Pantai Air Dingin, Lukisan Alam Yang Menakjubkan

Dengan keindahan hamparan pasir putihnya

Pantai Air Dingin
Pantai Air Dingin, photo by ade_22

Aceh Selatan disebut sebagai Kabupaten dengan pesisir terluas di Aceh ini, memiliki banyak pantai yang masih alami dan perawan. Hal ini tentunya karena wilayah Aceh Selatan dikelilingi langsung oleh lautan lepas yang banyak memiliki pantai yang sangat indah. Keindahan ini semakin menakjubkan dengan panorama pegunungan yang menjulang tinggi yang banyak mengelilingi pantai-pantainya. Pemandangan pegunungan yang hijau juga bisa traveller lihat langsung di sini. Pohon kelapa akan menambah nuansa asri pantai ini.

Pantai Air Dingin
Pantai Air Dingin, photo by anyroad_anywhere

Salah satunya adalah Pantai Air Dingin, salah satu dari sekian banyak pantai dengan keindahan hamparan pasir putihnya. Pantai Air Dingin terletak di Kecamatan Samadua.  Keindahan pantai ini sangat memikat, tak heran Pantai Air Dingin selalu diserbu penduduk lokal bahkan traveller mancanegara, yang ingin memanjakan mata melihat lautan dan pantai yang luas ini. Tak hanya menyuguhkan pesona pantai, sekitar 50 meter di seberang pantai  juga terdapat Air Terjun Batee Tunggai atau biasa disebut Air Dingin.

Tidak terlalu sulit mencapai lokasi pantai ini. Dari kota Tapaktuan, Traveller cukup menempuh waktu 20 menit untuk sampai ke Pantai Air Dingin. Begitu sampai di pantai, langsung disambut angin sepoi-sepoi yang siap menyibakkan kelembutan di sepanjang jalan pantai. Juga suara deburan ombak yang tidak henti-hentinya. Pantai ini persis berada di pinggir jalan raya. Untuk masuk ke pantai ini pun masih free alias tidak ada pungutan bayaran.

Pantai Air Dingin
Pantai Air Dingin, photo by juhardi.ardi.3

Memainkan pasir putih, menangkap kepiting kecil, atau mandi laut pun biasa dilakukan oleh siapapun yang datang ke pantai ini. Bahkan sekedar mengabadikan gambar yang sangat eksostis, jadi keseruan tersendiri menikmati Pantai Air Dingin ini. Bagaimana tidak eksotis jika air laut dengan beberapa gradasi warna biru kehijauan sangat memanjakan pandangan mata ditambah hamparan pasir putihnya. Belum lagi jika senja tiba, para muda-mudi sibuk berfoto ria di sini dengan siluet jingga.

Pantai Air Dingin
Pantai Air Dingin, photo by ebangun

Traveller juga bisa memancing ikan dan mandi laut di Pantai Air Dingin. Tapi hati-hati, jangan terlalu ke tengah karena ombaknya cukup besar di beberapa waktu. Lelah bermain dengan pasir putih, traveller bisa menyantap Mie Aceh di warung sekitar pantai. Kendaraan bisa diparkirkan gratis di depan warung-warung tersebut.

Jika traveller ingin berpose dengan latar hamparan pantai biru, pasir putih dan pegunungan dalam sekaligus, kunjungilah Pantai Air Dingin di Samadua, Kabupaten Aceh Selatan ini. Pasti menyesal jika traveller melewatkan objek wisata yang sangat mudah diakses ini. (DM/IPG)