Menyibak Pesona Pantai Watu Dodol

Kota yang menyimpan pesona alam yang sangat menakjubkan

Pantai Watu Dodol
Pantai Watu Dodol, photo by thisiseastjava

Banyuwangi merupakan kota yang terletak berada paling timur di pulau Jawa, sehingga membuat fajar terbit pertama kali di sini. Kota ini menyimpan pesona alam yang sangat menakjubkan, salah satunya adalah Pantai Watu Dodol. Pantai Watu Dodol terletak di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur dan berjarak 15 km dari pusat kota. Lokasinya berada di By Pass Banyuwangi ke Situbondo sehingga tempat ini sering digunakan sebagai tempat peristirahatan.

Pantai Watu Dodol
Pantai Watu Dodol, photo by rhmymfdy

Lokasinya sangat strategis sehingga sangat mudah untuk dikunjungi. Pada saat akhir pekan dan waktu liburan panjang telah tiba, banyak traveler baik lokal maupun mancanegara datang mengunjungi pantai ini karena keindahan alamnya.

Pantai Watu Dodol
Pantai Watu Dodol, photo by adam.septiansyah

Ketika sampai di Pantai Watu Dodol, dari arah Utara traveler akan disambut oleh Patung Gandrung. Patung ini merupakan ikon Kota Banyuwangi dan Gandrung adalah salah satu tradisional dari daerah tersebut. Selain itu terdapat batu besar yang bentuknya menyerupai dodol, makanan tradisional. Di sini banyak sekali pemandangan menarik yang menghipnotis mata. Mulai dari patung gandrung, pemandangan kapal feri yang menyebrang ke Pelabuhan Gilimanuk, dan traveler juga bisa melihat pemandangan pulau bali. Untuk bisa melihatnya traveler harus mendaki bukit yang berada di kawasan ini dengan biaya Rp3 ribu.

Pantai Watu Dodol
Pantai Watu Dodol, photo by darwisalwan

Hal unik lainnya yang ada di Pantai Watu Dodol adalah adanya sumber air tawar yang berada di bibir pantai. Saat air laut pasang pun, sumber air tersebut tetap tidak terasa asin. Konon, airnya dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, jadi jangan heran kalau banyak traveler yang membawa pulang air tersebut.

Pantai Watu Dodol
Pantai Watu Dodol, photo by infobanyuwangi.com

Selain bermain-main di pantai, traveler juga harus mengabadikan momen-momen indah dari berbagai spot yang memang sangat menarik. Terdapat beberapa spot foto yang keren dan instagramable, diantaranya yaitu Patung Gandrung, Watu Dodol, Sumber Air Tawar dan Bunker Penjajahan Jepang.

Jika sudah puas bermain-main, jangan lupa untuk menikmati makanan khas dari Kota Banyuwangi yang ditawarkan warung-warung di sekitar pantai. Ada juga toko-toko yang menjual berbagai cinderamata yang cantik nan indah. Jadi jangan sampai lupa untuk berkunjung ke sini, ya! (AS/IPG)