Menikmati Sunrise dan Selfie di Pantai Bobby Karimunjawa

Sunrise dan Selfie di Pantai Bobby

Ibarat permata, Karimunjawa merupakan pulau eksotis yang berada di tengah Laut Jawa, sekitar dua jam setengah naik kapal cepat dari Jepara. Pantainya masih relatif bersih dan tidak terlalu ramai pengunjung kecuali musim liburan panjang akhir tahun atau hari raya Idul Fitri. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah pantai Bobby yang terletak di sebelah timur pusat kota Karimunjawa.

Walau di tepi pantai, namun jalan menuju pantai Bobby cukup terjal dan berliku karena langsung berhadapan dengan bukit yang menghiasi hijaunya pulau. Bagi pengendara motor atau mobil harus berhati-hati karena jalannya cukup licin apalagi saat musim hujan. Namun begitu tiba di pantai sirna sudah segala ketegangan sepanjang perjalanan.

Pantainya sendiri tidak terlalu panjang namun sangat bersih dan pasirnya putih serta airnya masih relatif bening. Kita bisa bebas berenang dan tersedia juga beberapa spot buatan untuk selfie dengan latar belakang laut saat sunrise. Jadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai tersebut sebaiknya pagi hari setelah subuh untuk mengejar waktu matahari terbit. Selain itu kalau pagi masih sepi pengunjung jadi bisa bebas berselfie ria di setiap spot di tepian pantai.

Tarif masuknya cuma 10 Ribu Rupiah saja per orang, namun kadang kalau datang pagi hari belum ada penjaganya jadi masih bisa masuk secara gratis. Fasilitas yang ada di sini cukup lengkap walaupun masih tergolong sederhana untuk sebuah obyek wisata. Selain spot selfie, tersedia juga toilet dan warung tempat nangkring yang menjual kopi dan makanan ringan seperti mie seduh. Di samping itu juga tersedia beberapa saung untuk tempat berteduh sekaligus menikmati pemandangan pantai yang masih alami.

Ombak lautnya relatif tenang karena letaknya berada di teluk sehingga kita dapat berenang atau sekedar bermain di tepi pantai. Namun jangan terlalu jauh ke tengah karena dikhawatirkan terseret ombak, paling jauh sebatas spot selfie yang terdapat sekitar 50 meter dari tepi pantai. Pantainya sendiri masih benar-benar alami sehingga kita dapat menikmati pemandangan laut dan perbukitan sepuasnya.

Pantai ini tergolong baru sekitar tiga tahun menjadi obyek wisata dan dikelola sendiri oleh Bobby sebagai pemilik lahannya. Kondisinya masih sangat alami, termasuk bangunannya sendiri terbuat dari kayu dengan memanfaatkan bahan dari lingkungan sekitar. Lokasinya hanya sekitar tiga kilometer dari alun-alun Karimunjawa dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit dengan motor.

Pemandangan di sekitar pantai juga masih alami, belum ada bangunan lain selain yang ada di pantai itu sendiri. Hal ini semakin menambah nikmatnya berwisata pantai karena udaranya masih sangat segar dengan aroma perbukitan yang terletak tepat di sisi jalan menuju pantai.

Pantai ini cocok buat pasangan muda atau keluarga kecil yang ingin menikmati suasana hening jauh dari keramaian kota. Wisatawan bisa menyewa motor atau mobil dari pusat kota Karimunjawa untuk menuju kesini karena di pulau tersebut memang tidak tersedia angkutan umum.(Diaz)