Menu Takjil Khas Makassar

Kuliner yang cocok buat buka puasa

Takjil Makassar, Es Pisang Ijo

Tak terasa bulan puasa sudah mau di ujung. Namun bagi Traveler pemburu kuliner, masih ada kesempatan untuk berburu makanan takjil khas daerah lainnya. Seperti berikut ini, berbagai hidangan buka puasa, khas dari daerah Makassar siap tersaji!

Es pisang ijo

Siapa yang tidak kenal dengan kudapan satu ini, Es Pisang Ijo. Sajian yang terdiri dari pisang nan manis yang digulung dengan adonan tepung berwarna hijau, lalu disiram dengan sirup manis dan juga es serut. Sensasi segar langsung dirasakan sejak pertama kali masuk ke mulut.

Takjil Makassar, Pallu Butung
Takjil Makassar, Pallu Butung

Pallu Butung

Minuman satu ini disajikan dengan irisan pisang yang manis, bubur sumsum dan sirup merah. Bedanya dengan es pisang ijo, pisang dalam palu butung tidak dilapisi tepung berwarna hijau. Makin nikmat jika dinikmati dengan es batu.

Sanggara Balanda

Kudapan ini terbuat dari pisang yang dibelah tengahnya, lalu digoreng hingga kecokelatan. Setelah itu diisi dengan campuran kacang goreng, parutan keju, gula pasir,gula aren, karamel, dan mentega. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang raja atau pisang tanduk yang sudah matang.

Takjil Makassar, Sokko
Takjil Makassar, Sokko

Sokko

Sokko adalah makanan tradsional khas Makassar yang terbuat dari beras ketan putih atau ketan hitam yang di kukus. Disajikan dengan taburan kelapa parut goreng. Makanan khas Makassar ini biasanya dikonsumsi bersama dengan lauk ikan asin kering atau telur asin.

Takjil Makassar, Pisang Epe
Takjil Makassar, Pisang Epe

Pisang epe

Salah satu ikon-nya kuliner Makassar. Diolah dengan cara dibakar. Yang lebih istimewa, kuliner ini disajikan dengan saus gula aren yang memunculkan rasa manis yang khas.

Takjil Makassar, Barongko
Takjil Makassar, Barongko

Barongko

Rasanya legit dan manis. Cara membuatnya sangat mudah, yakni dengan menghaluskan pisang yang sudah matang, lalu dicampurkan dengan telur, santan, dan gula pasir. Bungkus adonan dengan daun pisang, lalu kukus. Barongko siap dinikmati!

Selamat berbuka puasa!(Niel)