Pantai Tanjung Pakis, Salah Satu Sudut Istimewa di Karawang

Luas Pantai 350 meter dengan panjang pantai 7 kilometer

Pantai Tanjung Pakis, Salah Satu Sudut Istimewa di Karawang
Menikmati pantai di tengah kota industri, photo by@putrapinaraci

Terkenal sebagai Kota Industri, Karawang ternyata juga memiliki sudut istimewa yang mengasyikkan, yaitu alam pantai dengan hamparan pasirnya.  Namanya Pantai Tanjung Pakis, dengan keindahan alamnya yang mempesona.  Pantainya sangat luas sekitar 350 hektar dengan panjang mencapai 7 kilometer.  Kawasan wisata ini mencakup wilayah Bungin, Karangjaya dan Pakis I.  Selain sajian pantainya yang dapat dinikmati, objek wisata ini juga sudah tertata dan dikelola dengan baik dengan berbagai fasilitas umum yang lengkap serta berbagai wahana permainan pantai lainnya.

Pantai Tanjung Pakis, Salah Satu Sudut Istimewa di Karawang
Puas bermain di pantai yang luas, Photo bygibran_alissa

Keindahan alam Pantai Tanjung Pakis sangat unik.  Hamparan pasir pantainya berwarna putih agak kecoklatan dengan butirannya yang sangat halus, sangat nyaman saat kaki menapak di sepanjang pantai.  Dengan garis pantai yang cukup luas, membuat wisatawan merasa nyaman dan aman bermain di pantai yang lapang ini.  Apalagi, deretan pepohonan yang rimbun melindungi pantai ini, sehingga angin pantai yang menina bobokan memberi kesejukan tersendiri.  Debur suara ombak pun terasa merdu di telinga. Yah, Traveler yang benar-benar ingin menikmati suasana pantai akan termanjakan dengan fasilitas alam ini.

Kota Karawang yang dikenal dengan kondisi alamnya yang cukup panas, dengan kehadiran Pantai Tanjung Pakis ini, serasa menepis ‘image’ itu!  Pantai Tanjung Pakis menjadi tempat yang pas untuk melepas lelah di tengah sibuknya Kota Karawang, diantara kebisingan hebohnya industri dan pabrik-pabrik besar.  Pemandangan pantai yang indah ini, mampu membius pengunjung dan memberi kenyamanan di setiap kunjungannya.

Pantai Tanjung Pakis, Salah Satu Sudut Istimewa di Karawang
Salah satu spot instagenic, Photo by@oktavia9421

Pantai Tanjung Pakis serasa surga wahana air di Kota Karawang.  Traveler dapat bermain banana boat dengan puncak keseruannya saat dihempaskan ke tengah lautan, dan permainan lainnya.  Karena ombak di pantai ini cenderung ramah, pengunjung dapat berendam atau berenang di laut sepanjang tidak melewati batas yang sudah ditetapkan.  Namun demikian, untuk tetap menjaga keamanan, setiap pengunjung yang ingin berenang dan bermain di laut,  sebaiknya mengenakan pelampung.

Banyaknya warung-warung yang menyiapkan berbagai olahan dari ikan laut, membuat para pengunjung aman untuk urusan logistik.  Yah, Traveler dapat santai menikmati alam pantai dengan beralaskan tikar, memandang laut dan mendengarkan suara debur ombak nan merdu, terbius dengan sepoy-sepoy angin pantai, sambil memesan makanan yang siap diantar ke tempat.

Tak lengkap rasanya jika menikmati keindahan alam pantai ini tanpa disimpan dalam bingkai photo. Apalagi, banyak sudut-sudut keren yang instagenic yang sayang dilewatkan begitu saja tanpa jepretan photo.  Terutama  di dermaga kayu, salah satu spot andalan pantai ini.  Warga sekitar memang menyebutnya Dermaga Kayu, karena area ini terbuat dari kayu.  Selain itu, tempatnya yang menjorok agak ke laut merupakan posisi yang pas untuk memancing. Tak heran, area ini juga diramaikan oleh orang-orang yang asyik memancing.  Jika menjelang senja, kawasan favorit ini diramaikan oleh para pengunjung yang tengah mengincar moment sunset yang begitu menakjubkan.

Pantai Tanjung Pakis, Salah Satu Sudut Istimewa di Karawang
Hijaunya pepohonan mewarnai Pantai Tanjung Pakis

Secara geografis, Pantai Tanjung Pakis letaknya sangat dekat dari Jakarta yaitu di perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang.  Tepatnya di Desa Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang.  Untuk mencapai lokasi yang dituju, ada tiga rute yang dapat dipilih. Jika posisi dari Cibitung dapat melalui Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.  Rute kedua adalah melewati underpass sebelum memasuki Tol Karang Barat.  Lalu rute ketiga melewati jalur Bekasi, dengan kondisi jalan yang cukup menantang, karena jalannya cukup terjal dan berbatu.

Perjalanan menuju Pantai Tanjung Pakis juga menjanjikan keindahan panorama alam yang memikat.  Setelah lepas dari jalan utama Pantura, Traveler akan disuguhi indahnya hamparan sawah yang membentang sepanjang Karawang Bekasi.  Hamparan hijau nan luas begitu cantik ini, dapat dinikmati saat musim tanam, sementara itu ketika panen, padi yang menguning dan kesibukan para petani akan menjadi pemandangan khas pedesaan yang mengagumkan.

Pantai Tanjung Pakis, Salah Satu Sudut Istimewa di Karawang
Dermaga kayu, spot favorit, Photo by@gibran_alissa

Setelah menikmati indahnya hamparan sawah, Traveler akan kembali menikmati keindahan alam lainnya berupa tambang udang dan bandeng yang cukup luas.  Aneka burung-burung laut dan burung bangau tampak meramaikan kawasan ini.  Pemandangan unik dan cukup langka, melihat burung-burung ini sibuk mematuk-matuk ikan dan udang di sepanjang tambak ini.(Raditya)