Ngalau Indah, Wisata Unik di Kota Payakumbuh

Goa dan Puncak Marajo yang Menjadi Ikonik Objek Wisata ini

Ngalau Indah, Wisata Unik di Kota Payakumbuh
Bebatuan di dalam Goa Ngalau nan Unik

Kota Payakumbuh dianugerahi panorama nan cantik dan mempesona.  Dikelilingi oleh banyak dataran tinggi Bukit Barisan, serta keindahan pemandangan puncak-puncak Gunung Marapi, Gunung Sago dan Gunung Singgalang.  Payakumbuh juga merupakan perlintasan antar kedua provinsi, yakni Sumatera Barat dan Riau.  Dalam kawasan perlintasan antar provinsi ini, ada satu objek wisata yang sangat unik, yang asyik untuk di eksplore.  Yaitu sebuah rest area yang memadukan tempat peristirahatan dengan tempat wisata.  Namanya Ngalau Indah.

Ngalau Indah, Wisata Unik di Kota Payakumbuh
Indahnya memandang Kota Payakumbuh dari ketinggian, Photo by @ptrwldr

Rest area itu sendiri berada di pelataran Ngalau Indah yang terletak di dataran yang lebih rendah.  Tak heran, rest area Payakumbuh memberikan sensasi yang berbeda dari rest area pada umumnya. Setelah melepas lelah dengan beristirahat sejenak di kedai-kedai yang disediakan kawasan rest area ini, jangan lupa untuk mengeksplor keindahan Ngalau Indah.

Nama Ngalau Indah berasal dari Bahasa Minang. Ngalau artinya goa. Ngalau Indah adalah sebuah goa yang sangat indah.  Nah, di rest area ini terdapat sebuah goa ini mempunyai panjang ratusan meter dan melingkar di pinggang bukit batu karang yang mengelilingi Payakumbuh. Sehingga goa ini sering disebut sebagai Goa Panjang.  Goa ini terbentuk secara alami yang terjadi ribuan tahun lalu.  Sejak ditemukan oleh pemerintah kolonial Belanda hingga saat ini, Ngalau Indah selalu menjadi sorotan para wisatawan.  Objek wisata ini masih tergolong asri dan alami karena menyatunya hijau hutan di sekitar lokasi.  Hutan-hutan ini menambah kesejukan saat berkunjung ke Ngalau Indah.

Ngalau Indah, Wisata Unik di Kota Payakumbuh
Kawasan Hutan yang menempel dengan objek wisata NGalau Indah

Keindahan Ngalau Indah menyajikan stalaktit yang menggantung belasan meter di atas kepala. Selain itu ada juga stalakmit yang seakan tumbuh dari dasar goa, semakin menambah pesona Ngalau Indah.  Akses jalan di dalam goa sudah dibaguskan yaitu dengan jalan cor beton.  Adanya jembatan yang melewati sejumlah jurang yang ada di dalam goa, menjadikan satu pemandangan alami nan indah dan mempesona.  Goa Ngalau memiliki beberapa mulut goa yang digunakan untuk akses keluar dan masuk.

Goa Ngalau terletak pada ketinggian 640 mdpl.  Terdapat sejumlah bagian yang unik dan khas di dalam goa ini.  Seperti batu gong, yaitu sebuah batu berlubang dengan bentuk seperti kerucut berongga atau menyerupai lonceng.  Batu gong terletak tepat di sisi kiri dari pintu masuk.  Dari bentuknya yang unik ini, batu gong menghasilkan pantulan suara yang cukup nyaring terdengar.  Selain batu gong, juga ada dua buah batu yang posisinya berdampingan, menyerupai gajah dan jamur. Model lainnya juga ada yang berbentuk manusia, kelambu, payung dan sebagainya.

Ngalau Indah, Wisata Unik di Kota Payakumbuh
Tangga-Tangga di dalam Goa

Masih dalam kawasan objek wisata Ngalau Indah, Traveler juga dapat menikmati keindahan Puncak Marajo, yang merupakan nama dari Puncak Bukit Karang. Untuk mencapai lokasi ini, Traveler harus menyusuri jalan setapak setelah keluar sedikit dari Ngalau Indah.   Tepatnya dari area belakang Ngalau Indah, terdapat ratusan anak tangga yang mengarah ke Puncak Marajo dan Goa Panjang kurang lebih 1 kilometer.

Begitu sampai di Puncak Marajo, pandangan mata akan dimanjakan dengan panorama keindahan Kota Payakumbuh dari ketinggian.  Juga menikmati panorama cantik deretan puncak-puncak gunung berapi, baik yang masik aktif maupun yang sudah tidak aktif.  Gunung-gunung ini berbaris seakan menjaga Tanah Minang nan menawan ini, seperti Gunung Sago, Gunung Marapi, dan Gunung Singgalang.

Ngalau Indah, Wisata Unik di Kota Payakumbuh
Puncak Marajo, Menikmati panorama puncak-puncak pegunungan, Photo by @harguswanto

Ngalau Indah terletak sekitar 4 km dari pusat Kota Payakumbuh atau 31 km dari Bukittinggi.  Rest Area Payakumbuh ini mempunyai area parkir yang luas, jadi Traveler dapat leluasa memakirkan kendaraannya.  Selain itu, banyak kedai-kedai makanan dan minuman sehingga jangat takut kalau kelaparan, karena kedai-kedai ini menyajikan makanan dan minuman yang dapat dinikmati.(Rafa)