Nongko Ijo, Sensasi Keindahan Hutan Pinus yang Menakjubkan

Keindahannya bak di Negeri Dongeng

Nongko Ijo
Spot Keseruan yang disiapkan, Photo by Tias.WMF

‘Nongko Ijo’, merupakan hutan pinus, dengan ‘berjamurnya’ hijau dedauan, sehingga menciptakan udara yang segar nan menyejukkan.  Pemandangan di sekitarnya pun sangat indah dan menakjubkan.  Suasana hutan pinus yang hijau nan asri ini memberi kesan begitu nyaman dan damai bagi setiap pengunjung.  Banyak spot-spot photo yang menarik untuk background photo bagi pengunjung di wisata hutan pinus Nongko Ijo ini.  Konon, menurut warga desa setempat, ditempat itu memang ada banyak buah nangka hijau yang tumbuh subur. Dari situlah Wisata Alam ini dinamakan Nongko Ijo.

Nongko Ijo
Spot Ikonik Nongko Ijo

Hutan pinus Nongko Ijo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di lereng Gunung Wilis sisi barat, tepatnya di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun Jawa Timur.  Selain deretan pohon-pohon pinus yang memberi kesan asri, banyak juga bunga-bunga yang menyejukkan mata.  Apalagi disana juga ada sungai yang mengalir, suara gemericik sungai yang melenakan siapapun yang sedang menikmati tempat ini serta airnya yang jernih menyegarkan, membuat Traveler betah berlama-lama disini.  Hawa dingin khas daerah pegunungan mengiringi setiap langkah Traveler saat berada di Nongko Ijo ini.

Swaphoto Instagramable

Berfoto di Nongko Ijo dapat berlatarkan  keindahan alam yang sangat luar biasa. Mulai dari pepohonan yang berjajar rapi hingga aliran sungai yang menenangkan.  Yah, memandang keindahan alam semesta dengan diwarnai suara gemericik aliran air sungai nan merdu, dimana aliran airnya terlihat diantara pepohonan dan gunung yang mengintip.  Sungguh latar foto yang sangat menakjubkan, menciptakan satu keindahan bak di negeri dongeng.

Nongko Ijo
Kecantikan Pohon Pinus yang Memukau

Selain latar foto aliran sungai yang dapat dibidik dan menciptakan view photo yang berkelas, Traveler juga dapat membidik latar photo yang  langsung menghadap gunung yang asri.  Mau yang agak-agak melo, Traveler dapat menempatkan sudut pemotretannya pada posisi di arena ayunan.  Yah, terdapat beberapa ayunan yang dibuat berpasangan yang ditempatkan diantara pepohonan pinus. Klasik dan romantis sekali!

Travaler juga dapat menikmati di salah satu sudut yang nggak kalah seru, keren dan masih di area Nongko Ijo, yaitu taman edukasi yang unik dan keren banget.  Didalamnya terdapat puluhan kincir angin.  Taman yang dirintis oleh mahasiswa KKN-T Bina Desa Universitas PGRI Madiun ini, yang juga bekerja sama dengan Karang Taruna  dan pengelola Nongko Ijo. Di area taman edukasi ini terdapat sebuah kincir raksasa serta ratusan kincir warna warni.  Bukan hanya pemandangannya yang sangat menarik, namun Traveler akan mendapatkan nilai tambah yaitu pengetahuan serta informasi mengenai kincir angin.  Wisata alam sekaligus wisata edukasi!

Menghabiskan liburan di Nongko Ijo yang memakan lahan lebih dari 2 hektar ini, akan menjadi sensasi yang paling seru.  Selain terpuaskan dengan panorama alamnya yang asri dan alami, berbagai wahana siap menyita waktu untuk dicoba satu persatu.  Ada wahana tubing, flying fox, outbound, ATV serta menunggang kuda.

Lelah menyantap semua wahana disini, Traveler dapat menikmati istirahat sesaat dengan berleha-leha di gazebo-gazebo yang disediakan disana.  Dilengkapi dengan jajanan yang lezat yang akan memuaskan rasa lapar dan haus.  Benar-benar sangat menyenangkan menghabiskan liburan di tempat wisata alam hutan pinus Nongko Ijo ini.

Nongko Ijo
Menikmati Udara yang segar dan alam yang indha, Photo by Visit_Madiun

Jarak ke Nongko Ijo dari pusat pemerintahan kabupaten Madiun sekitar 15 kilometer. Jika ditempuh dari Kota Caruban membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Asyiknya lagi, di sepanjang perjalanan ini, Traveler  akan dimanjakan dengan pemandangan rimbunnya pepohonan di hutan serta hijaunya areal persawahan.  Tak perlu khawatir dengan medan yang siap di tempuh, karena jalan menuju objek wisata ini cukup halus sampai titik lokasi.  Traveler akan nyaman menikmati perjalanan ini!(Adhit)