Menikmati Senja di Antara Pucuk Pinus di Puncak Becici

Puncak Pinus Becici atau Puncak Becici merupakan tempat wisata yang berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

photo by Yogya Delistia

Melihat senja serta menikmati angin sejuk serta udara nan segar di daerah Bantul, dapat dinikmati di wilayah Puncak Pinus Becici. Yah, Puncak Pinus Becici atau Puncak Becici merupakan tempat wisata yang berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat kota berjarak sekitar 23 km.

photo by yogya rental mobil tour Jogya

Jika traveler dari Yogyakarta, traveler harus menuju ke Jalan Imogiri Timur, kemudian menuju Kebun Buah Mangunan. Setelah itu ikuti jalan sampai pertigaan, lalu belok kiri ke arah hutan pinus. Setelah melewati hutan pinus, traveler akan melihat pertigaan pertama kemudian belok kiri. Dari sini terdapat petunjuk-petunjuk untuk menuju lokasi.

Selama perjalanan tersebut, suasananya sungguh sangat mengasyikkan, traveler akan sangat menikmatinya. Melihat keindahan panorama Kota Bantul, dengan kondisi jalanan yang baik, deretan pepohonan pinus berjejer rapih dengan hijaunya yang sangat menyegarkan mata, serta semilir angin sejuk yang menerpa wajah.

Begitu sampai di Puncak Pinus Becici yang hanya memerlukan waktu pendakian kurang lebih 20 menit, udara yang luar biasa sejuk langsung dirasakan. Lebih dingin dibanding diperjalanan tadi. Tingginya pohon-pohon disekitarnya semakin terlihat jelas. Tidak hanya itu, dari atas sana traveler dapat melihat megahnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Apalagi jika cuaca cerah, traveler bisa melihat birunya Pantai Selatan. Sungguh lukisan alam yang menakjubkan!

photo by Dina Junita11

Bagi traveler yang ingin duduk-duduk santai menikmati panoramanya atau ingin melihat senja, di sini terdapat kursi-kursi dari kayu serta gardu panjang yang bisa traveler gunakan untuk bersantai. Serunya juga untuk spot berfoto ria. Selain itu, di Puncak Pinus Becici ini juga terdapat sebuah ayunan yang memang sengaja disediakan. Traveler bisa bermain di ayunan tersebut serta merasakan sensasi berayun di puncak bukit dan di antara pepohonan.

Bagi traveler yang ingin bermalam di Puncak Becici, melihat suasana kota pada malam hari, Puncak Becici telah menyediakan camping ground yang luas dan bisa menampung banyak tenda. Traveler hanya merogoh kocek Rp 5 ribu untuk bermalam di sini.

Panorama alam yang indah ini; megahnya gunung-gunung, birunya Pantai Selatan, serta seksisnya mentari yang siap tenggelam di balik pepohonan pinus, menjadi daya tarik untuk selfie. Karena keeksotisannya, banyak pasangan yang melakukan foto pre wedding di Puncak Pinus Becici ini. Untuk melakukan pre wedding traveler harus membayar biaya Rp. 30 ribu.

Untuk masuk ke Puncak Pinus Becici tidak ada biaya tiket, tetapi biaya parkir motor sebesar Rp. 3 ribu, biaya parkir mobil Rp. 10 ribu, serta biaya parkir Bus sebesar Rp. 20 ribu. Untuk bisa melakukan pre wedding, camping, ataupun kegiatan dengan jumlah peserta yang lumayan banyak, traveler harus ijin terlebih dahulu ke pihak pengelola, demi keamanan dan kenyamanan bersama. (AS/IPG)