Pantai Tanjung Tinggi, Pesonanya Benar-Benar Memikat Hati

Lokasinya diapit dua tanjung kecil sekaligus diwarnai ornamen bebatuan raksasa

Pantai Tanjung Tinggi, Pesonanya Benar-Benar Memikat Hati
Sebaran Bebatuan Terlihat Eksotis

Pantai Tanjung Tinggi merupakan objek wisata pantai yang terletak di bagian utara Pulau Belitung.  Dengan menyajikan hamparan pasir putih berkolaborasi dengan birunya air laut, membius wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini.  Ditambah dengan keberadaan gugusan batu granit raksasa yang menyebar, menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Tanjung Tinggi ini.  Keindahan alam ini begitu memukau, menyita segala perhatian dan membuat pengunjung kerasan untuk berlama-lama menikmati surga duniawi di bumi Belitung ini.

Pantai Tanjung Tinggi, Pesonanya Benar-Benar Memikat Hati
Bebatuan Granit menjadi latar yang instagramable, Photo by @dolisky

Pantai Tanjung Tinggi terletak di sebuah teluk kecil.  Yah, lokasinya yang diapit dua tanjung kecil sekaligus diwarnai ornamen bebatuan raksasa ini, menjadikan pantai ini terlindung dari hembusan angin yang kencang.  Sehingga kondisi lautnya pun cenderung tenang, aman dan ombaknya pun cukup ramah.  Traveler akan merasa nyaman menghabiskan liburan sambil menikmati suasana pantai nan penuh ketenangan ini.

Lokasi Pantai Tanjung Tinggi berada di Kelurahan Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.  Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu pantai di Belitung yang kaya akan sebaran batu granit berukuran masif.  Ini memang bukan batu granit biasa, melainkan ratusan batu berukuran raksasa. Dilihat dari garis pantai Pulau Belitung, batu-batu raksasa ini memang lazim menyebar di kawasan ini. Selain di Belitung, sebaran batu ini bisa terlihat hingga pesisir Kalimantan Barat. Bebatuan ini merupakan lapisan magma yang mengeras, yang kemudian terdorong keluar dari perut bumi karena aktivitas tektonik.  Ukurannya memang tak main-main, bahkan tinggi batunya bisa mencapai 10 meter, malah ada yang lebih tinggi lagi. Bebatuan ini saling bersentuhan dan memunculkan ruang sempit di antaranya. Nah, ruang-ruang ini yang menjadi semacam labirin alami, sangat menarik untuk dijelajahi.

Pantai Tanjung Tinggi, Pesonanya Benar-Benar Memikat Hati
Hamparan pasir pantainya begitu menggoda

Keberadaan Pantai Tanjung Tinggi semakin dikenal dan menjadi viral sejak muncul di film yang cukup fenomenal, yaitu Laskar Pelangi di era tahun 2008 lalu.  Film yang sangat populer ini, turut menghantarkan kepopuleran Pantai Tanjung Tinggi menjadi nama Pantai Laskar Pelangi.  Tak heran, sejak kemunculan di film tersebut, ribuan wisatawan pun mulai sering mendatangi pantai-pantai di Belitung, termasuk Pantai Tanjung Tinggi ini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Tinggi terbilang lengkap dan memadai.   Lahan parkirnya yang cukup luas, musholla, kamar mandi bilas, toilet serta warung makanan siap saji tersedia di kawasan pantai ini.

Pantai Tanjung Tinggi, Pesonanya Benar-Benar Memikat Hati
Ombaknya cukup tenang, memberikan kenyamanan, Photo by @haffynukh

Pantai ini berada di terusan Jalan Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang.  Menuju ke lokasi pantai ini, Traveler akan menghabiskan waktu sekitar satu jam berkendara dari Bandara H. A. S. Hanandjoeddin atau pusat Kota Tanjung Pandan.(Puteri)