Kuliner Khas Australia yang Melekat di Hati

Lezat dan Selalu Nikmat

Kuliner Khas Australia
Anggur, Minuman Favorit di Australia, photo by Tourism Tasmania

Selain Autralia terkenal dengan hewan kangurunya, kelezatan makanan khas negara satu ini juga cukup ngetop, lho!  Punya deretan minuman khas mendunia, salah satunya anggur. Dan berbagai jenis makanan yang lezatnya cukup viral, yang wajib kita tengok.

Berikut ini, beberapa makanan khas Australia yang membuat banyak wisatawan selalu mencicipi tiap kali berkunjung ke Australia.  Yuk, kita simak!

Anggur

Australia memiliki ribuan hektar perkebunan anggur.  Menyegarkan diri dengan segelas anggur merah di Barossa Valley atau menelusuri kebun anggur di Adelaide Hills, membuktikan bahwa anggur Australia benar-benar menakjubkan.  Di setiap negara bagian, pasti ada kilang anggur serta perkebunannya.

Seperti di  Margaret River, yang dapat dicapai dengan tiga jam berkendara ke selatan Perth.  Tempat ini merupakan kawasan anggur paling terkenal di negara bagian ini. Cullen Wines, merupakan perkebunan yang luas, menawarkan aktivitas mencicipi anggur ala kadarnya dan Pengalaman Kuliner dan Anggur.  Di Vasse Felix, setiap aspek pembuatan anggur dikendalikan di dalam lahan Vasse Felix estate. Kunjungi ruang cicip anggur untuk mencoba satu pilihan, atau mendaftar untuk mengikuti wisata pencicipan secara lengkap di khazanah eksklusif ini. Jangan lewatkan wisata yang sama menariknya di ruang cicip anggur Leeuwin dan Voyager Estate.

Kuliner Australia
Kue Lamington yang Legend

Kue Lamington

Cake lembut asal Australia yang berciri khas lapisan cokelat dan taburan kelapa kering ini, salah satu kue favorit dan kue yang sangat legendaris.  Teksturnya sangat lembut seperti sponge, halus yang dilapisi coklat,  lalu ditutup dengan parutan kelapa kasar, begitu kental di mulut dan rasanya lezat luar biasa. Perpaduan rasa coklat dengan bolu halus dan parutan kelapa ini, menciptakan rasa manis dan gurih yang nikmat pada kue tersebut.

Saat ini, sudah banyak variasi yang digunakan warga Australia untuk membuat kue ini, mulai dari lapisan polos (tanpa isi), hingga diselipkan rasa strawberry atau lainnya.  Tapi yang pasti, semuanya tetap sangat lezat dan ‘nendang’ di lidah!

Kuliner Australia
Kue Pavlova yang menjadi favorit

Pavlota

Pavlova merupakan kue busa atau kue meringue dalam bahasa Inggris, yang rasa dan teksturnya sangat ringan dan lembut di dalamnya. Meringue sendiri merupakan makanan pencuci mulut tradisional Prancis yang terbuat dari putih telur kocok dan beberapa bahan tambahan.  Kue ini dilapisi dengan cream lalu diatasnya ditambah dengan buah segar seperti kiwi, stroberi, markisa, atau blueberry.

Kue ini sangat populer di Australia dan disukai semua kalangan. Apalagi lapisan luar yang renyah dan ketika digigit didalamnya sangat lembut, membuat banyak orang jatuh cinta pada kue Pavlota ini.  Irisan buah di atasnya membuat kesegaran berbeda saat mencicipinya.

The Lot

The Lot merupakan burger, yang juga makanan khas Australia.  Resepnya unik dan beda denganburger dari negara-negara lainnya. Resep rahasia The Lot ini adanya beetroot atau akar bit, irisan nanas dan telur ceplok setengah matang. Hal inilah yang membedakan The Lot dengan burger dari negara lainnya, yang hanya disajikan dengan daging, irisan tomat, keju, dan selada.

Kuliner Australia
The Lot, Burger Khas Australia

Meat Pie

Pie di Indonesia lebih sering dijumpai berisi buah, kacang atau susu dengan rasa manis yang mendominasi.  Berbeda dengan negeri Kanguru ini, di Australia Pie paling populer adalah pie yang berisikan daging. Jangan bayangkan pie isi daging yang besar, di Australia pie ini dibuat dengan ukuran lebih kecil seukuran cupcake.

Selain diisi daging cincang di dalamnya, pie juga diisi dengan campuran jamur dengan jamu keju. Meat Pie ini banyak di jual di pub, atau toko roti yang ada di Australia, jadi Traveler tidak akan kesulitan jika mencari pie daging. Cobalah datang ke Cowper Wharf Road atau Harry’s Cafe de Wheels untuk mencicipi Meat Pie asli Australia.

Pie daging dianggap ikon di Australia maupun Selandia Baru. Pie daging disebutkan sebagai salah satu makanan nasional untuk kedua negara tersebut.

Steak Kanguru

Steak kanguru tidak jauh berbeda dengan steak pada umumnya. Hanya saja bahan baku utamanya ialah daging kanguru. Daging hewan berkantung ini dirasakan sedikit manis dengan tekstur yang tidak kalah lembut dengan daging sapi.  Menikmati steak kanguru semakin nikmat dengan tambahan salad, kentang goreng lalu saus barbeque atau saus sambal.

Kuliner Australia
Steak kanguru lembut dagingnya

Biskuit Anzac

Anzac merupakan singkatan nama dari Australia dan New Zealand Army Corps. Konon katanya kue ini sudah ada sejak Perang Dunia I Ketika tentara Australia dan New Zealand banyak dikirim ke Eropa untuk berperang.  Lalu,  para istri tentara ini membuatkan biskuit ini untuk dibawa suami mereka sebagai cemilan selama perjalan menuju Eropa. Biskuit Anzac merupakan salah satu makanan khas Australia yang halal.

Kuliner Australia
Biskuit Anzac, favorit Australia

Biskuit Anzac terbuat dari oat, mentega, tepung, gula, baking soda, golden syrup, air panas dan sering ditambah dengan kelapa. Adonan Biskuit Anzac tidak menggunakan telur di dalamnya agar tahan lama. Biskuit ini mempunyai tekstur yang sangat keras, namun rasa yang dimiliki biskuit ini tidak akan mengecewakan. Manis dan gurih rasanya!

Vegemite

Karakteristik makanan Australia satu ini sedikit berbeda dengan yang lainya. Vegemite adalah selai khas Australia yang memiliki rasa berbeda dari selai pada umumnya. Biasanya disajikan dengan roti, biskuit craker, kue kering atau sandwich.  Vegemite adalah selai yang berbahan dasar berbagai macam sayuran, rempah, dan ragi yang sering digunakan untuk membuat bir. Dilihat dari warnanya, Vegemite ini seperti selai coklat tapi rasanya bukan rasa coklat, lho!

Kuliner Australia
Vegemite Selai Khas Australia, photo by Befreetour

Vegemite mempunyai cita rasa campuran asin, manis dan ada pahitnya sedikit, bahkan sedikit pedas karena ada campuran rempah yang digunakan. Warga lokal biasa menikmati Vegemite dengan dioleskan diatas roti panggang yang telah ditambah mentega yang banyak. Atau cara lain menikmati selai ini dengan menjadikannya sebagai isian sandwich dengan keju.(Niel)