Surga Tersimpan di  Pantai Nihiwatu

Surganya bagi para pecinta berselancar

NTT, Pantai Nihiwatu,
NTT, Pantai Nihiwatu,

Pulau Sumba yang masih masuk dalam provinsi NTT ini, menyimpan banyak sekali pantai-pantai indah yang sudah di akui dunia. Salah satunya Pantai Nihiwatu, pantai yang menjadi surga bagi para pecinta berselancar. Pantai Nihiwatu yang berada di wilayah Sumba Barat ini, merupakan salah satu tujuan para surfer atau peselancar kelas dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai tersebut. Bahkan para peselancar menjuluki pantai ini dengan sebutan God’s Left. Tak heran banyak wisatawan yang berasal dari luar negeri wara wiri ke Pantai Nihiwatu. Untuk dapat menikmati keindahan dan kedahsyatan ombak di Pantai Nihiwatu, tidak sembarang orang dapat melakukannya, termasuk orang Sumba sendiri. Pantai Nihiwatu memang merupakan salah satu pantai yang mempunyai sifat privasi bagi kalangan tertentu.

NTT, Pantai Nihiwatu
NTT, Pantai Nihiwatu

Karakteristik Pantai Nihiwatu yaitu pasirnya yang berwarna putih terhampar sepanjang 2.5 km, dengan pesona panoramanya yang tak tertandingi, menyihir setiap wisatawan yang datang kesana untuk terlelap berlama-lama, menikmati semua keindahannya. Karena jarak tempuhnya yang cukup jauh, tak heran kalau masih banyak orang yang belum tahu keberadaan pantai ini.

Memang tidak banyak yang tahu tentang keberadaan Pantai Nihiwatu ini. Namun ombak di tempat ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia dan juga merupakan ombak tercepat di dunia. Bahkan, Pantai Nihiwatu berada di posisi ke-17 dari 100 pantai terbaik di dunia dan satu-satunya pantai di Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia. Tak hanya itu saja, Pantai Nihiwatu berhasil melangkahi keindahan panorama terkenal lainnya yaitu Pantai Hanalei Bay di Hawaii yang berada di peringkat 27.

NTT, Pantai Nihiwatu
NTT, Pantai Nihiwatu

Terletak di arah 30 Km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pantai ini memang memiliki suasana yang sepi namun nyaman, sehingga sangat cocok bagi yang ingin menyendiri dan menikmati suasana pantai. Mungkin, karena letak Pantai Nihiwatu jauh dari keramaian kota dan belum terjamah oleh industri – industri yang ada di Indonesia, sehingga jauh dari keramaian seperti pantai-pantai terkenal lainnya.

Pantai Nihiwatu saat ini dikelola oleh sebuah resort internasional yang bernama Resort Nihiwatu. Tidak semua orang dapat bebas memasuki lokasi pantai ini, karena penjagaan yang cukup ketat. Hanya tamu Resort Nihiwatu saja yang diperbolehkan memasukinya. Namun, jika Traveler ingin menikmati keindahan Pantai Nihiwatu, lakukan terlebih dahulu pemesanan kamar untuk menginap di Resort Nihiwatu ini.

NTT, Pantai Nihiwatu,
NTT, Pantai Nihiwatu, photo by Authentic Indonesia

Bangunan resort ini terdari dari villa-villa yang menghadap ke laut. Beberapa bungalow yang ada terdiri dari 3 kamar tidur berukuran besar yang dibangun di atas bukit dan dilengkapi dengan kolam renang pribadi yang langsung menghadap ke Samudera Hindia. Wouw,…benar-benar suasana ekslusive yang sangat tenang, nyaman dan menyenangkan.

Begitu pula dengan restorannya yang sengaja dibangun menghadap ke arah pantai dengan model bangunan terbuka. Arsitektur dan ornamen bangunan yang ada di resort ini merupakan gabungan dari desain tradisional dan modern. Selain menawarkan keindahan lautnya, di resort ini anda akan dikenalkan budaya Pulau Sumba.

Karena Pantai ini merupakan salah satu tempat favorit untuk berselancar, maka demi menjaga keamanan dan keselamatan peselancar, ada aturan yang harus diikuti. Peselancar tidak bisa bebas melakukan aksinya, daftar dahulu untuk mendapatkan waktu berselancar.  Yah, peselancar tidak dapat berselancar bersamaan dalam satu waktu, dibatasi hanya 10 orang saja, apabila sudah ada 10 peselancar di pantai, maka peselancar lainnya harus menunggu giliran. Saat menunggu giliran berselancar, banyak kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan. Traveler dapat melakukan aktifitas memancing, snorkeling, scuba diving atau  menaiki perahu ke daerah teluk Pantai Konda Maloba, mengamati burung – burung.  Seru juga bersepeda gunung hingga trekking ke air terjun.

Untuk berkunjung ke Pantai Nihiwatu, berangkat dari Bandara Ngurah Rai Denpasar, lalu pilih pesawat dengan tujuan ke Bandara Tambolaka. Dari Bandara Tambolaka, Traveler dapat menyewa mobil untuk mengantarkan langsung ke Pantai Nihiwatu.

Nah, bagi Traveler yang gemar melakukan selancar, pantai ini wajib ada dalam daftar tempat siap dikunjungi. Karena tak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan, pantai ini menjadi salah satu surga bagi para surfer dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai tersebut. Dan yang utamanya lagi, pantai ini memiliki suasana yang sepi dan nyaman, sangat cocok bagi yang ingin menyendiri dan menikmati suasana pantai.(Niel)