Soto Gempol, Soto Khas Karawang Yang Memanjakan Lidah

Soto Gempol, Soto Khas Karawang Yang Memanjakan Lidah
Tambahan acar menambah rasa soto yang maksimal

Siapa sih yang tidak menyukai soto ? Sajian kuliner berkuah yang selalu menyisakan kesegaran setiap kali selesai menyantapnya.  Seperti Soto Gempol, kuliner khas Kota Industri, Karawang.  Semangkuk soto gempol, dijamin akan membuat para pemburu kuliner ketagihan.

Kelezatan soto gempol memang sudah terkenal terutama di kalangan masyarakat Karawang sejak tahun ‘80an.  Rasanya yang sangat khas dan beda dari soto kebanyakan, membuat hidangan ini tak pernah bosan untuk disantap.  Selintas memang menyerupai soto betawi, namun warna kuah soto gempol lebih kekuningan atau orange kemerahan, sementara soto betawi warnanya agak putih.

Soto Gempol, Soto Khas Karawang Yang Memanjakan Lidah
Kuah soto gempol sangat menyegarkan

Kualitas daging yang dipilih untuk soto gempol memang tidak sembarang, harus benar-benar murni tanpa campuran gaji. Setelah daging dibersihkan, dimasak dengan menggunakan panci presto agar daging mudah empuk.  Untuk menciptakan aroma harum dan gurih pada daging, saat dimasak presto masukkan daun salam dan garam secukupnya.  Setelah daging matang, potong-potong seukuran dadu dan biarkan tekstur daging tidak terlalu kering. Lalu potongan daging ini ditaruh di sebuah mangkok, taburi emping, irisan daun bawang dan bawang goreng, kemudian siram dengan santan khas soto gempol yang menjadi kuah khas soto ini.  Tambahkan sedikit kecap manis, sambal dan acar, akan menambah sensasi kelezatan dari soto gempol ini.

Soto gempol memiliki 5 varian yang dapat dipilih.  Ada soto ayam, soto daging, soto babat, soto usus dan soto campur.  Yang paling menjadi favorit dan banyak peminatnya adalah soto daging.  Racikan daging yang disiram kuah khas soto gempol ini, sebelumnya memang sudah mengalami proses pematangan terlebih dahulu.  Sehingga, ketika disatukan dengan kuah soto, kelezatan rasanya pun semakin maskimal.

Soto Gempol, Soto Khas Karawang Yang Memanjakan Lidah
Kawasan Warung Soto Gempol H Diding

Soto gempol memang menjadi kuliner khas Kota Karawang.  Tak heran, sajian ini dapat dengan mudah ditemukan di kawasan  Kota Lumbung Padi ini.  Namun, yang terkenal kelezatan dan selalu antri untuk diburu sajiannya adalah Soto Gempol H Diding yang berada di Resinda Food Fest dan Soto Gempol H. Abdul Syukur dan Hj. Fatimah yang berada di Jalan Rangga Gede No. 45 Karawang dan Jalan Jendral Ahmad Yani no. 100 Karawang.

Nah, penasaran ingin mencobanya?(Simple Destination)