkong yang telah matang.

Nah, bagi Traveler pecinta kuliner, jika berkunjung ke Kota Padang jangan lupa untuk mencicipi kue yang satu ini.  Meskipun keberadaan kue khas Padang ini mulai sulit ditemukan, tapi di beberapa pasar tradisional, khususnya di Kota Bukittinggi masih banyak yang menjualnya. Harganya pun sangat terjangkau.

Kacimuih, Minangkabau
Pengganjal di kala lapar melanda

Makanan kacimuih juga disebut sebagai makanan yang sangat sehat, karena bahan-bahan yang digunakan mengandung beragam gizi seperti serat, magnesium, vitamin C dan asam lemak. Selain itu, singkong dan parutan kelapanya juga bermanfaat untuk menambah energi dan semangat.   Untuk kalangan masyarakat Minangkabau, kuliner satu ini sering berfungsi menjadi makanan yang disantap guna menghilangkan rasa lapar sementara.(Adhit)