Menikmati Ke’seru’an di Blue Lagoon Jogja

Keindahan Warna Airnya Biru Eksotis

Blue Lagoon Jogyakarta
Memanjakan Para Pengunjung, Photo by photoparseDotblogspotDotcom.j

Indonesia juga punya destinasi wisata bernama Blue lagoon, lho!  Kolam alami dengan keindahan warna airnya yang biru eksotis,  memanjakan para pengunjung untuk asyik bermain air dan berendam disini. Sensasi kesegaran alami benar-benar membuat siapa pun yang datang jadi ketagihan.  Menjadi tempat relaksasi, membuang segala kepenatan dan rutinitas yang menjemukan dengan air bening Blue Lagoon ini yang menyegarkan.  Yah, ini Blue Lagoon yang berada di Jogyakarta, bukan di Iceland!

Blue Lagoon Jogyakarta
Suasananya nan Asri dan Alami

Blue Lagoon atau nama sebelumnya dikenal dengan sebutan Tirta Budi, merupakan tempat pemandian alami yang memiliki keunggulan di suasananya.  Yah, suasana disini benar-benar asri dan nyaman, masih dalam suasana alami pedesaan, dengan pemandangan yang sejuk dilihat.  Dan Blue Lagoon ini terbentuk juga secara alami.  Bentuknya berupa ceruk atau kedung yang dikelilingi bebatuan alami di sekitarnya. Lokasinya yang terletak di Desa Dalem dimana desa tersebut memang tak pernah kekurangan air bahkan air disini selalu melimpah.

Bisa dikatakan bahwa Blue Lagoon berasal dari sumber mata air langsung, dimana sumber mata airnya muncul dari permukaan tanah ke dalam kolam.  Kalau dilihat dari kasat mata, dalam kolam akan terlihat gelembung-gelembung kecil yang keluar dari dalam tanah.

Blue Lagoon Jogyakarta
Gerbang menuju kolam

Blue Lagoon terbentuk dari air yang berasal dari sendang yang berkumpul kemudian membentuk sebuah kedung. Di desa ini terdapat tiga sumber mata air yang menjadi tumpuan hidup masyarakat setempat, sumber mata air tersebut diberi nama Sendang Lanang (putra), Belik Kluwih dan Sendang Wadon (putri).  Sendang Wadon merupakan pemandian yang khusus untuk wanita. Pemandian ini berupa kolam kecil yang berada di sebuah bilik.

Sementara itu, letak Belik Kluwih dan Sendang Lanang tak jauh dari Sendang Wadon. Bentuknya berupa pancuran yang airnya berasal dari dinding tepi kali. Ketiga sendang ini berasal dari aliran sungai Tepus. Bila air Sendang Lanang berkumpul membentuk kolam kecil, air Belik Kluwih justru membentuk kedung dengan air yang sangat jernih dan hingga bagian dasarnya terlihat.

Meskipun tempat ini sudah sejak lama berada, namun mulai pertengahan tahun 2014 lalu, tempat ini baru ramai dikunjungi banyak wisatawan.  Blue Lagoon yang berlokasi di Desa Dalem, Widodomartani, Ngempak, Sleman Jogyakarta ini, menjadi alternatif rekreasi alam yang sangat mempesona.  Dengan kondisi alamnya yang masih alami, serta didukung dengan suasana pedesaan yang asri ditambah teduhnya pepohonan rimbun yang ada di sekitarnya, menambah nyaman lokasi ini untuk dikunjungi.

Relaksasi yang menyenangkan, photo by-SewaMotorJogya

Fasilitas kenyamanan lainnya sudah lengkap, ada gazebo, toilet yang terawat, musholla, warung-warung makanan bahkan tempat menyewakan ban, pelampung dan peralatan renang lainnya sudah tersedia disini.

Selain berendam atau berenang, aktivitas lainnya yang bisa dilakukan disini adalah piknik disekitaran tempat wisata Blue Lagoon ini.  Apalagi, dengan keberadaan gazebo bisa dimanfaatkan untuk beristirahat, berleha-leha, menikmati suasana asri yang menyejukkan ini. Banyak spot foto yang asyik untuk menambah koleksi photo-photo di sosial media, lho!

Akses menuju  Blue Lagoon tidak terlalu sulit. Dari pusat Kota Jogja, Traveler cukup menyusuri Jalan Kaliurang. Begitu bertemu pertigaan Besi – Jangkang (Jalan Kaliurang Km 13), belok kanan dan ikuti jalan raya hingga Pasar Jangkang. Dari pertigaan Pasar Jangkang ambil arah kanan sekitar 100 meter dan ikuti petunjuk arah yang menuju Blue Lagoon.(Rafa)