Menikmati Panorama Alam dari Ketinggian di Pantan Terong

Cantiknya Panorama Danau Laut Tawar dan Kota Takengon

Menikmati Panorama Alam dari Ketinggian di Pantan Terong
Sunset di Pantan Terong

Pantan Terong merupakan bukit yang biasa digunakan untuk melihat keindahan Aceh Tengah dari atas.  Tempat wisata ini berada di ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut.  Udaranya sangat dingin dan menyejukkan.  Dari Pantan Terong, Traveler dapat melihat keindahan Danau Laut Tawar yang mirip dengan kuali raksasa dan Kota Takengon dari ketinggian.  Saat matahari terbit dan terbenam, juga menjadi moment indah untuk dinikmati di Pantan Terong ini.  Ketika matahari secara perlahan mulai menghilang, akan tercipta sebuah siluet indah yang berpadu dengan gradasi warna alam nan cantik.  Begitu juga saat pesona keindahan alam pun akan terasa ketika sang surya dengan malu-malu mulai memperlihatkan sinarnya, dinginnya udara sekitar secara perlahan hilang berganti dengan kehangatan dari pancaran sinar matahari.

Menikmati Panorama Alam dari Ketinggian di Pantan Terong
Salah Satu indah di puncak bukit Pantan Terong, Photo by @darwati_agani

Pantan Terong terletak di puncak bukit Dataran Tinggi Gayo Takengon, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.  Traveler benar-benar dimanjakan oleh pemandangan alam yang menakjubkan, sangat indah membentang luas.  Menikmati frame keindahan genangan air Danau Laut Tawar di antara himpitan pegunungan, tampak seolah berada dalam kepadatan rumah warga sekitarnya.  Pantan Terong adalah sedikit contoh wisata alam yang bisa ditemui didaerah ini, menawarkan pemandangan menawan serta udara yang masih segar terbebas dari polusi.

Menikmati Panorama Alam dari Ketinggian di Pantan Terong
Balkon Utama Tempat Menikmati Keindahan Alam, Photo by pantanterongagrowisatagayo

Untuk menikmati alam indah dari ketinggian ini, telah dibangun dua buah bangunan yang berbentuk seperti balkon raksasa agar para wisatawan dapat menikmati keindahan alam ini lebih mudah.  Balkon-balkon ini terbuat dari beton yang dilengkapi dengan pagar pembatas, sehingga cukup aman bagi pengunjung. Kedua balkon ini terletak pada tempat yang berbeda, terletak didekat pintu masuk yang merupakan balkon utama, lalu yang berikutnya terletak di sebelah kiri balkon utama.  Untuk mencapai lokasi balkon kedua, Traveler harus jalan menuruni anak tangga yang ada disebelah kiri balkon utama. Kedua balkon ini menyajikan keindahan alam yang sangat indah.

Menikmati Panorama Alam dari Ketinggian di Pantan Terong
Keindahan Danau laut Tawar dari Ketinggian

Akses mencapai lokasi Pantan Terong, perjalanan kesana cukup mulus karena jalanannya pun sudah beraspal sampai ke puncak. Jarak puncak Pantan Terong dari Kota Takengon sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 20 menit, dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Selama perjalanan ini, Traveler akan dimanjakan dengan pemandangan indah.  Panorama alam berupa perbukitan hijau mendominasi di sepanjang perjalanan. Indahnya hutan pinus, perkebunan serta lembah-lembah yang menakjubkan saat menuju ke puncak. Jalan berkelok, mendaki dan menurun menuju Pantan Terong juga akan dihadapi, sementara pada sisi kiri kanan jalan ditumbuhi pohon kopi milik warga sekitar.  Traveler dapat berhenti sesaat di perkebunan kopi warga ini, berswaphoto dengan latar keindahan kebun kopi milik warga ini.  Sungguh sangat menakjubkan!(Rafa)