Menikmati Spaghety dari Tanah Batak, Mie Gomak!

Andaliman, Rahasia Kelezatan Kuliner ini!

Menikmati Spaghety dari Tanah Batak, Mie Gomak!
Rasanya pedas, gurih, dan nikmat, Photo by Resepkoki

Mie Gomak merupakan salah satu makanan khas dan andalan provinsi Sumatera Utara.  Tak heran, mulai dari Siantar, Parapat, Balige, Labuhan Batu, Sibolga, Tapanuli dan seluruh daerah di Sumatera Utara ini, banyak menyajikan Mie Gomak.  Yah, Mie gomak sangat mudah didapatkan di warung pinggir jalan dan menjadi menu makanan khas dengan bumbu spesial resep  turun menurun.

Mie Gomak adalah sajian kuliner khas yang asalnya dari masyarakat Batak Toba dengan bahan baku pembuatannya adalah mie lidi, rasanya pedas dan lezat dengan rasa bumbu yang sangat khas.  Selintas sajiannya mirip dengan Mie Aceh, namun perbedaannya Mie Gomak memiliki karakter mie lebih besar dan padat, menggunakan jenis mie lidi.  Sering disebut spaghety-nya Batak, karena jenis mienya sama seperti spaghety makanan asal Italia.

Menikmati Spaghety dari Tanah Batak, Mie Gomak!
Aroma Andaliman-nya Sangat Menyegarkan

Salah satu daya tarik kuliner ini adalah memiliki aroma yang menyegarkan yang berasal dari rempah andaliman.  Andaliman adalah bumbu masak khas seperti merica, rempah khas Medan ini berbentuk seperti lada mungil berwarna hijau dengan rasa pedas dan asam.  Dari andaliman inilah, Mie Gomak memiliki aroma khas yang sangat spesial, yang menjadi sajian mie ini selalu dinanti.  Menikmati dan merasakan tekstur mie yang kenyal-kenyal gurih dengan sentuhan pedas dan asam yang pas. Bebebrapa sajian menu olahan mie gomak seperti mie gomak kuah, mie gomak goreng sampai mie gomak bumbu kacang dapat Traveler pilih.

Disebut Mie Gomak karena awal pembuatan mie ini dibuat dengan cara digomak-gomak atau digenggam dengan tangan, walaupun kini tidak lagi dibuat dengan cara seperti itu. Namun, seiring berjalannya waktu, penjual Mie Gomak pun sudah tidak melakukan hal tersebut.  Saat ini dikemas lebih modern, lebih higenis dan sangat menjaga kebersihan.  Pembuatan Mie Gomak tidak lagi menggunakan tangan tapi dengan menggunakan mie lidi. Meski sudah beda cara memasaknya tapi rasa yang dimilikinya tetap sama, lezat, gurih dan aromanya khasnya tetap terjaga.

Menikmati Spaghety dari Tanah Batak, Mie Gomak!
Tekstur Mienya sama seperti spaghety-nya Italia

Mie Gomak pun dapat disajikan dengan rebus berkuah dan kering digoreng.  Meskipun memilih Mie Gomak berkuah, namun penyajiannya tetap terpisah.  Mie yang sudah direbus dibuat terpisah dengan kuah berkaldu ayam yang diberikan bumbu saus serta diisi dengan sayuran dan sambalnya.  Biasanya, Mie Gomak ini akan disajikan dengan gorengan, seperti ubi goreng, goreng pisang, godok-godok, tempe goreng dan tahu goreng serta telur rebus.

Menikmati Spaghety dari Tanah Batak, Mie Gomak!
Bumbu dan Resep Mengolah Mie Gomak, Photo by MakanAbis

Keunikan Mie Gomak lainnya yaitu terlihat dari proses masaknya.  Untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal, cara masak Mie Gomak tidak bisa sembarangan.  Jika masak menggunakan kompor, aromanya kurang kuat dan bumbu pun kurang menyerap. Untuk itu harus menggunakan tungku tradisional sehingga dapat memastikan bumbu menyerap dengan baik, dan aroma bumbu andaliman tetap terjaga. Hasilnya, Mie Gomak terasa lebih lezat dan gurih!

Salah satu tempat makan yang menyajikan Mie Gomak paling enak yang bisa ditemukan di Medan adalah Mie Gomak Pasar Balige.  Mie Gomak Pasar Balige adalah Mie Gomak yang sangat populer dengan rasanya yang sangat nikmat dan menggugah selera.(Niel)