Pantai Unik di Jawa Timur, Pantai Tiga Warna

Gradasi Warnanya Terlihat Jelas

Pantai Tiga Warna
Gradasi warnanya sangat menarik

Seperti namanya, pantai ini memang memiliki tiga warna yang berbeda-beda.  Warna biru, warna hijau lalu warna merah.  Perbedaan ini disebabkan oleh tingkat kedalaman air laut. Laut dalam nan biru pada sisi terluar, laut dangkal yang hijau, dan pasir pantai yang berwarna coklat-kuning kemerahan. Keunikan warna ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk menikmati pantai

Selain itu, ombak di pantai ini sangat tenang, karena ombak besar dari Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu. Pantai ini berada di teluk yang berhadapan dengan Pulau Sempu. Garis pantai Pantai Tiga Warna ini memang tidak terlalu panjang, namun hamparan pasirnya benar-benar membuat hati terlena untuk asyik menikmati keindahan pantai ini diatas pasir putihnya.

Pantai Tiga Warna
Anjungan untuk berswaphoto, photo by Waktubaca

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, terlihat bagus dan indah, terutama tampak gradasi 3 warnanya,  Traveler  harus jalan kaki hingga ke ujung kiri pantai.  Tersedia semacam anjungan berbentuk teras kayu yang memang sengaja diciptakan untuk area berswaphoto.  Di bawah teras kayu ini, baik di sebelah kiri maupun sebelah kanannya, terdapat batu karang yang bisa dinaiki dan dijadikan spot foto juga.

Pantai Tiga Warna terletak di Jalan Sendang Biru, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, tepatnya di wilayah konservasi Sendangbiru, Kabupaten Malang. Untuk memasuki wilayah pantai ini, terlebih dahulu harus seizin Clungup Mangrove Conservation, karena Pantai Tiga Warna ini terletak di dalam wilayah konservasi. Untuk itu, Traveler dapat melakukan reservasi terlebih dahulu ke pihak pengelola atau petugas konservasi dengan menghubungi  0812-3333-9889.

Rute menuju ke Pantai Tiga Warna, Traveler harus melewati rute ke Pantai Goa Cina dulu. Ini merupakan rute yang sangat familir di pilih para wisatawan. Nah, dari kota Malang ambil posisi jalan ke arah Gadang lalu ke Turen. Ikuti jalan yang menuju ke Pantai Sendang Biru. Setelah kira-kira perjalanan sudah memasuki 2 jam, akan terlihat persimpangan ke dua Pantai, Goa Cina dan Sendang Biru.  Ambil jalan ke Pantai Goa Cina, lalu ikuti jalan yang lurus hingga 2 kilometer sampai di sebuah persimpangan. Dari situ belok kiri ke tempat pelelangan ikan atau TPI.  Ketika sudah memasuki perkampungan Warna, lalu ambil jalan ke Clungup Mangrove Conservation, sebelum bank BRI.

Pantai Tiga Warna
Asyiknya Snorkeling, photoTempatWisata

Setelah melewati Pantai Clungup dan Clungup Mangrove Conservation, Pantai Tiga Warna semakin dekat. Dari daerah Clungup Mangrove Conservation ini,  Traveler dapat melihat pintu masuk ke kawasan Pantai Tiga Warna.  Jalanan mulai agak sempit dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja. Untuk itu, bagi pembawa mobil, sebelum Manrove Conservation ada lahan tempat parkir mobil.  Dari situ, Traveler melanjutkan perjalanan naik motor atau berjalan kaki. Dari pos 1 berjalan kaki sedikit lagi sampai pos pemeriksaan. Lalu sambung lagi jalan kaki di jalur setapak, ada yang masih tanah, ada yang sudah dibeton.

Keberadaan Pantai Tiga Warna ini sudah dikelola dengan baik, tak heran kawasan Pantai Tiga Warna Malang ini tetap alami dan benar-benar terjaga kebersihan dan keindahannya. Dan sebelum menikmati keindahan pantainya, Traveler harus membayar tiket dulu serta menyewa guide.  Satu guide berlaku maksimal untuk 10 orang anggota.  Jika Traveler datang sendiri atau berdua, nanti akan dimasukkan ke dalam kelompok lain.   Wisatawan yang masuk memang dibatasi, jadi jika datang dan di dalam area pantai jumlah pengunjungnya sudah cukup, Traveler harap menunggu untuk quota berikutnya.

Saat sebelum memasuki kawasan pantai, semua barang-barang pengunjung akan diperiksa terlebih dahulu.  Memastikan, mana saja yang berpotensi menjadi sampah selama berada di sekitar pantai. Begitu pulang, di loket pintu keluar, bawaan pengunjung akan kembali diperiksa. Setiap orang wajib membawa pulang sampah masing-masing. Apabila kurang dari yang sudah dicatat, pengelola takkan segan menjatuhkan denda yang nilainya lumayan tinggi, lho!

Beragam kegiatan mengasyikan dapat dinikmati di pantai ini.  Memandang keunikan pantai dengan tiga warna air laut yang berbeda, menjadi salah satu kegiatan yang utama.  Yah, warna air lautnya benar-benar memiliki tiga warna yang berbeda.  Bahkan dengan mata telanjang sekalipun perbedaan warna air ini terlihat jelas.  Selain itu, berenang menjadi kegiatan yang sulit dihindari.  Traveler dapat juga melakukan snorkeling, karena pemandangan bawah lautnya sangat indah. Apalagi terumbu-terumbu karang serta biota lautnya benar-benar memukau.  Jika tidak membawa alat snorkeling, dapat menyewa karena disini tersedia penyewaan alat-alat snorkeling.  Pantai Tiga Warna merupakan satu-satunya spot snorkeling di Malang.

Pantai Tiga Warna
Keunikan Tiga Warnanya yang Memikat

Di pantai ini juga terdapat ubur-ubur yang banyak berkeliaran.   Kehadiran biota laut satu ini jangan sampai luput untuk diabadikan, yah!  Namun, harus berhati-hati karena ubur-ubur bisa menyengat.  Selain pantai dan lautnya, trekking di sepanjang kawasan konservasi hutan mangrove yang menempel dengan pantai ini, juga sangat mengasyikkan.  Melihat habitat tanaman dalam hutan ini, menambah kesegaran pikiran.   Yah, hutan mangrove ini menjadi pemandangan indah yang sayang untuk disia-siakan begitu saja.

Selain berkunjung dan menikmati keasrian pantai ini, Traveler diperbolehkan untuk menginap atau melakukan camping disini. Namun kebanyakan pengunjung melakukan camping di pantai yang berada di dekat Pantai Tiga Warna ini, yaitu Pantai Clungup atau Pantai Gatra.  Karena di kedua pantai itu sudah disediakan persewaan tenda dan lahannya.  Selain dapat bermain sepuasnya di pagi harinya, pengunjung juga dapat menikmati suasana ketenangan pantai pada malam hari.(Kunil)