Terhanyut Keindahan Pantai Kejawanan Cirebon

Pantai Favorit Masyarakat Cirebon

Pantai Kejawanan
Eksotisme Sunset di Pantai Kejawanan, photo by Pantainesia

Karena letaknya dekat laut, tak heran kalau Kota Cirebon banyak memiliki beberapa pantai yang indah-indah dan menarik hati, yang seru untuk dieksplore, menjadi satu destinasi wisata yang mengasyikkan.  Salah satunya yang cukup terkenal terutama di kalangan masyarakat Kota Cirebon, yaitu Pantai Kejawanan.  Hadirnya wisata alam yang natural ini di tengah-tengah kota Cirebon yang makin padat dengan bangunan mall dan gedung-gedung perkantoran, menjadi oase tersendiri.

Pantai yang letaknya tidak begitu jauh dari pelabuhan ini, memiliki spot sunset tercantik dan menjadi favorit untuk disambangi jelang sore.  Yah, terutama bagi warga sekitar, memanfaatkan waktu sorenya dengan melepas segala kepenatan dan rutinitas yang menjemukan, memandang takjub sang surya tenggelam sambil dibuai angin pantai yang meninabobokan.  Suara gemuruh ombak pun serasa merdu terdengar, mengiringi khayal dalam menimati senja di Pantai Kejawanan ini.  Sesekali sekedar bermain air, mengganggu suitan burung camar, bersandar di bawah pohon dan menatap lepas nun jauh ke seberang lautan, sungguh suasana indah penuh ketenangan.

Pantai Kejawanan
Hamparan Pantainya yang Mengasyikan, photo by PasundanID

Pantai Kejawanan yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Kota Cirebon ini, terletak dekat dengan Pelabuhan Ikan dan Ade Irma Traffic Garden Cirebon.  Uniknya, pantai ini memiliki mitos yang hingga saat ini masih sangat dipercaya warga sekitar, dimana air laut yang berada di pantai ini dianggap memiliki magis dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai asam urat, diabet bahkan stroke sekalipun.  Caranya, dengan membasuh diri atau sekedar berkumur menggunakan air laut pantai ini, berbagai penyakit itu akan disembuhkan.  Namun, kembali lagi kepada kiprah manusia yang selalu berusaha dan mengembalikan kepada Sang Khalik untuk penentu akhirnya.

Pantai Kejawanan yang memanjakan wisatawan dengan biru ombaknya, berpadu dengan lambaian jajaran pohon-pohon pinggir pantainya yang memukau serta hamparan pasirnya yang menjanjikan keseruan yang tak terkira, menjadi satu paket obat gundah gulana bagi Traveler yang ingin menghabiskan liburannya disini.  Apalagi, kondisi Pantai Kejawanan yang landai dan dangkal yang merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, terutama anak-anak. Karena mereka dapat bermain air hingga agak ketengah pantai. Walaupun demikian, tetap wasapada dan berhati-hati selalu.

Pantai Kejawanan
Sunset Selalu Jadi Incaran, photo by IG of Tonny

Kegiatan seru dan yang juga mengasyikkan adalah berperahu.  Yah, di Pantai Kejawanan ini Traveler dapat menyewa perahu untuk sekadar menikmati indahnya lautan biru serta bermandikan cerahnya awan ditambah dengan ombak yang mendayu-dayu serta tentu nya keindahan sunset yang yang terasa lebih dekat ketika kita berada di laut. Tarif sewa perahu kayu dan karet tidak terlalu mahal, bahkan bisa ditawar.

Bagi pencinta berswaphoto, eksotisme sunset, jajaran pohon rindang, perahu-perahu sewa hingga hewan-hewan kecil di daratan menjadikan pantai ini memiliki banyak spot foto yang luar biasa mengagumkan.  Dan salah satu spot photo yang cukup ramai diminati adalah, medan berbatu sepanjang kurang lebih 1 kilometer yang membelah laut.  Di tempat ini, Traveler dapat bersantai-santai menikmati angin laut sambil memandang keindangan Gunung Cermai di sebelah selatan, jika kondisi awan jernih. Traveler pun akan termanjakan membuat beragam hasil photo yang menakjubkan dan indah.

Selain fasilitas alaminya nan eksotis yang membuat Traveler ingin menghabiskan waktu banyak di pantai ini,  kebersihan pantai ini patut diacungi jempol berkat usaha pemerintah setempat.  Juga diharapakan bagi para wisatawan untuk selalu menjaga kebersihan serta menjaga ekosistem dan keasrian serta kenyamanan di Pantai Kewajanan ini.

Pantai Kejawanan
Hamparan Batu Membelah Laut, photo by WisataCirebon

Selain itu, Pantai Kejawanan juga memiliki fasilitas umum yang lengkap,  mulai dari mushola, area parkir yang luas, kamar mandi, gazebo hingga deretan pedangan kaki lima dan rumah makan yang menyajikan makanan laut dan makanan khas Cirebon.  Tak kalah hadirnya berbagai toko cinderamata membuat Traveler tak usah takut untuk bisa  membawa pulang khasnya Kota Cirebon.

Pantai ini terletak tidak jauh dari Pelabuhan Cirebon, tepatnya lokasi Pantai Kejawanan ini berada di Desa Yos Sudarso yang juga tidak terlalu jauh dari Ade Irma Traffic Garden di Cirebon. Nah, bagi Traveler yang datang dari dalam Cirebon dapat langsung pergi dengan kendaraan pribadi atau umum dengan mengikuti papan petunjuk arah menuju pelabuhan.  Namun, bagi yang dari luar kota seperti dari Jakarta, dapat mengambil Jalan Raya Pantura atau Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali sejauh 215.5 km atau setara dengan 3,5 jam. Sementara pengunjung dari Jawa Tengah seperti dari Semarang, dapat mengambil Jalan Raya Pantura Semarang sejauh 246.1 km atau setara dengan lebih dari 5 jam, begitu juga yang dari Jawa Timur mengambil jalur yang sama.(Lia)