Pantai Tanjung Setia, Uji Adrenalin bagi Peselancar

Tinggi Ombak Menjcapai 7-10 Meter dengan Lebar 200 meter

Pantai Tanjung Setia
Ombaknya memicu adrenalin bagi para peselancar

Salah satu pantai yang punya keseruan tersendiri, yang asyik untuk dikunjungi di Lampung yaitu Pantai Tanjung Setia.  Pantai yang letaknya menghadapi Samudera Hindia ini memiliki kekhasan yang unik, yang diburu sampe penikmat kelas dunia.  Apalagi kalau bukan kedahsyatan ombaknya yang tinggi-tinggi, yang diincar bagi para peselancar tidak saja lokal namun mancanegara.  Selain itu, ombaknya yang tinggi ini juga malah menciptakan pemandangan yang seru.

Pantai Tanjung Setia
Keindahan Pantainya menimbulkan romantisme, Photo by Hannakey_Mua(IG)

Tanjung Setia dikenal sebagai tempat berselancar dengan ombak kelas dunia. Ombak di pantai ini banyak diburu oleh para surfer lokal dan internasional.  Di sini, ada tiga titik yang sudah terkenal di kalangan para peselancar.  Titik Ujung Bocor atau Karang Nimbor, titik Way Jambu, dan titik Jimmy. Ujung Bocor sering dianggap setara dengan Uluwatu di Bali dengan ombaknya yang dapat mencapai ketinggian 7 meter dan panjangnya bisa sampai 200 meter.

Pantai Tanjung Setia memiliki kekayaan akan keindahan panorama pantainya.  Dengan airnya yang jernih dan bening, berkolaborasi menciptakan keseruan alam laut bersama ombak-ombaknya, serta hamparan pasir putihnya yang lembut, menjadi satu kesatuan yang membuat Traveler betah menghabiskan waktu di pantai ini.  Yah, Traveler dapat menikmati  keindahan pantai ini dari pinggir bibir pantainya.  Pasirnya yang putih serta sayup-sayup terdengar deburan ombak dari kejauhan yang menjadi irama alami yang menyenangkan hati.

Pantai Tanjung Setia
Indahnya Menatap laut yang Luas, Photo by Febbyvita(IG)

Ombak di Pantai Tanjung Setia termasuk tinggi dan indah. Pantai ini berada tepat di jalur arus besar Samudera Hindia. Inilah juga yang menjadikan Pantai Tanjung Setia termasuk pantai yang memiliki ombak cukup stabil.  Konon, ombak di pantai banyak yang mengatakan merupakan ombak terindah di dunia dengan ketinggian yang disukai para peselancar. Biasanya pada bulan April sampai Agustus, ombak tersebut beraksi, begitu tinggi tanpa putus dan sangat elok. Ketinggiannya bahkan bisa mencapai 7-10 meter.

Bagi Traveler pecinta fotografi, Pantai Tanjung Setia menyajikan dua fenomena alam paling cantik di dunia yaitu sunrise dan sunsetbya.  Terbit dan tenggelamnya matahari, sangat memukau dan menakjubkan.  Keindahan yang diciptakan tiada tara, penuh pesona.

Pantai tanjung setia Terletak di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Krui pesisir barat. Pantai ini berada di dekat Jalan Lintas Sumatera Selatan, sehingga mempermudah Traveler untuk menjangkaunya. Pantai Tanjung Setia merupakan salah satu pantai indah yang berada di pesisir barat Provinsi Lampung.

Pantai Tanjung Setia
Sunset maupun Sunrise-nya sangat cantik dan memukau, Photo by Tanjung_Setia(IG)

Akses untuk mencapai Pantai Tanjung Setia memakan waktu sekitar 8 jam dari kota Bandar Lampung dengan jarak tempuh sekitar 273 kilometer.  Perjalanan memang cukup jauh, ditambah lagi jalanannya pun berupa lereng yang berliku dengan tanjakan dan turunan.  Namun, jalanannya mulus dan nyaman, bahkan selama perjalanan ini, Traveler pun akan menikmati keindahan alam Bukit Barisan yang mempesona, karena kawasan ini dekat dengan area hutan lindung Bukit Barisan.

Untuk mempersingkat waktu, Traveler dapat memilih akses perjalanan melalui pesawat terbang. Gunakan pesawat dari Bandara Raden Intan II lampung menuju Bandar Udara Muhammad Taufiq Kiemas Pekon Serai Lampung barat. Waktu jarak tempuh sekitar 45 menit, setelah sampai di Bandara Taufiq Kiemas, Traveler masih harus melanjutkan perjalanan lagi dengan mobil yang memakan waktu sekitar 30 menit.(Rafa)