Pantai Melawai, Destinasi Wisata Asyik di Kota Balikpapan

Sunset Terindah di Balikpapan

Pantai Melawai, Destinasi Wisata Asyik di Kota Balikpapan
Menikmati senja nan eksotis, Photo by @ vtnvtsr

Satu lagi keindahan alam yang luar biasa indah yang ada di bumi Kalimantan Timur, yang harus di eksplore keberadaannya, yaitu Pantai Melawai.  Destinasi wisata satu ini, benar-benar menjanjikan keteduhan hati bagi siapa pun  yang datang ke tempat ini.  Pesona keindahan Pantai Melawai sudah terkenal dimana-mana.  Dengan menyajikan pemandangan alam yang indah khas Balikpapan ini, Pantai Melawai merupakan salah satu ikon kota Balikpapan.  Sajian hamparan pasir pantainya tidak seperti pantai-pantai lainnya, pantai ini banyak menyajikan pemandangan berupa air laut yang bergandeng mesra dengan bebatuan karang pada dasar pantainya.  Sehingga tidak cocok untuk berenang atau menyelam.

Pantai Melawai, Destinasi Wisata Asyik di Kota Balikpapan
Pulau Babi ketika air pasang

Pantai Melawai memang bukan pantai berpasir putih, melainkan pantai yang tepi lautnya banyak karang dan diberi batas tembok beton.  Banyak pengunjung yang duduk – duduk di bibir pantai yaitu di atas tembok beton ini.  Lalu lalang kapal-kapal tanker, kapal penumpang serta kapal boat menjadi pemandangan yang mengasyikkan.  Pantai Melawai juga memiliki keunikan lainnya, yaitu adanya 2 buah pulau kecil yang tampak jelas dari tepi pantai, Pulau Babi dan Pulau Tukung.  Apabila air sedang surut, Traveler dapat berjalan-jalan di pasir pantai hingga ke Pulau Babi ini.  Namun, apabila air laut mulai pasang, harus segera meninggalkan Pulau Babi, karena ketika air pasang, pulau itu akan dikelilingi air laut hingga pinggiran Pantai Melawai.

Pantai Melawai, Destinasi Wisata Asyik di Kota Balikpapan
Menikmati kuliner Balikpapan di tepi pantai, Photo by @bpp_kece

Posisi Pantai Melawai agak menjorok di teluk kecil sehingga membuat pantai ini memiliki spot keindahan dalam moment sunsetnya. Yah, Pantai Melawai merupakan spot sunset terbaik di Balikpapan. Traveler dapat melihat keindahan sunset di ujung dengan lebih jelas dan leluasa tanpa adanya penghalang. Biasanya para pengunjung menikmati keindahan senja di bibir Pantai Melawai ini sambil duduk di atas tikar.  Keindahan sunset pun semakin sempurna dengan kehadiran kapal – kapal yang sedang berlabuh.  Sungguh, sunset di Pantai Melawai sangat diyakini merupakan salah satu yang terbaik di Kalimantan.

Pantai Melawai, Destinasi Wisata Asyik di Kota Balikpapan
Sepanjang Jalan Pantai Sajian Kulinernya Menggoda, Photo by @adifarizi_03

Selain sajian keindahan alamnya yang begitu menakjubkan, Pantai Melawai juga terkenal dengan sajian beragam kulinernya.  Di sepanjang jalanan pantai, Traveler banyak menemukan kafe yang menjual aneka makanan dan minuman.  Juga jajanan yang dibawa dengan gerobak, turut mewarnai wisata kuliner di tepi pantai ini.  Mulai dari jajanan ringan sampai berat, semua tersaji disini.

Pantai Melawai, Destinasi Wisata Asyik di Kota Balikpapan
Sunset yang begitu Menggoda, Photo by @chirs13jkt

Pantai Melawai merupakan pantai utama di sepanjang jalan Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai ini terletak di antara Pelabuhan Semayang Balikpapan dan Teluk Banua Patra. Akses menuju lokasi pantai ini sangat mudah dan strategis.  Pantai ini tidak jauh dari pusat kota Balikpapan sehingga tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Jika Traveler  mengunjungi pantai ini dari pusat kota, maka harus menempuh jarak sekitar 3 kilometer dengan waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 15 menit.(Adhit)