Menikmati Keseruan di Air Terjun Pinang Seribu

Panorama Sekitar dan Wahana Permainannya Menjadi Daya Tarik

Menikmati Keseruan di Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Berundak-undak, Photo by @ronnie_syahranie

Air Terjun Pinang Seribu merupakan salah satu objek wisata alam yang cukup populer di Kota Samarinda.  Kawasan wisata ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, karena banyak fasilitas penunjang lainnya, seperti area permainan dengan danau buatan, ada sepeda air atau becak air, tembusan air terjun, dan jembatan gantung yang panjangnya sekitar 15 meter, juga beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai sambil melihat keindahan alam yang ditawarkan air terjun pinang seribu.  Yah,  aktivitas wisata di sini sangat seru!

Menikmati Keseruan di Air Terjun Pinang Seribu
Jematan Gantung, salah satu fasilitas pemikat

Air Terjun Pinang Seribu merupakan sebuah air terjun dengan tingkat ketinggian jatuhnya air yang tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 5 meter dengan kemiringan 45 derajat, serta view panorama alam sekitarnya berupa bebatuan besar yang sangat mendominasi.  Di tempat wisata ini juga terdapat tebing dengan celah yang cukup besar, dengan diameter sekitar 2 meter. Sehingga cukup digunakan untuk bermain air. Jika Traveler ingin menaiki ke atas bebatuan tersebut, harus berhati-hati karena banyaknya lumut di sekitar pijakan kaki.

Menikmati Keseruan di Air Terjun Pinang Seribu
Indahnya mendengar gemericik air terjun, Photo by @jscdesy

Air Terjun Pinang Seribu memiliki air yang sangat jernih, meski sesekali pada waktu-waktu tertentu kondisi airnya berubah kecoklatan, karena arus airnya sangat deras jika di musim hujan, namun hal tersebut tidak mengurangi keindahan alam yang tersaji di kawasan ini. Arus air ini tidak langsung jatuh pada kolam dibawahnya, melainkan mengalir melalui undakan-undakan bebatuan di sepanjang jalur air jatuh. Terkesan air terjun ini seperti bertangga-tangga.  Karena Air terjun ini memiliki banyak undakan atau anak tangga, hal inilah yang menjadi sebutan nama pinang seribu.

Menikmati Keseruan di Air Terjun Pinang Seribu
Deretan Gazebo, tempat menikmati panorama sekitar

Kolam yang ada di air terjun ini memang tidak terlalu dalam, bahkan tergolong cukup dangkal. Meskipun demikian, Traveler tetap harus tetap berhati hati saat bermain di sekitar kolam. Pasalnya, di dasar kolam terdapat pusaran air. Pusaran air tersebut dapat membahayakan jika tidak mahir berenang, karena bisa terseret arus dan terjebak dalam pusaran tersebut.

Indahnya alam sekitar air terjun ini juga menjadi salah satu daya tarik agar wisatawan banyak datang berkunjung.  Panorama alam sekitar berupa pepohonan begitu mendominan area ini, hijaunya pepohonan yang berada di atas air terjun, juga di samping kiri kanan air terjun, menciptakan keteduhan serta kesejukan udara sekitar.

Menikmati Keseruan di Air Terjun Pinang Seribu
Danau buatan, salah satu fasilitas penunjang

Air Terjun Pinang Seribu terletak di Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Dari pusat Kota Tepian, julukan Kota Samarinda, hanya berkisar 12 kilometer dan akan memakan waktu perjalanan sekitar 15 – 20 menit. Untuk sampai ke air terjun ini, Traveler harus melewati perkampungan warga sampai ke ujung jalan Pinang Seribu.

Selanjutnya, perjalanan akan melewati jalan yang cukup terjal, dengan pemandangan sawah dan tebing yang cukup tinggi. Meskipun akses menuju lokasi agak sulit, namun perjalanan tidak akan terasa , karena teralihkan dengan suara gemericik air yang jatuh ke sungai, ditambah hamparan alam yang hijau di daerah Bengkuring.(Puteri)