Wisata Asyik dan Menghanyutkan di Talaga Bodas Garut

Sumber Air Panas dan Pengobatan

Talaga Bodas
Berbatasan langsung dengan hutan dan pegunungan nan hijau, photo by Akato

Talaga Bodas adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di garut, berupa sebuah danau besar dengan airnya berwarna putih, yang merupakan dari kawah belerang. Kawah gunung ini masih berstatus aktif, namun tidak memberi dampak vulkanik yang berbahaya. Berada di ketinggian 1512 m diatas permukaan laut, kawah Talaga Bodas ini berada di lereng Gunung Galunggung.  Kawasan seluas kurang lebih 23,85 hektar ini berbatasan langsung dengan hutan dan pegunungan nan hijau.  Sungguh menciptakan panorama yang menakjubkan, keindahannya tiada tara.

Talaga Bodas memang memiliki view yang cantik.  Setiap yang datang ke tempat ini, akan langsung terpesona dengan pemandangan di kawah di sini. Tempat ini memang sangat instagenik  terutama bagi Traveler berjiwa milenial yang selalu stand by dengan kamera photonya. Dan setiap sudut ditempat ini memiliki pesona yang sayang dilewatkan begitu saja.

Talaga Bodas
View Panoramanya sangat Indah

Hamparan kawah putih terlihat seperti sebuah danau yang sangat luas dengan pinggirannya menyerupai hamparan pantai. Airnya mengalir tenang, tanahnya pun layaknya pasir pantai dengan bebatuan berwarna putih. Menjadi pemandangan yang sangat kontras namun menyejukkan, perpaduan warna airnya yang putih kehijauan berlatar perbukitan hijau dan pegunungan menjadi keunikan tersendiri.

Talaga Bodas Garut merupakan salah satu kawah Gunung Galunggung yang meletus ratusan tahun lalu.  Menjadi sebuah kawah yang berbentuk memanjang dengan pemandangan perbukitan di sekelilingnya.  Airnya banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai sumber air panas dan pengobatan.  Namun, suhu kawasan wisata kawah yang berada pada sisi utara gunung ini tergolong dingin.  Banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan Traveler di kawasan wisata ini. Seperti treking dan hiking, berkeliling kawah, menikmati mandi di kolam air panas hingga swafoto.  Jika ingin benar-benar menikmati totalitas keindahan panorama alam disini, waktu terbaik untuk mengunjungi wisata disini adalah siang hari agar dapat menikmati sejuta pesona kawahnya.

Talaga Bodas
Berendam Air Panas, incaran para Traveler, photo by Pinterest

Traveler penggemar relaksasi, manfaatkan situasi di tempat wisata ini.  Yah, pada bagian sebelah kanan kawah ada tempat pemandian air panas alami.  Traveler dapat berenang atau sekedar berendam kaki, menikmati kehangat air alam ini secara cuma-cuma.  Sesaat dapat merasakan setiap pijatan dari air panas alami ini. Disini terdapat tiga buah kolam rendam air panas alami. Dua kolam tersedia untuk anak-anak dan satu untuk dewasa.  Juga sudah dilengkapi toilet dan tempat ganti. Dengan suhu air kolam rendam yang relatif hangat, membuat Traveler nyaman berendam di kolam ini.  Sunggguh, dengan berendam di kolam air panas ini, membuat badan terasa segar dan nyaman.

Talaga Bodas yang berada di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut ini,  dianugerahi pemandangannya yang mempesona serta didukung dengan hamparan bukit berpohon pinus di sekeliling danau tersebut, menambah sejuknya penglihatan.  Fasilitas umum di tempat wisata ini semakin lengkap.  Di ujung jalan kawah tersedia beberapa saung dan toilet. Area parkirnya pun telah dikelola dan tertata dengan baik. Juga ada Mushola dan deretan kedai kuliner yang turut melengkapi fasilitas di area ini.  Selain itu, penataan juga dilakukan pada pinntu gerbang masuk, juga dibuat pagar pembatas area danau dengan daratan.

Talaga Bodas
View yang sangat menakjubkan

Kendaraan para wisatawan hanya bisa mengakses sampai area parkir kawah Talaga Bodas.  Selanjutnya, Traveler akan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter atau menyewa motor untuk sampai di lokasi danau. Namun, karena pemandangannya begitu indah dengan hutan lebat, hal ini banyak membuat wisatawan lebih nyaman berjalan kaki.

Perjalanan menuju lokasi danau ini pun sudah tercipta sangat indah.  Panoramanya benar-benar memanjakan pandangan mata.  Yah, sebelum sampai di lokasi wisata, Traveler disambut pemandangan alam yang sangat menawan, dengan tanah yang berbukit-bukit, dan tingkat kemiringannya cukup tinggi dan cenderung curam. Penduduk setempat memanfaatkan kondisi tersebut dengan menjadikanya kebun sayuran, seperti kol dan tomat, tak ayal lagi pemandangan kebun sayuran ini pun juga terasa segar dilihatnya. Suasananya pun segar dan sejuk, khas alami pegunungan.

Objek wisata kawah ini terletak di Wanajaya, Jalan Talaga Bodas No. 5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Puncak Gunung Talaga bodas merupakan perbatasan kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Gunung Talaga Bodas merupakan satu dari lima gunung yang menjadi simbol lambang Kabupaten Garut.

Talaga Bodas
Dikelilingi Bukit nan Hijau

Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di Talaga Bodas ini seperti tracking, hikking, camping, fotografi, dan yang utama adalah menikmati kolam pemandian air panas. Jika tiba disana pada pagi hari, pemandangan alam yang ditemui akan makin indah karena masih ada kabut yang menutupi Talaga, dan udaranya pun masih sangat dingin, makin melengkapi keindahan panorama di Talaga Bodas ini.(Niel)