Sensasi Keindahan di Pulau Pari (Pari Island)

Banyak Spot Seru yang Harus di Eksplore

Sensasi Keindahan di Pulau Pari (Pari Island)
Spot Instagramable yang selalu jadi rebutan, Photo by @hafizhaetami

Di antara deretan pulau-pulau nan indah dan cantik di Kepulauan Seribu, Pulau Pari lah yang asyik dan banyak memiliki spot-spot keseruan yang asyik untuk di eksplore.  Pulau ini berada di tengah gugusan pulau yang berderet dari selatan ke utara perairan Jakarta.  Pulau Pari adalah pulau berpenduduk, namun jumlahnya tidak sebanyak di Pulau Pramuka atau Pulau Tidung, yang juga masuk dalam pulau-pulau di Kepulauan Seribu.

Fasilitas di Pulau pari sangat lengkap, ada Mesjid atau Musholla, sarana homestay dengan fasilitas lengkap, seperti kasur empuk, TV, AC, air mineral, kamar mandi sendiri, maupun dapur, juga banyak rumah makan, ada jasa penyewaan peralatan watersports dan lainnya.

Sensasi Keindahan di Pulau Pari (Pari Island)
Santai di atas hamparan pasir putihnya, Photo by @ebyychan21

Luas Pulau Pari memang tidak terlalu besar, namun keunikan dalam bentuknya menciptakan banyak daya tarik yang asyik untuk dieksplore dan menikmati keseruannya.  Seperti pada bagian barat pulau, terbentuk secara alami sebuah cekungan yang fungsinya dapat menjadi serapan air.  Hal ini sangat berguna bagi para penduduk Pulau Pari untuk mendapatkan air tawar.  Di sekitar cekungan ini, tumbuh tanaman budidaya seperti pohon pisang, pohon jambu air, pohon kelapa, pohon buah naga, pohon mangga, dan lainnya.  Wilayah ini pun menjadi permukiman penduduk yang berbalut suasana begitu tenang dan nyaman.

Akses menuju Pulau Pari tergolong lebih mudah dibanding pulau lainnya. Traveler dapat menikmati pesona wisata Pulau Pari setiap hari, karena transportasi tersedia setiap hari dari Muara Angke, yakni pada pukul 7.00 WIB dan pukul 13.00 WIB. Perjalanan menuju Pulau Pari memakan waktu kurang lebih 1.5 hingga 2 jam, tergantung kondisi cuaca dan gelombang laut yang dihadapi.

Selain itu, Traveler juga dapat menyewa speedboat atau kapal cepat yang bermarkas di Marina Ancol.  Biayanya memang sedikit mahal namun fasilitasnya lebih nyaman dan waktu tempuh perjalanan pun juga lebih pendek dibanding menggunakan kapal ferry.

Sensasi Keindahan di Pulau Pari (Pari Island)
Siap bermain bersama ikan-ikan canrik, Photo by @retarly

Pulau Pari menawarkan pesona yang tak terbantahkan bagi wisatawan lokal maupun manca negara, yang ingin menikmati keindahan sebuah pulau yang nyaman serta menjanjikan keindahan alamnya yang begitu menakjubkan. Pulau Pari juga merupakan  tempat di mana Traveler dapat menyalurkan hobby wisata air atau watersports. Ada begitu banyak spot yang ideal untuk berenang dan snorkeling, memancing, diving, dan bahkan fotografi.

Beragam spot-spot keseruan yang dapat dinikmati selama berada di Pulau Pari, yaitu :

Sunset di Pantai LIPI

Ingin mendapatkan keindahan yang maksimal untuk menikmati sunset? Traveler dapat mencoba bergerak menuju wilayah bagian barat Pulau Pari. Terdapat sebuah pantai yang sangat indah dan cantik, yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).  Karena itu, nama pantai ini disebut Pantai LIPI.  Disini merupakan pusat penelitian oceanografi Indonesia di Pulau Pari, dan hal ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin mengetahui tentang budidaya tanaman laut maupun biota laut.

Sunrise di Bukit Matahari

Jangan ketinggalan untuk menikmati indahnya mentari pagi di Pulau Pari.  Sunrise yang paling asyik dapat dinikmati di Bukit Matahari, sebuah tempat berupa gundukan pasir yang besar, yang terletak tidak jauh dari Dermaga Pulau Pari.  Disini, Traveler akan terpuaskan menikmati sosok sang mentari yang pelan-pelan keluar dari peraduannya untuk kembali menyinari bumi nusantara ini, tanpa ada sedikitpun halangan.

Sensasi Keindahan di Pulau Pari (Pari Island)
Menikmati sunrise nan cantik, Photo by @DermagaPulauPari

Pantai Pasir Perawan

Nuansa yang masih alami, dengan deretan pepohonan rindang serta indahnya pasir putih, menjadi hamparan yang siap dinikmati keseruannya.  Inilah Pantai Pasir Perawan, Pantai nan eksotis yang menjadi salah satu ikon wisata Pulau Pari. Pantai ini juga asyik untuk menikmati sunrise.

Jelajah Pulau

Pulau Pari ukurannya memang tidak terlalu besar, sehingga Traveler dapat menjelajahi pulau ini dengan mengendarai sepeda.  Sepanjang perjalanan, panorama keindahan Pulau Pari akan memanjakan pandangan mata.  Traveler pun dapat melihat langsung kehidupan masyarakat di Pulau Pari ini sambil mengabadikan moment-moment cantik yang banyak ditemui sepanjang perjalanan ini.

Sensasi Keindahan di Pulau Pari (Pari Island)
Rehat sejenak melepas kepenatan, Photo by @y.a_angel

Jelajah Mangrove

Ingin menikmatgi vegetasi mangrove yang berada di sekitar pantai ? Yah, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama Traveler pecinta lingkungan. Dengan menggunakan sebuah sampan kayu yang memang tersedia di tepi pantai, Traveler dapat mendekati hutan mangrove yang rindang dan terawat ini, sambil sesekali menjepretkan kamera untuk menyimpan keseruan dan keindahan alam hutan mangrove ini.

Keseruan Bawah Lautnya

Wisata yang tak kalah serunya adalah menikmati keindahan dan kecantikan alam bawah laut.  Yah, bawah laut Pulau Pari menyajikan keindahan yang tak kalah hebohnya.  Ikan warna warni yang begitu banyak yang selalu setia mendekati Traveler saat menyelam, serta terumbu karang dan panorama alam bawah laut lainnya yang mempesona.  Dengan snorkeling, Traveler siap bermain dengan ikan kecil warna-warni dan melihat terumbu karang yang terpelihara dengan baik ini.

Sensasi Keindahan di Pulau Pari (Pari Island)
Sensasi menikmati alam bawah lautnya

Jika sewa peralatan watersports tidak masuk dalam paket tour Pulau Pari yang diambil, Traveler dapat menyewa peralatan menyelam dengan harga yang sangat terjangkau di jasa penyewaan peralatan yang tidak jauh dari pantai. Untuk aktivitas snorkeling dan diving, tempat favorit di sekitar Pulau Pari adalah Pulau Tikus dan Pulau Burung. Keduanya adalah pulau kecil tanpa penduduk yang lokasinya tidak jauh dari Pulau Pari.(Rafa)