Panorama nan Eksotis di Pantai Pulang Sawal

Kombinasi Cantik Pasir Putih dan Birunya Laut

Pantai Pulang Sawal
Senja di Pantai Pulang Sawal, Photo by RaskitatransDotCom

Secara resmi oleh pemerintah setempat pantai ini diberi nama Pantai Pulang Sawal.  Pantai Pulang Sawal adalah salah satu pantai yang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini sudah lama jadi destinasi wisata bagi pelancong Gunungkidul. Pemandangan laut, udaranya yang asyik serta pasir putih yang disajikan jadi daya tarik utama.

Dengan alasan panorama Pantai Pulang Sawal yang cantik inilah, tak heran banyak  wisatawan yang tak mau absen jika berkunjung ke Yogyakarta, menyempatkan diri datang ke pantai ini.  Sungguh suatu pemandangan yang menakjubkan, melihat hamparan pasir putih berpadu dengan laut yang biru serta kolaborasi keunikan bukit karang yang mengapit kedua sisi, melengkapi keindahan panorama pantai ini.   Apalagi pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia, yang kondisi lautnya sangat spektakuler heboh dan tidak terlalu tenang, sehingga suara gelombang dan buih ombaknya terlihat fantastis.

Pantai Pulang Sawal
Panorama Alam nan Cantik, Photo Wikipedia

Pantai Pulang Sawal memang tidak terlalu aman untuk berenang. Ombaknya cukup besar dan arus lautnya deras. Namun, ada aktivitas seru lainnya yang bisa dijajal seperti menyewa jetski dan menikmati debur ombaknya.  Traveler akan ditemani oleh pemandu sehingga aman di atas jetski yang melaju kencang ini.

Kontur lahan Pantai Pulang Sawal cukup landai dengan garis pantainya termasuk paling lebar di kawasan Gunungkidul ini. Kesejukan sangat kentara dengan barisan pohon kelapa dan pohon palem yang nampak cantik tertata dalam balutan bibir pantai.  Pantai ini memang terkenal dengan eksotisme keindahannya dan pantai ini juga terkenal sebagai pantai yang paling bersih.

Pantai Pulang Sawal
Hamapran Pasir Pantainya Mempesona, Photo by DeckySuryata (IG)

Pantai ini lebih dikenal banyak orang dengan nama Pantai Indrayanti. Indrayanti sendiri merupakan nama sebuah kafe yang terletak di dekat pantai. Dahulu banyak wisatawan yang datang ke pantai ini dan setiap kali lapar dan haus pasti singgah ke kafe Indrayanti. Karena lokasinya sangat dekat dan bersebelahan dengan bibir pantai, akhirnya para pengunjung pun menyebut pantai ini adalah Pantai Indrayanti, sehingga nama tersebut menjadi terkenal ketimbang nama asli pantai ini.

Pantai Pulang Sawal menyuguhkan pemandangan eksotis berupa hamparan pasir putih yang luas yang berpadu dengan birunya air laut, dan hal ini dapat dinikmati dari ketinggian atas bukit.  Ketika Traveler memasuki bagian barat dari pintu masuk pantai, Traveler akan melihat gunungan batu karang yang cukup besar dan elok. Batu karang tersebut bagaikan gerbang menuju pantai berpasir putih yang cukup luas yang masih menjadi bagian dari Pantai Pulang Sawal ini. Nah, keindahan pantai dan laut di sini pun tak kalah mempesonanya ketika dilihat dari atas bukit karang ini. Terdapat satu bukit di bagian timur yang bisa dinaiki dengan melewati jalan setapak untuk melihat pesona keindahan laut ini dari ketinggian. Hijaunya tanaman yang tumbuh di bukit karang tersebut pun menambah eloknya pantai ini.

Pantai Pulang Sawal
Saat Pantai Surut, Photo by Lea_Djava

Selain fasilitasnya yang sangat lengkap, area parkir yang cukup luas, toilet serta kamar mandi, ruang ganti bahkan ada penginapan disini.  Juga beragam kios makanan dapat ditemukan di sepanjang pantai ini.  Dari segi keamanan, pantai ini juga menyediakan pelayanan yang terbaik. Seluruh kawasan dijaga oleh lifeguard atau penjaga pantai, sehingga dapat memantau segala kejadian yang terjadi di sepanjang pantai ini. Kebersihan pantai pun dijaga sangat ketat. Pengunjung yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan langsung kena denda berupa uang.

Lokasi Pantai Pulang Sawal sangat mudah dicapai karena akses dan jalanannya bagus dan memadai.  Ada beberapa alternatif rute yang bisa dipilih menuju pantai ini. Rute pertama yaitu Yogyakarta – Panggang – Bintaos. Rute lainnya adalah Yogyakarta melalui Wonosari ke Bintaos. Rute ini searah dengan jalan menuju Pantai Pok Tunggal.  Banyak sekali petunjuk jalan yang bisa dijadikan pedoman untuk menemukan Pantai Pulang Sawal ini. Bisa juga menggunakan aplikasi map untuk lebih jelasnya lagi.(Raditya)