Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Koleksi Barang Abad 18

Koleksi yang ada tersimpan dan tersusun rapih.

foto: museummpu.wordpress.com

Keberadaan musium saat ini sudah kembali diminati masyarakat luas. Koleksi barangnya yang antik dan unik serta sudut-sudut asyik yang bisa dijadikan tempat berselfi ria, menjadi salah alternatif berwisata. Seperti di Musium Mpu Tantular, Sidoarjo ini.

Museum Mpu Tantular, memiliki sejumlah koleksi berharga untuk dikenalkan ke masyarakat. Beberapa di antaranya yaitu telepon meja, sebuah telepon yang terbuat dari bahan logam (perunggu), dan shimponion alat musik ini berasal dari Jerman pada abad XVIII M.

Ada pula koleksi sepeda kayu, merupakan bentuk sepeda yang paling tua diciptakan oleh Michael Kesler, seorang berkebangsaan Jerman pada tahun 1766. Selain sepeda kayu juga ada koleksi sepeda motor uap, yang diciptakan oleh Gottlien Daimler, warga negara Jerman.

Untuk mencari tahu lebih lanjut tentang barang-barang koleksi museum, bisa langsung browsing tanpa buffering dengan XL Axiata yang memiliki jaringan internet stabil, melalui produknya XL dan Axis.

Barang-barang yang berada di museum tersimpan dengan rapih. Museum yang megah ini berada di atas tanah seluas 3,28 hektare dan terletak di Jalan Raya Buduran, Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

Lahan museum yang cukup luas memungkinkan pengunjung nyaman saat berjalan jalan di dalam museum maupun di tempat-tempat peninggalan yang berada di area out door. Museum ini sebelumnya berada di Surabaya dan pernah juga pindah menempati lokasi di Jalan Taman Mayangkara atau di depan Kebun Binatang Surabaya ( KBS).

Di bagian depan terdapat joglo, kemudian bangunan lainnya yakni gedung administrasi, perpustakaan, gedung pameran tetap, (Gedung Majapahit), Galeri Von Faber, gedung pameran tuna netra, ruang kerja koleksi storage, gedung preparasi, laboratorium konservasi, gedung bimbingan edukasi dan mushola.

Untuk dapat ke museum setiap pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp 4.000 untuk dewasa dan anak anak Rp3.000. Kemudian potongan tiket masuk hanya berlaku bagi rombongan. Jangan lupa, selalu siaga untuk berselfi ria terus upload deh ke Instagram, facebook dan twitter. Dengan XL Axiata, jaringan internetnya jadi lebih stabil, upload selfi ke sosmed pun lancar. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi