Menikmati Liburan Sebenarnya di Pulau Harapan (Harapan Island)

Sensasi Liburan Sebenarnya di sebuah Pulau

Menikmati Liburan Sebenarnya di Pulau Harapan (Harapan Island)
Pengemar Traveling yang private dan eksklusiv dapat menikmati, Photo by harapanisland

Pulau Harapan adalah salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu Utara. Luasnya sekitar 48 hektar. Pulau Harapan digemari wisatawan, karena selain backpaker dapat menikmati suasana wisatanya, Traveler penggemar privat dan eksklusif pun juga dapat menikmatinya, karena pulau ini dikelilingi banyak pulau kecil. Konon ada sekitar 24 pulau di sekitar Pulau Harapan.  Travaler dapat memiliki lebih banyak opsi pulau untuk dikunjungi saat islands hopping, baik untuk memancang, snorkeling, diving, watersports, atau sekedar berkeliling menggunakan kapal tradisional nelayan setempat.

Pulau Harapan merupakan salah satu pulau dari bagian Kepulauan Seribu yang berpenduduk namun kondisi dan suasananya masih sangat alami dan lebih tenang dibanding pulau-pulau penduduk di Kepulauan Seribu lainnya seperti Pulau Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Panggang dan lainnya.  Kontur dan tekstur alamnya masih sangat terjaga, sehingga habitat spesies alam lautnya benar-benar terjaga.  Traveler masih dapat menikmati begitu banyak spesies ikan-ikan cantik yang berenang serta keindahan karang-karang lautnya yang begitu banyak.

Menikmati Liburan Sebenarnya di Pulau Harapan (Harapan Island)
Pulaunya tidak begitu luas, tapi sangat nyaman, Photo by @harapanDotIsland

Dengan air laut yang jernih serta biota-biota lautnya yang masih sangat terjaga kealamiannya, membuat objek wisata ke Pulau Harapan menjadi salah satu yang favorit, terutama untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving.  Yah, spot snorkeling dan diving di Pulau Harapan ini kwalitasnya patut diacungkan jempol, terutama di kawasan Pulau Genteng Kecil dan Pulau Macan Gundul yang menempel dengan Pulau Harapan ini.

Pulau Harapan menawarkan keindahan yang tak bisa disangkal. Panorama alamnya begitu memikat.  Dengan kondisi alamnya yang masih alami, udara yang segar bebas dari polusi udara, serta suasananya yang nyaman ini, selalu berhasil memikat wisatawan untuk datang berkunjung berulang-ulang ke pulau ini. Lokasinya pun juga berdekatan dengan Pulau Pramuka serta juga tidak begitu jauh dengan beberapa pulau-pulau di Kepulauan Seribu seperti Pulau Sepa, Pulau Pelangi, Pulau Putri dan lainnya.

Menikmati Liburan Sebenarnya di Pulau Harapan (Harapan Island)
Biota bawah lautnya masih sangat alami, Photo by @pulauharapan_id

Mengisi liburan dan menikmati keseruan lainnya di Pulau Harapan ini, menjadi moment yang menakjubkan yang akan terkesan selamanya. Fasilitas disini pun cukup lengkap, selain restoran atau warung makan, ada berbagai fasilitas lain yang tersedia, seperti akomodasinya yang bervariasi, mulai dari homestay, cottage pinggir pantai, hingga rumah-rumah penduduk yang disewakan untuk wisatawan. Traveler dapat beristirahat dengan nyaman di atas kasur empuk, kamar tidur dengan AC atau kipas angin, kamar mandi privat, dan teras yang menghadap laut, dan bahkan sarana pemandian air panas.

Menikmati Liburan Sebenarnya di Pulau Harapan (Harapan Island)
Menikmati beningnya laut dari dermaga, Photo by @harapanDotIsland

Fasilitas di destinasi seperti tempat parkir kendaraan, kamar mandi/MCK semua tersedia.  Juga ada rumah ibadah, tempat istirahat, taman bermain, fasilitas watersports seperti banana boat, dan sebagainya. Fasilitas umum seperti sarana kesehatan, dermaga, kantor pemerintahan, sarana olah raga, rumah ibadah, dan tempat pengelolaan air minum juga tersedia di Pulau Harapan ini.

Traveler juga dapat melakukan kegiatan island hopping, yaitu berkeliling pulau dengan menggunakan kapal tradisional warga setempat, menuju pulau-pulau sekitarnya seperti Pulau Bira Besar, Pulau Perak, Pulau Bulat.  Jika ingin melakukan kegiatan island hopping, pastikan cuaca sedang dalam kondisi baik. Perahu yang digunakan untuk kegiatan ini adalah perahu nelayan yang berukuran kecil, dengan kapasitas sekitar 10-15 orang. Jika ombak kurang bersahabat, sebaiknya tunda agenda ini.

Menikmati Liburan Sebenarnya di Pulau Harapan (Harapan Island)
Menikmati Liburan yang sesungguhnya di Pulau Harapan, Photo by @pulauharapan

Untuk menikmati liburan ke Pulau Harapan, sebaiknya perhatikan dahulu kondisi musim dan cuaca yang terjadi.  Hindari berwisata saat musim penghujan, karena akan banyak kegiatan outdoor, sehingga ketika hujan turun akan menjadi penghalang. Hujan juga membuat air laut menjadi keruh dan cenderung kotor, sehingga kurang nyaman untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving.

Akses menuju Pulau Harapan cukup mudah. Dengan kapal laut yang bermarkas di Muara Angke, waktu tempuh perjalanan akan menyita sekitar 3-4 jam.  Jika ingin lebih cepat, Traveler dapat memilih speedboat dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam.(Adhit)